Sukses

Drama 9 Gol, Nigeria Tundukkan Jepang

Laga pembuka dalam penyisihan grup Olimpiade 2016 memberikan banyak kejutan.

Liputan6.com, Manaus - Laga pembuka dalam penyisihan grup Olimpiade 2016 cabang olahraga (cabor) sepak bola pria memberikan banyak kejutan. Setelah peraih medali emas 2008 Argentina menelan kekalahan pertama dalam 20 tahun terakhir, timnas Jepang harus takluk 4-5 di tangan Nigeria, Jumat (5/8/2016) pagi WIB.

Pada laga penyisihan Grup B yang digelar di Stadion Arena da Amazônia, Manaus, Nigeria terlebih dahulu di menit keenam lewat gol Sadiq Umar. Tak butuh waktu lama untuk menyamakan kedudukan karena striker Jepang Shinzo Koroki membuat gol dari titik putih menit kesembilan. Skor jadi 1-1.

Etebo memang menjadi momok dalam laga ini karena gol ketiga dan keempat Nigeria lagi-lagi dicetak dari pemain ini. Nigeria, skuat berjuluk Dream Team ini makin di atas angin setelah kiper Masatoshi Kushibiki membuat blunder fatal.

Pada menit ke-66 Kushibiki terlalu maju ke depan saat menghalau bola, dan Etebo menyambarnya dengan melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti. Skor sementara 5-2 untuk keunggulan Nigeria.

Striker muda Takuma Asano akhirnya memperkecil ketinggalan Jepang menjadi 5-3. Gol pemain 21 tahun ini dicetak Asano usai menerima umpan dari kanan gawang dari Hiroki Fujiharu.

Pada menit 94 pertambahan waktu, Jepang mencetak gol penutup dari kaki pemain pengganti Musashi Suzuki. Suzuki yang menerima umpan Ryota Oshima mengecoh bek kanan Abdullahi Shehu di mulut gawang.

Kemenangan 5-4 Nigeria membuat tim ini memuncaki klasemen sementara Grup B Olimpiade Rio 2016. Sementara Jepang berada di posisi buncit klasemen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini