Sukses

7 Pevoli Dunia Ramaikan Pertamina Proliga 2016

Liputan6.com, Jakarta - Berbeda dengan tahun lalu, jumlah peserta tim putri di Pertamina Proliga 2016 berkurang. Jika tahun lalu ada tujuh peserta, kini cuma lima tim yang akan ambil bagian di kompetisi bola voli kasta tertinggi di Indonesia itu.

Kelima tim putri tersebut adalah Jakarta Pertamina Energi, Jakarta Elektrik PLN, Jakarta PGN Popsivo, Gresik Petrokimia, dan pendatang baru Bekasi BVN. Sementara itu, Jakarta BNI Taplus dan Jakarta Bank DKI absen lantaran kontrak keikutsertaan di Proliga selama dua tahun telah habis. Sedangkan Manokwari Valeria Papua Barat mengundurkan diri.

Meski demikian, Direktur Proliga Hanny S Surkatty menegaskan berkurangnya jumlah peserta di bagian putri tak akan mengurangi persaingan. Apalagi, pemain asing yang tampil di Proliga tahun ini berkualitas dunia.

Siapa saja mereka? Liputan6.com mencatat ada tujuh pemain asing putri berkualitas dunia yang meramaikan Pertamina Proliga 2016.

1. Wang Yimei dan Zhang Lei (Jakarta Elektrik PLN)

Tim putri Jakarta Elektrik PLN bertekad mempertahankan gelar juara pada ajang Pertamina Proliga 2016. Salah satu upaya tim pelat merah ini adalah dengan mendatangkan dua pevoli asing asal Tiongkok, yakni Wang Yimei dan Zhang Lei.

Wang Yimei merupakan mantan pemain Timnas Tiongkok. Dia pernah tampil di Olimpiade Beijing 2008 dengan membantu Timnas Tiongkok merebut medali perunggu. Pada Kejuaraan Dunia 2011 di Jepang, pevoli 28 tahun itu juga membantu Timnas Tiongkok meraih medali perunggu.

Sama dengan Wang Yimei, Zhang Lei juga pernah memperkuat Timnas Tiongkok dari 2009 hingga 2011. Ia juga turut membantu Timnas Tiongkok pada Kejuaraan Dunia 2011 di Jepang. Bersama Wang Yimei, Zhang Lei juga mempersembahkan emas Asian Games 2010 Guangzhou.

2. Logan Tom dan Marianne Steinbrecher (Jakarta Pertamina Energi)

Perombakan besar dilakukan tim putri Jakarta Pertamina Energi pada kompetisi bola voli Pertamina Proliga 2016. Selain menunjuk pelatih baru, yakni Risco Herlambang, Jakarta Pertamina kini juga bermaterikan pemain muda.

Namun, bukan berarti kekuatan juara Pertamina Proliga 2014 itu berkurang. Tahun ini, dua pemain asing andal didatangkan. Kedua pemain itu adalah Logan Tom dari Amerika Serikat dan pevoli Brasil, Marianne Steinbrecher.

Logan Tom pernah memperkuat Timnas Amerika Serikat dalam kurun waktu 2000 sampai 2012. Dia tipe pemain yang memiliki pertahanan bagus. Pemain berusia 34 tahun ini pernah membawa Timnas AS meraih medali perak di Olimpiade Beijing 2008, Olimpiade London 2012, dan Kejuaraan Dunia 2011 di Jepang.

Marianne Steinbrecher juga bukan pemain sembarangan. Pevoli berusia 32 tahun ini pernah memperkuat Timnas Brasil selama delapan tahun, yakni 2004-2012. Marianne pernah membawa Brasil meraih medali emas Olimpiade Beijing 2008.

Marianne sosok pemain yang sangat berpengaruh bagi tim. Saat berada di posisi dua, tiga, dan empat, smes serta blok pemain dengan tinggi 1,88 cm ini sering memberi poin bagi tim.

2 dari 2 halaman

7 Pevoli Dunia Ramaikan Pertamina Proliga 2016

3. Alaina Bergsma (Gresik Petrokimia)

Tim putri Gresik Petrokimia kembali diperkuat Lisbet Arredondo Reyes. Ini adalah kali kedua pemain asal Kuba itu memperkuat Gresik Petrokimia di ajang Pertamina Proliga.

Selain Lisbet, Gresik Petrokimia juga mendatangkan Alaina Bergsma Coble. Pemain 25 tahun ini pernah membela Timnas Amerika Serikat selama dua tahun, yakni 2013 hingga 2014.

Alaina bukan pevoli sembarangan. Ia tercatat pernah memperkuat sejumlah klub, seperti Oregon University, Mest de Guaynabo (Puerto Rico), Minas Tenis Clube (Brasil), Petron Blaze Spikers (Filipina), Gigantes de Carolina (Puerto Rico), dan Supreme Chonburi (Thailand).

Di luar lapangan, pevoli cantik ini pernah dinobatkan sebagai Miss Oregon. Alaina juga pernah menjadi finalis dan dinobatkan sebagai Miss Photogenic pada ajang Miss USA 2012.

4. Li Jing dan Yang Zhou (Jakarta PGN Popsivo)

Jakarta PGN Popsivo mendatangkan dua pevoli asal Tiongkok pada ajang Pertamina Proliga 2016. Kedua pemain itu adalah Li Jing dan Yang Zhou.

Li Jing merupakan pemain Timnas Tiongkok. Sebelumnya, pemain berusia 24 tahun sebelumnya bermain untuk klub Zhejiang pada 2014.

Yang Zhou juga merupakan pemain Timnas Tiongkok. Yang bahkan memulai kariernya di tim nasional sejak level usia 23. Dia pernah membawa Timnas Tiongkok U-23 meraih medali emas di ajang Women's U23 Volleyball World Championship.

Zhang berposisi sebagai middle blocker atau quicker. Pemain bertinggi 190 cm tersebut pernah memperkuat klub Zheijang New Century Tourism pada musim 2014.

 

 

 

 

Loading