Sukses

Pesona Aero, Si Raja Jetski Indonesia

Belum genap berusia 22 tahun, Aero bahkan sudah menyabet gelar bergengsi level dunia di kelas Pro Runabout Stock.

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga jetski bukan hal baru untuk seorang Aero Sutan Aswar. Belum genap berusia 22 tahun, Aero bahkan sudah menyabet gelar bergengsi level dunia di kelas Pro Runabout Stock.

Pada kompetisi tertinggi jet ski internasional, World Finals, Aero berhasil mengungguli pembalap jet ski tuan rumah, Eric Francis di Lake Lake Havasu City, Arizona, Amerika Serikat, pada 12 Oktober 2014. 

Baca Juga

  • Alasan Arsenal Bisa Juara Liga Inggris Musim Ini
  • Harga 'Kursi' Rio Haryanto di Manor F1 Bikin Bos Mercedes Kaget
  • Kuak Gaji Guardiola Andai Gabung MU atau City

Atas prestasinya ini, dia pun mendapatkan bonus sebesar Rp 300 juta dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di perayaan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) ke-23, 9 September 2015.

"Saya harap ada perhatian lebih juga nantinya, bisa lewat Haornas seperti ini, atau juga momen lain di luar Haornas. Minimal ada penyambutan dari pemerintah saat atlet-atlet pulang dari luar negeri," tuturnya di hadapan wartawan usai acara.

Pemuda bernama lengkap Aero Sutan Aswar patut bersyukur, karena tumbuh dan besar di lingkungan keluarga atlet jet ski. Ayahnya Saiful 'Fully' Sutan Aswar merupakan Ketua Umum Indonesia Jetsport Boating Association (IJBA).

Aero juga tak sendirian setelah meneruskan hobi ayahnya karena sang adik Aqsa Sutan Aswar juga seorang pejetski nasional yang pernah memenangi berbagai kejuaraan internasional.

Perkenalannya dengan jetski bermula ketika dirinya berusia 2 tahun. Ketika menginjak 3 tahun, si kecil Aero sudah bisa mengendarai jetski sendiri, tanpa ada yang memegangi.

Tak butuh waktu lama bagi Aero untuk menyabet trofi pertamanya. Pada usia balita, 4.5 tahun, dia menjuarai Baby Race Pantai Mutiara Ancol (1999).


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prestasi Aero

Jika ditotal, ada sepuluh kejuaraan di level profesional yang pernah ditaklukkannya dan yang terbanyak, Aero sudah naik podium juara delapan kali di ajang Pro-am Runabout Open, Indonesian National Champion.

Dikutip dari situs aeroaswar.com, pada Sabtu (26/12/2015), berikut prestasi dari pebalap jet ski ini.

8 kali Juara I Pro-am Runabout Open, Indonesian National Champion

7 kali juara I Pro-am Runabout Stock, Indonesian National Champion

6 kali Juara I Pro-am Runabout Open, Indonesian National Champion

3 kali Juara I Pro-am Ski Open, Indonesian National Champion

5 kali Juara I Pro Runabout, Asian Champion

1 kali  Juara I Iron Man Champion

1 kali  Juara III World Finals GP Runabout

2 kali  Juara I Gold Medalist, Asian Beach Games

2 kali  Juara I Pro Runabout, US National Champion

1 kali  Juara I Pro Runabout, World Champion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini