Sukses

Daftar Tim Peserta 8 Besar Piala Jenderal Sudirman

Liputan6.com, Jakarta Turnamen Piala Jenderal Sudirman 2015 sudah memasuki laga akhir di fase grup. Beberapa tim sudah memastikan lolos ke babak 8 besar, meski masih menyisakan beberapa pertandingan lagi.

Banyak kejutan terjadi dalam turnamen ini. Tim-tim besar seperti Persib Bandung dan Sriwijaya FC gagal maju ke babak selanjutnya. Kegagalan ini seperti mematahkan prediksi, jika tim-tim besar tersebut bisa lolos dengan mudah dalam fase grup.

Kejutan lainnya datang dari salah satu tim amatir PS TNI, yang berhasil memperlihatkan penampilan ciamiknya di fase grup. Bahkan, skuat asuhan Suharto AD ini, sukses menyingkirkan juara Piala Presiden 2015, Persib.

Berikut daftar tim yang lolos ke babak 8 besar Piala Jendral Sudirman 2015:

2 dari 4 halaman

Grup A

Grup A

Juara Grup: Arema Cronus

Runner-up: Persija Jakarta

Peringkat 3 Terbaik: Sriwijaya FC (Gagal lolos)

Arema Cronus dan Persija memastikan lolos ke babak delapan besar setelah berhasil menyingkirkan tiga klub lainya, seperti Persipasi Bandung Raya, Sriwijaya, dan Persegres Gresik.  

Arema berhak jadi juara grup A setelah berhasil meraih kemenangan dari tiga lawannya. Menang 2-0 atas Sriwijaya, kemudian mengalahkan PBR 4-2 dan terakhir tekuk Persegres Gresik 4-1.

Sedangkan Persija menempati posisi runner-up mengemas 6 poin. Macan Kemayoran berhak melangkah ke babak selanjutnya. Posisi tiga ditempati Sriwijaya FC. Sayang, Laskar Wong Kito gagal melanjutkan langkah ke babak 8 besar, sebab menempati urutan peringkat 3 terbawah di klasemen 3 tim terbaik. SFC kalah bersaing dengan Semen Padang dan sementara Persebaya United.

Klasemen Grup A:

1. Arema - 4 kali main - 12 poin
2. Persija - 3 kali main - 6 poin
3. Sriwijaya - 4 kali main - 5 poin
4. PBR - 4 kali main - 4 poin
5. Persegres - 3 kali main - 0 poin

3 dari 4 halaman

Grup B

Grup B

Juara Grup: Persipura Jayapura

Runner-up: Mitra Kukar

Peringkat 3 Terbaik: Semen Padang

Tim Mutiara Hitam lolos ke 8 besar dengan status sebagai juara Grup B. Dua tim lainnya yang mengikuti jejak Persipura, adalah Mitra Kukar dan Semen Padang. 

Sempat menelan kelalahan di pertandingan pertama, Persipura menyabet 9 poin dari 4 pertandingan. Tim besutan Oswaldo Lessa ini mampu memetik 3 kemenangan kontra Mitra Kukar, Semen Padang dan PSM Makassar.

Semen Padang lolos karena menjadi peringkat ketiga terbaik dengan mengumpulkan 6 poin. Sementara itu, tuan rumah Bali United tak mampu berbuat banyak di turnamen ini. Anak asuk Indra Sjafri ini tengelam di dasar klasemen.

Klasemen Grup B:

1. Persipura - 4 kali main - 9 poin
2. Mitra Kukar - 4 kali main - 6 poin
3. Semen Padang - 4 kali main - 6 poin
4. PSM Makassar - 4 kali main - 5 poin
5. Bali United - 4 kali main - 4 poin

4 dari 4 halaman

Grup C

Grup C

Juara Grup: PS TNI

Runner-up: Pusamania Borneo FC

Peringkat 3 Terbaik: Surabaya United

Penampilan tim debutan PS TNI di kompetisi ini banyak mencuri perhatian. Mereka berpeluang besar menjadi juara Grup C jika bisa memenangkan laga kontra Persib di pertandingan terakhir.

PBFC dan Surabaya United mengikuti langkah PS TNI maju ke perempat final. Sayang, juara ISL Persib gagal lolos karena hanya mampu meraih tiga poin dari tiga kali bertanding. 

Namun komposisi urutan tersebut masih bisa berubah, sebab tiga tim tersebut yang sudah lolos tersebut sama-sama memiliki peluang menjadi juara grup. Senin sore (30/11/2015) hari ini, masih berlangsung dua partai di grup C, Surabaya United vs Pusamania Borneo FC dan Persib Bandung vs PS TNI. (Ian/Rjd)

Klasemen Grup C:

1. PS TNI - 3 kali main - 8 poin
2. PBFC - 3 kali main - 7 poin    
3. Surabaya United - 3 kali main - 6 poin
4. Persib - 3 kali main - 3 poin
5. Persela - 4 kali main - 0 poin