Sukses

Hamilton Terkejut Samai Rekor Kemenangan Senna

Kemenangan di Formula 1 GP Jepang membuat Lewis Hamilton mencatat 41 kemenangan, sama seperti pebalap legendari Brasil Aryton Senna.

Liputan6.com, Suzuka - Pebalap Mercedes Lewis Hamilton mengaku terkejut dengan kemenangannya di Formula 1 seri GP Jepang yang digelar di Sirkuit Suzuka, Minggu (27/9/2015) siang WIB. Pasalnya, kemenangan tersebut menyamai catatat rekor kemenangan idolanya, Ayrton Senna.

Start dari posisi kedua, Hamilton langsung melesat begitu lampu hijau menyala. Dia berduel dengan rekan setimnya, Nico Rosberg yang start dari posisi terdepan. Tepat di tikungan kedua, Hamilton sukses menyalip Rosberg untuk mengambil alih pimpinan lomba. Sejak itu, Hamilton memperlebar jarak hingga tak tersentuh sampai menyentuh garis finis.

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton melakukan selebrasi usai memenangkan Formula 1 GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu (27/9/2015). (Liputan6.com/REUTERS/Toru Hanai)

Kemenangan tersebut adalah yang ke-41 sepanjang karier Hamilton di ajang balapan 'jet darat', sama dengan catatan pebalap legendaris asal Brasil, Senna. Hamilton melakukannya dalam 162 balapan, sedangkan Senna 161. Tapi, pria asal Inggris itu menorehkan 82 podium atau dua podium lebih banyak dari Senna.

"Ini hari yang cukup emosional. Saya penuh sukacita dan bahagia," kata Hamilton seperti dilansir BBC.

"Saya sangat senang sekarang. Bagi saya untuk datang ke sini, untuk balapan di mana saya dulu suka menonton Ayrton membalap, dan untuk menyamakan kemenangannya... Saya tidak bisa menggambarkannya. Saya benar-benar tidak percaya pada saat ini."

"Itu adalah balapan yang menakjubkan. Ini (Suzuka) adalah sirkuit dimana saya bisa jujur ​​mengatakan saya telah berjuang sepanjang tahun untuk datang ke sini," ucap Hamilton.

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton saat balapan pada ajang Formula 1 GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu (27/9/2015). (Liputan6.com/REUTERS/REUTERS / Toru Hanai)

"Anda selalu ingin datang ke sini dan mendominasi balapan. Mengetahui hal itu akan menjadi balapan di mana saya akan menyamai Ayrton yang memiliki sejarah menarik di sini ... ini hari yang cukup emosional."

Kemenangan di Jepang juga membuat peluang Hamilton untuk menjadi Juara Dunia Formula 1 2015 kian terbuka. Hamilton kini mengoleksi 277 poin dan kokoh di puncak klasemen. Ia unggul 48 poin dari Rosberg yang ada di peringkat kedua. Sementara Vettel tetap di peringkat tiga dengan 218 poin. (Bog/Ia)

Baca juga:

Mengenal Lebih Dekat Pebasket Cantik Hanum Fasya

Inilah 5 Klub Raksasa Eropa yang Peduli Pengungsi Suriah

Bukan Hanya Trio Paijo, Inter Juga Punya Duo 'MeMe'

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.