Sukses

Ferguson: Pemain Hebat MU Bukan Cuma Modal Bakat

Sir Alex Ferguson memberikan wejangan soal rahasia kesuksesannya sebagai manajer MU.

Liputan6.com, Jakarta Mantan manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, memberikan wejangan soal rahasia kesuksesannya sebagai manajer MU. Dia mengungkapkan bahwa faktor terpenting dalam sepak bola adalah sesi latihan.

Fergie --sapaan Ferguson-- membeberkan bahwa sesi latihan akan menjadi cerminan pertandingan sesungguhnya. Dalam sesi latihan, Fergie juga melihat kualitas dan sikap yang ditunjukkan para pemain The Red Devils kala itu.

"Aspek terpenting dalam persiapan kami adalah sesi latihan. Apa pun yang terjadi dalam pertandingan harus sudah terjadi dalam latihan. Jika saya memulai lagi karier sebagai manajer, fokus saya adalah melihat sikap pemain dalam latihan," ujar Fergie dikutip dari laman resmi klub, Sabtu (12/9/2015) sore.

Pria 73 tahun itu terkenal telah mencetak pemain hebat seperti David Beckham, Ryan Giggs, Paul Scholes, dan Cristiano Ronaldo. Semua pemainnya bisa seperti sekarang lagi-lagi disebut sang manajer tak cuma bermodalkan bakat hebat sebagai pesepakbola.

"Jika pemain punya bakat dan tekad dan kemudian berlatih dengan serius, banyak hal bagus yang bisa tercipta. Tapi dia jika terlalu santai, dia tidak akan bisa sukses dalam jangka panjang," tambahnya.

Setelah mengantarkan United juara Liga Premier Inggris pada musim 2012/13, Ferguson memilih pensiun. Namun, hingga di usianya yang menginjak usia 74 tahun Desember mendatang, manajer asal Skotlandia itu masih aktif di bidang sepakbola sebagai duta kepelatihan bagi UEFA. (Dwitya Dhito/Ris/Ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.