Sukses

Sebelum Cech, Ini 5 Transfer Tersukses Arsene Wenger

Arsene Wenger beberapa kali sukses dalam jual beli pemain.

Liputan6.com, London - Arsene Wenger sudah menangani Arsenal sejak kepindahannya dari AS Monaco pada tahun 1996. Kedatangan Wenger tersebut ternyata mampu mengubah kebijakan manajemen tim dan gaya bermain skuat Meriam London.

Manajer asal Prancis itu memang sukses mengubah gaya bermain The Gunners menjadi tidak monoton. Umpan-umpan pendek satu dua menjadi ciri bermain Arsenal di era Wenger.

Namun kedatangan Wenger juga turut menyeret sejumlah pemain-pemain muda berbakat dari beberapa klub. Thierry Henry, Patrick Vieira, dan Cesc Fabregas adalah beberapa nama yang berhasil tumbuh dan besar bersama The Gunners.

Hal tersebut karena Wenger menerapkan kebijakan transfer yang cukup unik, yakni merekrut pemain muda dengan harga yang minim untuk mendulang prestasi. Kini di musim 2015/2016, keputusan Arsenal mendatangkan Petr Cech seharga Rp 210 miliar dari Chelsea disebut-sebut sebagai keputusan yang tepat.

Cech dinilai memiliki kapasitas yang lebih menjanjikan dari dua kiper Arsenal lainnya, Wojciech Szczesny dan David Ospina. Namun sebelum kedatangan kiper asal Republik Ceko itu, ternyata Wenger cukup sukses mendatangkan beberapa pemain lainnya.

Ingin tahu siapa saja mereka? Berikut 10 transfer tersukses Arsene Wenger:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Alexis Sanchez

1. Alexis Sanchez

Musim 2014/2015, Arsenal menggelontorkan dana sebesar 35 juta pound atau Rp 733 miliar untuk mendatangkan Alexis Sanchez dari Barcelona. Ternyata kedatangan Alexis cukup sukses mendongkrak prestasi The Gunners. Di musim pertamanya ia berhasil meraih Piala FA.

Bintang asal Chile itu juga sukses menceploskan 16 gol di Liga Premier dan memberi delapan assist. Ia berhasil mencuri satu tempat di lini serang The Gunners.

3 dari 6 halaman

RVP

2. Robin van Persie

Robin van Persie didatangkan dari Feyenord pada 2004 seharga 2,5 juta pounds atau Rp 52 miliar. Performa apiknya di musim 2011/2012 mampu membuat Manchester United kepincut.

Dengan raihan 30 gol musim itu Van Persie berhasil menjadi top skor Liga Premier. Hal itu membuat MU rela mengeluarkan dana sebesar 24 juta pounds atau Rp 502 miliar.

4 dari 6 halaman

Sol Campbell

3. Sol Campbell

Arsenal merekrut Sol Campbell pada tahun 2001 dengan cuma-cuma. Bersama The Gunners, Campbell sukses menyumbangkan tiga Piala FA dan dua gelar Liga Premier.

Ia juga menjadi aktor penting di lini belakang The Gunners di era kejayaannya. Bahkan ia masuk dalam jajaran bek tangguh Inggris.

5 dari 6 halaman

Fabregas

4. Cesc Fabregas

Cesc Fabregas didatangkan Arsenal dari Barcelona pada tahun 2003 seharga 500ribu pounds atau Rp 10 miliar. Sepeninggalan Patrick Vieira, Fabregas menjadi pilihan utama di lini tengah The Gunners.

Hasilnya Barca kembali kepincut pada bakat pria asal Spanyol itu. Pada tahun 2011, Arsenal untung besar setelah Barca membeli Fabregas dengan harga 35 juta pounds atau Rp 732 miliar.

6 dari 6 halaman

Henry

5. Thierry Henry

Arsene Wenger mendatangkan Thierry Henry dari Juventus pada 1999 seharga 11 juta pounds atau Rp 230 miliar. Bersama Arsenal Henry menjadi pemain terbaik mereka sepanjang masa dengan raihan dua gelar Liga Premier dan tiga Piala FA.

Bahkan pria asal Prancis itu banyak meraih gelar individu saat masih membela Arsenal, seperti runner up Ballon d'Or 2003, serta runner up FIFA World Player of the Year 2003,2004.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini