Sukses

Jelang Copa Amerika 2015, 100 Guru Demo di Markas Timnas Chile

Saat sedang asik berlatih, Timnas Chile mendapat tamu 'istimewa'.

Liputan6.com - La Serna: Jelang bergulirnya Copa Amerika 2015, 100 orang guru di Chile melakukan aksi demo ketika Alexis Sanchez dan kawan-kawan sedang berlatih. Ratusan guru itu memprotes sistem pendidikan baru yang diperkenalkan Presiden Michelle Bachelet.

Para guru tersebut bingung harus mengadu ke mana lagi. Sebab, upaya mereka sejak 1 Juni lalu tidak pernah didengar oleh pihak pemerintah.Mereka pun akhirnya mendapat gagasan untuk melakukan aksi di tempat Timnas Chile berlatih.

Di sana, para guru bisa mendapat perhatian dari awak media yang tengah meliput. Publikasi berita bakal lebih maksimal jika dilakukan di depan awak skuat timnas Chile yang sudah bersiap untuk Copa Amerika 20015.

"Kami datang ke sini (Juan Pinto Duran, markas latihan Timnas Chile) karena akan ada turnamen yang bergulir. Ini adalah satu-satunya cara bagi kami untuk mendapat perhatian. Tidak banyak yang memperhatikan kami, sungguh disayaknya," ujar Maria Soledad, seorang guru sekolah dari Florida, dikutip dari Goal.

Bersambung ke halaman selanjutnya --->

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

Para guru ini berdemo menuntut pemerintah memberikan uang pensiun, menyesuaikan upah kerja hingga merencanakan dan mengatur waktu mengajar di sekolah. Mereka menilai aturan yang ditetapkan pemerintah Chile saat ini tidak sesuai dengan kerja keras para guru.

"Kami berjuang dan memilih karier menjadi pengajar. Ini bukanlah hal yang tidak senonoh," ujar Maria Soledad dengan nada berapi-api.

Dalam aksinya, para guru membawa bendera Chile dan spanduk. Mereka juga meminta para pemain Chile membantu aksinya. Bahkan, winger Chile yang bermain bersama Arsenal, Alexis Sanchez dengan senang hati membantu para guru.

Sanchez menuliskan kalimat: "Con La Roja, en el Alexis apoya al profesor". Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, kalimat itu akan berbunyi: "Bersama La Roja (julukan Timnas Chile) di dalam hati Anda. Alexis mendukung para guru".

Chile sendiri akan memulai kiprahnya di Copa Amerika 2015 pada 11 Juni waktu setempat. Mereka akan menghadapi Ekuador di Estadio Nacional, Santiago. (Cak/Def)

Baca juga:

Xavi Titipkan Masa Depan Barcelona kepada Pemain Ini

Kalahkan Barcelona, MU Jadi Klub Termahal di Alam Semesta

5 Kiper Tangguh yang Nilainya Harus Meningkat di FIFA 16

7 Bintang Top Dunia yang Berlaga di Copa Amerika 2015

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.