Sukses

Merpati Terbang Kembali Maret 2014

Maskapai penerbangan Merpati Nusantara dipastikan akan kembali beroperasi paling lambat pada Maret 2014.

Maskapai penerbangan Merpati Nusantara dipastikan akan kembali beroperasi paling lambat pada Maret 2014. Ini setelah perusahaan memutuskan untuk menghentikan operasional akibat beberapa hal seperti pasokan avtur dan ketiadaan pembiayaan.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menuturkan saat ini perusahaan sedang tak beroperasi karena masa konsolidasi.

"Ini kan masih konsolidasi, selama konsolidasi kan nggak terbang. Maret terbang lagi. Itu paling lambat akhir Maret," jelas dia di Jakarta, Selasa (4/2/2014).

Dahlan mengatakan langkah restrukturisasi ditujukan agar Merpati bisa bangkit. Perihal kerugian yang  ditanggung penumpang usai Merpati berhenti operasi sementara, dikatakan itu hanya masalah komunikasi.

Menurut dia, penghentian operasional sah saja demi keberlangsungan perusahaan.  "Kalau itu untuk ancang-ancang mau maju kan nggak apa-apa, tinggal komunikasinya. Dibantulah komunikasinya," ujar dia.

Sebelumnya direksi Merpati mengaku penghentian operasional sementara selain tidak adanya pasokan bahan bakar dari pihak Pertamina juga karena kondisi keuangan perusahaan yang tidak memungkinkan Merpati beroperasi.

"Berawal dari semakin menurunnya "cash in" per hari ditambah lagi semakin menurunnya kepercayaan masyarakat atau agen terhadap kita sehingga sampailah ke titik dimana kita tidak mampu melakukan kegiatan operasional sebagaimana mestinya," ujar Direktur Operasi PT Merpati Airlines Capt Daryanto, Minggu (2/2/2014).

Menurut dia, peniadaan penerbangan mulai 1 Februari sampai 5 Februari. Demikian pula semua izin rute di-suspend sampai dengan akhir bulan Februari.

"Akan tetapi begitu ada kesiapan MZ (Kode terbang Merpati) dan situasi lapangan sudah kondusif, maka rute-rute tersebut akan kita terbangi kembali," jelas dia.(Yas/Nrm)

Baca juga:

Dahlan: Merpati Tidak Tutup Selamanya, Ini Lagi Konsolidasi

Merpati Belum Lapor Kemenhub soal Stop Operasi

Ingin `Refund` Tiket Merpati? Ini Caranya

Merpati Stop Operasi Sementara



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.