Sukses

Pindah ke Halim, Biaya Operasional Citilink Bisa Berkurang

Maskapai komersial perdana yang memanfaatkan Bandara Halim, Citilink, mengaku mendapat banyak keuntungan. Apa saja keuntungannya?

Maskapai Penerbangan Citilink mengaku mendapat banyak kuntungan dengan memindahkan empat rute penerbangan ke Bandara Udara Halim Perdanakusuma Jakarta dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng, Banten.

Direktur Utama PT Citilink Indonesia, Arief Wibowo mengungkapkan keuntungan pertama yang didapat perusahaan adalah kedekatan dengan pemukiman penduduk yang memudahkannya diakses masyarakat.

"Pertama lebih dekat dari masyarakat, karena dekat populasi," kata Arif, di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Jumat (10/1/2013).

Keuntungan berikutnya adalah, jadwal penerbangan dan pendaratan (slot) Citilink di Bandara Halim Perdanakusuma bisa tertata rapi. Sedangkan di Bandara Soekarno Hatta,  jadwal penerbangan dan pendaratan Citilink diakuinya tidak berurutan karena termasuk maskapai baru.

"Kedua slot tertata rapi tidak sama dengan Cengkareng, kurang bagus rotasi pesawat," ungkapnya.

Dengan slot penerbangan yang tertata rapi, operasional anak usaha Garuda Indonesia ini diklaim lebih efisien sehingga menurunkan biaya operasional.

"Kalau disini unit cost-nya turun karena utilitasi lebih bagus," tuturnya.

Arif mengatakan, pemindahan rute penerbangan pesawat ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi Citilink terhadap usaha mengurai kepadatan Bandara Soekarno Hatta.

Pada penerbangan perdana hari ini, Citilink memulai dengan menyasar empat kota tujuan Halim ke  Malang, Halim ke Semarang, Halim ke Jogja dan Halim Palembang.(Pew/Shd)

Baca Juga:

Bandara Halim Resmi Beroperasi, Citilink Terbang Perdana Pagi Ini

Citilink Terbangi 4 Kota dari Bandara Halim Hari Ini

Citilink Targetkan 1 Juta Penumpang Terbang dari Bandara Halim

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini