Sukses

Irlandia Dapat Lagi Uang Segar Rp 11 Triliun dari IMF

Irlandia yang sedang menjadi pasien IMF kembali mendapat dana segar. IMF mencairkan bantuan tahap selanjutnya senilai US$ 1 miliar.

Irlandia yang sedang menjadi pasien Dana Moneter Internasional (IMF) kembali mendapat dana segar. IMF mencairkan bantuan tahap selanjutnya senilai US$ 1 miliar atau Rp 11,28 triliun.

Seperti dilansir dari CNBC, Kamis (26/9/2013), Irlandia dicanangkan akan menjadi negara zona Eropa pertama yang keluar dari ikatan dana pinjaman IMF pada Desember 2013. Rencana tersebut muncul setelah Irlandia kembali ke pasar utang.

Sayangnya, untuk membantu utang negara menjadi lebih berkelanjutan, perekonomian negara Eropa tersebut masih harus tumbuh sebesar 2% per tahun mulai 2014 mendatang yang saat ini baru 1,2%.

IMF mengatakan, ekonomi Irlandia berkontraksi 1,2% pada kuartal II tahun ini dibandingkan pada periode yang sama pada 2012. Hal ini akibat jatuhnya permintaan domestik dan rendahnya volume ekspor di negara tersebut. Namun kebanyakan indikator yang muncul belakangan ini menunjukkan pertumbuhan seharusnya naik pada kuartal III.

IMF merupakan salah satu dari kreditor yang menyediakan dana pinjaman sebesar US$ 115 miliar pada Dublin setelah bank terbesarnya bangkrut 2010 lalu. IMF memberikan US$ 30 miliar dari seluruh dana pinjaman tersebut. (Sis/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.