Sukses

10 Mata Uang Termahal di Dunia (2)

Indonesia saat ini tengah agresif mengetatkan sejumlah kebijakan moneter guna mengatasi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Meski rupiah sudah menguat ke level 11.232 per dolar AS, tapi angka tersebut masih belum mampu menutupi pengurangan yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir.

Di tengah kerja keras Indonesia menguatkan rupiah, di beberapa negara lain, nilai tukar mata uangnya justru sangat tinggi melampaui dolar AS.

Seperti dilansir dari foxnews24x7.com, Sabtu (14/9/2013), terdapat beberapa negara di mana nilai tukarnya terhadap dolar sangat mahal. Sebut saja Bahrain, 1 dinar Bahrain dihargai setara dengan US$ 2,65.

Penduduk yang tinggal di kawasan Eropa juga dapat menikmati tingginya nilai tukar euro terhadap dolar AS. Warga Eropa yang berlibur ke AS dapat membeli banyak orang dengan harga yang lebih murah di sana mengingat nilai tukarnya yang sangat tinggi terhadap dolar AS.

Namun bukan hanya dinar dan euro, berikut 5 dari 10 mata uang yang paling mahal di dunia:

2 dari 6 halaman

6. Dinar Yordania

Nilai tukar terhadap dolar: 1 JOD = US$ 1,41

Yordania bisa saja kekurangan air dan minyak tapi kerajaan Timur Tengah ini memiliki satu keunggulan yang jarang dimiliki negara lain. Keunggulannya adalah mata uang yang kuat.

Sejak 1927 hingga 1950, Palestine Currency Board menerbitkkan pound Palestina sebagai mata uang resmi di Palestina dan Yordania. Namun setelah Yordania merdeka pada 1946, negara tersebut ingin memiliki mata uang sendiri dan lahirlah dinar.


7. Euro

3 dari 6 halaman

Nilai tukar terhadap dolar: 1 EUR = US$ 1,32

Sejak diumumkan pada 1999, Euro tak banyak berubah hingga Januari 2001 silam. Setelah awal yang hebat, Euro terus menguat terhadap dolar AS selama bertahun-tahun.

Mata uang ini digunakan di seluruh kawasan Eropa yang berjumlah 17 negara seperti Jerman, Finlandia, Italia, Yunani, Belanda, Portugal dan Spanyol.

Euro merupakan cadangan mata uang terbesar kedua di dunia dan juga berada di posisi ke-2 sebagai mata uang yang paling sering diperdagangkan.



8. Manat Azerbaijan

4 dari 6 halaman

Nilai tukar terhadap dolar: 1 manat = US$ 1,27

Setelah merdeka pada 1991, Azerbaijan menjadi salah satu negara anggota International Monetary Fund (IMF), Bank Dunia, European Bank for Reconstruction and Development, Islamic Development Bank dan Asian Development Bank.

Sistem perbankan di negara ini terdiri dari Bank Sentral Azerbaijan, sejumlah bank komersial dan perusahaan kredit non-perbankan.


9. Dolar Cayman Islands

5 dari 6 halaman

Nilai tukar terhadap dolar: 1 KYD = US$ 1,22

Tanpa pengenaan pajak langsung, negara kepulauan ini menjadi pusat finansial luar negeri dengan ratusan bank, perusahaan asuransi dan reksa dana. Satu dolar Cayman Islands setara dengan US$ 1,21. Sebelumnya negara tersebut menggunakan dolar Jamaika sebagai mata uangnya hingga 1972. Di negara kepulauan ini, dolar AS diterima sebagai mata uang yang sah.



10. Franc Swiss

6 dari 6 halaman

Nilai tukar terhadap dolar: 1 franc = US$ 1,07

Swiss memiliki perekonomian yang stabil, makmur dan berteknologi tinggi. Pada 2011, Swiss menjadi negara terkaya di dunia dari segi pendapatan per kapita. Sementara berdasarkan besaran PDB-nya, ekonominya merupakan yang ke-9 di dunia.

Dinilai dari segi daya belinya, negara ini berada di urutan ke-36 di dunia. Mengukur volume ekspornya, Swiss menjadi eksportir terbesar ke-20. Di wilayah Eropa, Swiss juga menyediakan layanan jasa dalam jumlah besar. (Sis/Ndw)


Baca Juga:

10 Mata Uang Termahal di Dunia (1)