Sukses

Menperin Kumpulkan Eksportir Pekan Ini, Ada Apa Ya?

Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat menyatakan akan mengumpulkan para eksportir pekan ini, guna menggelar pertemuan membahas tentang kondisi ekspor komoditas. Hal ini juga bertujuan menciptakan jiwa patriotisme di antara pengusaha saat perekonomian Indonesia sedang carut marut.

Hidayat mengatakan, dalam pertemuannya nanti ikut dihadiri Menteri Keuangan Chatib Basri dan Kepala Kebijakanan Fiskal (BKF) Bambang Brojonegoro. Kehadiran kedua pejabat tersebut untuk mengetahui komoditas ekspor apa saja yang bisa digenjot oleh Indonesia.

"Minggu ini saya dan Menteri Keuangan, mungkin didampingi oleh BKF, akan bertemu dengan beberapa puluh eksportir besar, menjajaki kemungkinan komoditas apa yang dinaikkan eskpor," kata Hidayat seperti yang ditulis Selasa (10/9/2013).

Selain itu, tujuan pertemuan tiga elemen pemangku kepentingan di sektor ekspor tersebut bertujuan untuk mencari jalan keluar dalam bentuk regulasi yang mendukung jika ekspor benar-benar ditingkatkan.

"Untuk itu mereka meminta regulasi apa yang sementara busa dirubah untuk mendukung," tuturnya.

Menurut Hidayat, dalam situasi perekonomian yang tidak kondusif seperti sekarang ini, arus ekspor dan impor membutuhkan pembahasan serius.

"Kita akan lihat, disituasi yang sulit ini saya akan menghimbau eksportir untuk menambah. Meminta jiwa patriotismenya. Akan ada eskpor yang bahan bakunya import," pungkasnya. (Pew/Nur)