Sukses

Pekerjaan Rumah yang Harus Diselesaikan Kepala BKPM Baru

Ada beberapa tugas khusus yang harus diselesaikan Kepala BKPM yang baru. Apa saja?

Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri yang saat ini masih merangkap jabatan sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), M Chatib Basri menyebutkan ada beberapa tugas khusus yang harus diselesaikan untuk penggantinya mendatang.

Chatib mengingatkan menjadi Kepala BKPM itu merupakan jabatan yang sangat berat, dan jabatan itu harus diemban oleh orang-orang yang benar-benar berkompeten dalam hal investasi.

"Kerjaannya (Kepala BKPM) penting sekali kalau menurut saya," ujar dia saat ditemui usai menghadiri Rapat Paripurna DPR di Jakarta, Selasa (3/9/2013).

Chatib mengatakan, mengingat BKPM adalah lembaga yang berperan penting dalam mengurangi neraca transaksi berjalan Indonesia maka perlu secara optimal menggaet investor-investor asing.

"Kan ini defisit transaksi berjalan masih terjadi, bahkan sampai akhir tahun defisitnya mengecil tapi masih ada kan. Nah itu harus ditutup di neraca modal, neraca modalnya itu harus dari PMA. Jadi peran BKPM sangat penting,"papar dia.

Beredar kabar, Presiden menunjuk Kepala BKPM baru adalah yang saat ini menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal. Namun saat dikonfirmasi mengenai hal itu, Chatib mengaku belum menerima keputusan apapun dari Presiden.

"Saya belum tahu tuh,saya belum ketemu sama Pak Dino, Presiden juga belum bicara," tegas dia. (Yas/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.