Sukses

10 Perusahaan dengan Jumlah Pekerja Terbanyak di Dunia

Keberadaan perusahaan besar mampu menyediakan pekerjaan bagi ribuan orang yang memungkinkan mereka memenuhi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Apalagi dengan resesi ekonomi dunia saat ini, mengetahui masih ada perusahaan yang  menyediakan pekerjaan dan membuat orang tetap bisa mendapatkan makanan di atas meja bisa cukup mencengangkan kita.

Mari tengok 10 perusahaan yang masih mampu menyerap jumlah pekerja dalam jumlah besar, mengutip laman the Richest, Kamis (11/7/2013). Daftar ini ikut memasukkan perusahaan milik pemerintah. Berikut nama perusahaan-perusahaan tersebut dari berbagai belahan dunia:

1. Walmart, Amerika Serikat (AS)

Jumlah pekerja : 2,2 juta orang

Perusahaan kebanggaan Amerika Serikat (AS), Walmart menjalankan rantai bisnis sejumlah pertokoan. Bisnisnya dikenal sebagai yang paling besar. Tak hanya itu, menurut Fortune Global 500, perusahaan milik keluarga Walton ini juga dikenal dengan jumlah pegawainya yang menembus rekor terbanyak di dunia pada 2012. 
 
Perusahaan ini terkenal di seluruh dunia karena pelayanan yang unggul. Hingga saat ini, Walmart tercatat mempekerjakan 2,2  juta pegawai.
 
2. China National Petroleum Corporation, China

Jumlah pekerja :1.668.072 orang

China National Petroleum Corporation merupakan perusahaan minyak dan gas milik negara yang memiliki 1.668.072 pegawai.
 
3. State Grid Corporation of China, China

Jumlah pekerja :1.583.000 orang
 
State Grid Corporation of China adalah perusahaan tenaga listrik terbesar di dunia. Perusahaan ini mentransmisi seluruh listrik di China dengan  1.583.000 pegawai yang bekerja untuknya.
 
4. Sinopec, China

Jumlah pekerja : 1.021.979 orang

Satu lagi perusahaan kebanggaan China yang masuk daftar perusahaan dengan jumlah pegawai terbanyak di dunia yaitu 1.021.979 pegawai.

Tak hanya itu, Sinopec juga meraih peringkat ke-5 sebagai perusahaan dengan pendapatan terbesar di dunia. Sinopec Ltd., juga dikenal sebagai China Petroleum & Chemical Corporation.
 
5. Hon Hai Precision Industry, Taiwan

Jumlah pekerja : 961 ribu orang

Sejak didirikan pada 1974, Hon Hai Precision Industry Co., Ltd., juga dikenal sebagai Foxconn Technology Group di Taiwan. Perusahaan ini dikenal sebagai produsen manufaktur kontrak elektronik terbesar di dunia dalam hal penjualan.

Meski didirikan di Taiwan, namun Hon Hai juga membangun 19 pabrik di berbagai kota di China. Saat ini, Hon Hai diketahui memiliki 961 ribu pegawai.
 
6. China Post Group, China

Jumlah pekerja: 89.307 orang
 
China Post Group menjadi salah satu perusahaan yang paling menonjol di China dengan mempekerjakan 889.307 orang di perusahaannya. Sejak zaman Shang Dynasti, layanan pos di China terus berkembang sampai China Post Group didirikan pada 1949.
 
7. U.S. Postal Service (USPS), AS 

Jumlah pekerja : 601.601 orang

USPS Amerika Serikat sudah memulai jasa pengiriman suratnya sejak 1775 selama Kongres Kontinental Kedua (Second Continental Congress).

Selama masa itu, orang pertama yang ditunjuk memimpinnya adalah Benjamin Franklin. Pada 21 Maret 2013, perusahaan pos tersebut ditugaskan untuk tetap buka di hari Sabtu. Keputusan itu berlaku hingga 30 September mendatang.
 
8. Volkswagen, Jerman
 

Jumlah pekerja : 501.956 orang

Berlokasi di Jerman, Volkswagen menjadi produsen manufaktur terbesar di sana. Perusahaan ini menjual paling banyak mobil ke seluruh dunia. Tiga mobil yang paling terkenal yang diproduksinya adalah Volkswagen Passat, Volkswagen Golf, dan Volkswagen Beetle.
 
9. China Telecommunications, China
 

Jumlah pekerja : 491.447 orang

Sebagai perusahaan telekomunikasi negara, China Telecom merupakan penyedia saluran telepon terbesar di negaranya dan menjadi penyedia layanan telekomunikasi mobile terbesar ketiga di China.

Bukan hanya itu, China Telecom juga memiliki akses internet nirkabel terbesar di China. Jadi tak heran hingga saat ini, perusahaan sudah mempekerjakan  491.447 pegawai.
 
10. Aviation Industry Corporation of China, China
 

Jumlah pekerja : 480.147 orang

Perusahaan yanng juga menjadi kebanggan bangsa China ini, memiliki 480.147 pekerja. Perusahaan sudah berdiri sejak 52 tahun tepatnya pada sejak 17 April 1951.

Sebagai sebuah perusahaan kedirgantaraan milik negara Cina, Aviation Industry Corporation of China terus mengembangkan desain, dan produksi pesawat tempur, pesawat tempur pengebom, pelatih serta mesin turbojet, pesawat pengintai, rudal udara-ke-udara, mesin kipas turbo , dan rudal darat-ke-udara. (Sis/Nur)
Loading