Sukses

Ada Potensi Pasar 100 Juta Penduduk di Sekitar Kroasia

Pengusaha logistik nasional menjajaki peluang pasar kawasan Eropa dengan terlebih dulu menjalin kerjasama sektor pelabuhan dengan Kroasia.

Chief Executive Director, PT Global Putra International Group, Sumadi Kusuma, mengatakan kerjasama dengan Kroasia akan menjadi jalan bagi kedua negara untuk meningkatkan nilai perdagangan kedua negara.

Potensi pasar Kroasia diakui kecil, hanya melibatkan 4 juta penduduk. Namun negara-negara di sekitar Kroasia tercatat memiliki potensi hingga mencapai 100 juta penduduk. Potensi pasar tersebut akan teraup seiring masuknya negara ini sebagai anggota Uni Eropa pada 1 Juli 2013.

"Dia (Kroasia) ini kan kayak Singapura, kecil tapi potensi sekitarnya besar. Jadi port dia bisa jadi hub (penghubung) dengan kanan kirinya. Jadi, dengan kerjasama ini kita buka pipa logistik," kata Sumadi, Rabu (24/4/2013).

Begitu juga dari sisi Kroasia, Indonesia akan menjadi hub untuk merambah pasar Asia. Selain memberikan pelayanan atau jasa untuk sektor perdagangan kedua negara, kemudian berlanjut ke perdagangan.

Perihal produk yang diminati dari Kroasia, Sumadi mengaku pihaknya masih melakukan kajian. "Oh, iya, tiga bulan lagi kita akan ke sana, kita akan melakukan studi mereka sukanya apa, pelabuhan mana saja yang kapal kita bisa bersandar," imbuh dia.

Presiden Orbico Group, Branko Roglic, memastikan masa depan kerjasama perekonomian Kroasia-Indonesia akan terbentuk dengan masuknya negaranya ke Uni Eropa.

Sebagai informasi, Kroasia merupakan negara pecahan Yugoslavia yang tengah melakukan perbaikan ekonomi. Adapun pertumbuhan ekonominya pada 2012 baru mencapai 2%. (Est/Nur)
    Loading