Sukses

Mengenal Aplikasi Temu, Platform Belanja Murah Asal China yang Bikin Pemerintah Cemas

Aplikasi Temu menjadi ancaman baru setelah pemerintah menertibkan TikTok Shop. Lantas, bagaimana sistem kerjanya?

Liputan6.com, Jakarta Aplikasi Temu adalah platform e-commerce asal China yang menawarkan berbagai produk mulai dari fashion, elektronik, hingga kebutuhan rumah tangga. Di Temu, masyarakat bisa membeli berbagai produk dengan harga yang sangat terjangkau.

Aplikasi Temu ini memungkinkan pengguna untuk berbelanja secara online dengan pengalaman yang mudah dan efisien.

Temu menjadi ancaman baru setelah pemerintah menertibkan TikTok Shop. Bahkan, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mewaspadai masuknya aplikasi belanja online dari China, Temu itu.

Lantas, apa saja yang ditawarkan Temu dan bagaimana sistem belanjanya? Berikut adalah beberapa poin utama mengenai aplikasi Temu:

1. Produk dan Layanan

Temu menyediakan beragam produk mulai dari pakaian, aksesoris, barang elektronik, hingga kebutuhan rumah tangga. Pengguna dapat menemukan berbagai barang dengan harga yang kompetitif dan berbagai penawaran diskon menarik.

2. Model Bisnis

Temu menerapkan model bisnis direct-to-consumer (D2C), yang memungkinkan produsen menjual langsung kepada konsumen tanpa perantara.

Hal ini membantu menekan biaya dan memungkinkan penawaran harga yang lebih rendah kepada konsumen.

3. Pengalaman Pengguna

Aplikasi ini dirancang untuk memberikan pengalaman berbelanja yang mudah dan nyaman. Fitur-fitur seperti pencarian produk yang intuitif, kategori yang terorganisir dengan baik, serta sistem pembayaran yang aman membuat pengguna merasa nyaman saat berbelanja.

4. Pemasaran dan Promosi

Temu sering kali menawarkan berbagai promosi dan diskon besar-besaran untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. Mereka juga menggunakan media sosial dan platform digital lainnya untuk menjangkau lebih banyak pengguna.

5. Pengiriman dan Logistik

Temu bekerja sama dengan berbagai layanan logistik untuk memastikan pengiriman yang cepat dan tepat waktu kepada pelanggan. Mereka juga sering menawarkan berbagai opsi pengiriman, termasuk pengiriman gratis untuk pesanan tertentu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Saja Aplikasi E-Commerce?

Temu akan menjadi pendatang baru platform belanja online di Indonesia jika nantinya diizinkan pemerintah.

Saat ini sudah banyak platform e-commerce yang menjadi pemain utama di Indonesia. Siapa saja?

Berikut 5 Aplikasi Belanja Online Murah Terpercaya dan Aman

  1. Shopee
  2. Tokopedia
  3. Lazada
  4. Bukalapak
  5. Blibli.com
3 dari 3 halaman

E-commerce Itu Apa?

E-commerce, kependekan dari electronic commerce, adalah kegiatan jual beli yang dilakukan secara online melalui jaringan internet. Berbeda dengan perdagangan tradisional yang dilakukan secara tatap muka, e-commerce memungkinkan pembeli dan penjual untuk bertransaksi tanpa harus bertemu secara fisik.

Transaksi e-commerce dapat dilakukan melalui berbagai platform online, seperti website, aplikasi mobile, dan marketplace. Beragam jenis produk dan layanan dapat diperjualbelikan secara online, mulai dari barang fisik seperti pakaian, elektronik, dan makanan, hingga layanan digital seperti musik, film, dan aplikasi.

E-commerce menawarkan banyak keuntungan bagi pembeli dan penjual. Bagi pembeli, e-commerce memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja, seperti pilihan produk yang lebih luas, harga yang lebih kompetitif, dan kemudahan dalam proses pembayaran dan pengiriman. Bagi penjual, e-commerce membuka akses ke pasar yang lebih luas, memungkinkan mereka untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dengan biaya yang lebih rendah.

E-commerce telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat modern dan terus berkembang pesat. Dengan kemudahan dan keuntungan yang ditawarkannya, e-commerce diprediksi akan terus berkembang dan menjadi semakin populer di masa depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini