Sukses

Tips Jitu Mengatasi Biaya Kuliah yang Semakin Mahal!

Menjalani pendidikan hingga perguruan tinggi atau kuliah merupakan salah satu tangga menuju kesuksesan guna mencapai kemandirian finansial di masa yang akan datang.

Liputan6.com, Jakarta Menjalani pendidikan hingga perguruan tinggi atau kuliah merupakan salah satu tangga menuju kesuksesan guna mencapai kemandirian finansial di masa yang akan datang. Dengan mengenyam bangku kuliah, seseorang bisa membuka peluang kesuksesan dengan gelar yang dimilikinya.

Akan tetapi, dalam beberapa tahun terakhir, biaya kuliah di Indonesia terbilang mahal sehingga sulit dijangkau sebagian orang. Tidak hanya Perguruan Tinggi Swasta (PTS), biaya kuliah yang tinggi itu juga kerap dirasakan oleh mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Salah satu faktor yang menyebabkan biaya kuliah mahal di beberapa PTN dikarenakan rencana alih status ke PTN berbadan hukum atau PTN BH. 

Biaya kuliah yang mahal itu pun terlihat dari data Badan Pusat Statistika (BPS) pada tahun 2022 yang menunjukkan bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah menjadi dua provinsi dengan biaya kuliah tertinggi di Tanah Air.

BPS menyebut, DIY menjadi provinsi dengan biaya pendidikan tertinggi di Indonesia, yakni sebesar Rp21,10 juta per tahun dan Jawa Tengah berada di peringkat 10 dengan biaya pendidikan tinggi sebesar Rp14,76 juta per tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Atasi Biaya Kuliah Mahal

Berikut ini tips ampuh atasi biaya pendidikan, khususnya perguruan tinggi yang makin mahal di Indonesia.

1. Mencari Beasiswa

Mencari beasiswa adalah salah satu solusi terbaik untuk mengatasi biaya pendidikan yang semakin mahal. Beasiswa pun tersedia dalam berbagai bentuk dan dapat diperoleh melalui berbagai sumber seperti lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi nirlaba, dan pemerintah.

Dari banyaknya sumber beasiswa yang bisa didapatkan, Kemendikbud tengah membuka Beasiswa Indonesia Maju untuk siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke tahap D4 hingga S1. Selain itu, calon mahasiswa juga bisa memanfaatkan Kartu Indonesia Pintar yang merupakan beasiswa pengganti Bidikmisi.

2. Masuk Perguruan Tinggi Lewat SNBP Atau SNBT

Untuk mengatasi biaya kuliah yang semakin mahal, kamu bisa mencoba masuk Perguruan Tinggi (PT) dengan mengikuti SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) atau SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes). Namun, calon mahasiswa harus menjadi siswa berprestasi sejak SMA/SMK. 

3. Cari Alternatif Biaya Pendidikan

Buat kamu yang ingin tetap kuliah namun mengalami keterbatasan dana, mencari alternatif biaya pendidikan adalah langkah bijak untuk dijadikan solusi. Kamu bisa menggunakan pinjaman pendidikan. Student loans merupakan bantuan dari lembaga atau institusi tertentu bagi mahasiswa yang ingin membiayai kuliahnya beserta dengan biaya buku dan biaya hidup lainnya.

Nah, di Indonesia sendiri, pinjaman pendidikan dilakukan oleh pihak swasta baik perbankan maupun perusahaan lain yang memberikan pinjaman pembiayaan pendidikan.

Selain pinjaman pendidikan, para orangtua bisa mendapatkan alternatif biaya pendidikan dengan mengambil program pembiayaan dari Adira Finance yang bisa menjadi solusi sumber dana melalui program Sahabat Dana Tunai yang terpercaya karena sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Adira Finance bisa menjadi #SahabatDanaTunai karena syarat pengajuan pinjaman yang mudah dan bunganya bersahabat. Di samping itu, Adira Finance juga menawarkan pilihan perlindungan asuransi yang komprehensif dengan menjaminkan BPKB motor/mobil. Maka dari itu, biaya pendidikan untuk kuliah pun dapat terpenuhi dengan cepat, sat set gak ribet!

3 dari 3 halaman

Berkesempatan Dapat Umrah Gratis!

Lebih menariknya lagi, dengan mengajukan pembiayaan di Adira Finance, terbuka kesempatan untuk mendapatkan umrah secara gratis! Pasalnya, Adira Finance memiliki program undian UMRAH Untuk Sahabat (UUS) yang merupakan program loyalty bagi pelanggan setia Adira Finance berupa kupon undian berhadiah Umrah yang berlangsung sejak Januari hingga Juni 2024.

“Saya sangat puas dengan pelayanan serta kemudahan pengajuan menggunakan pembiayaan Adira Finance. Bahkan di luar dugaan, saya tidak pernah menyangka akan mendapatkan hadiah tambahan, berupa hadiah Umrah Untuk Sahabat. Terima kasih Adira Finance,” Eva Nurcahyani, pemenang Umrah Untuk Sahabat di IIMS Jakarta 2024

Jika ingin mendapatkan kesempatan Umrah gratis seperti pelanggan Adira Finance di atas, kamu bisa menukarkan 5000 adirapoin di aplikasi adiraku dengan kupon undian UMRAH Untuk Sahabat yang berlaku kelipatan atau membeli produk asuransi Zurich di aplikasi adiraku.

Selain itu, pelanggan juga bisa mendapat kesempatan umrah gratis melalui pengajuan pembiayaan di event Adira Expo 2024 yang digelar di berbagai wilayah di Indonesia. Jadi tunggu apalagi, langsung saja ajukan pembiayaan di Adira Finance untuk mendapat kesempatan Umrah gratis karena program ini cuma berlaku hingga 30 Juni 2024!

Last but not least, jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut terkait dengan program Adira Finance, bisa dicek di website resmi Adira Finance atau klik sini, ya! Untuk segala kebutuhan Sahabat, #AdirainAja

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.