Sukses

Bank Sampoerna Cetak Laba Bersih Rp 26,3 Miliar di Maret 2024

Fungsi intermediasi Bank Sampoerna yang berjalan baik juga didukung dengan pendapatan operasional non-bunga yang juga terus berkembang sehingga mendukung pertumbuhan laba Bank Sampoerna.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) mencatat total penyaluran kredit naik 13,2% menjadi Rp 11,6 triliun pada Maret 2024 dibandingkan penyaluran kredit pada akhir Maret 2023 yang tercatat Rp 10,3 triliun. Kenaikan penyaluran kredit Bank Sampoerna melampaui penyaluran kredit industri perbankan yang tercatat 11,8%.

CEO Bank Sampoerna Ali Rukmijah menjelaskan, penyaluran kredit Bank Sampoerna sekitar 67% atau senilai Rp 7,8 triliun diberikan kepada UMKM. Pinjaman ke UMKM disalurkan baik secara langsung oleh Bank Sampoerna maupun melalui kerja sama dengan mitra.

Keberlanjutan dukungan Bank Sampoerna terhadap pemberdayaan UMKM tersebut ditopang oleh kepercayaan nasabah dan masyarakat sehingga Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank Sampoerna hingga akhir Maret 2024 naik 15% menjadi Rp 12,9 triliun dibandingkan pada akhir Maret tahun lalu sebesar Rp 11,2 triliun.

"Peningkatan ini juga melampaui peningkatan penghimpunan DPK industri perbankan secara keseluruhan yang pada periode sama tercatat sebesar 7,4%," kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (13/5/2024).

Akumulasi DPK di Bank Sampoerna ini tidak lepas dari penerimaan masyarakat terhadap layanan digital Bank Sampoerna, termasuk melalui Sampoerna Mobile Banking (SMB).

Dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, pada kuartal pertama 2024, jumlah transaksi yang difasilitasi Sampoerna Mobile Banking meningkat 18% menjadi mendekati seratus ribu transaksi dengan volume transaksi yang juga meningkat 43% mendekati R p500 miliar.

Restrukturisasi

Ali menjelaskan, akhir kuartal I 2024 merupakan akhir periode program restrukturisasi kredit perbankan dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) setelah beberapa kali mengalami perpanjangan terbatas.

"Bank Sampoerna sangat mengapresiasi peran pemerintah dan regulator yang telah mengeluarkan kebijakan yang berimbang dalam mendukung pertumbuhan ekonomi sekaligus mendorong pelaksanaan kegiatan perbankan yang penuh ke-hati-hati-an (prudent)," jelas dia. 

Ali menyampaikan, antisipasi yang dilakukan sejak lebih dari satu tahun lalu menjadikan berakhirnya periode program restrukturisasi ini tidak berdampak signifikan terhadap kinerja maupun fundamental keuangan Bank Sampoerna.

Tantangan 2024

Namun, tantangan pada 2024 tidak akan mereda. Meski pemilihan presiden telah berlangsung dengan baik, ketegangan politik global berpotensi mempengaruhi pertumbuhan ekonomi nasional.

Memang sejauh ini, beberapa lembaga nasional maupun internasional tidak melakukan revisi atas proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun 2024. Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2024 diperkirakan tetap akan kuat di kisaran 5,0%.

"Akan halnya bagi Bank Sampoerna sendiri, kami akan mengantisipasi dengan terus memantau dan memastikan kesiapan kami atas berbagai risiko yang mungkin akan meningkat termasuk risiko likuiditas dan risiko kredit,” terang Ali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kualitas Kredit

Direktur Keuangan dan Perencanaan Bisnis Bank Sampoerna Henky Suryaputra mengatakan, fungsi intermediasi Bank Sampoerna yang berjalan baik juga didukung dengan pendapatan operasional non-bunga yang juga terus berkembang sehingga mendukung pertumbuhan laba Bank Sampoerna. Bank Sampoerna membukukan laba bersih senilai Rp 26,3 miliar pada kuartal pertama tahun 2024, meningkat 43% dibandingkan laba bersih periode yang sama tahun sebelumnya.

“Melalui layanan di cabang dan terutama lewat layanan digital, termasuk layanan virtual account, setiap harinya kami memfasilitasi hampir 100 ribu transaksi. Volume transaksi yang terjadi juga cukup signifikan, pada kuartal pertama tahun ini saja, volume transaksi yang kami fasilitasi mencapai lebih dari Rp 40 triliun,” papar Henky.

Kinerja keuangan Bank Sampoerna yang baik tentunya dicapai tanpa mengabaikan kehati-hatian dan terus ditopang oleh struktur keuangan yang sehat. “Mengantisipasi adanya kemungkinan kesulitan yang dihadapi debitur pada beberapa kuartal ke depan, pada kuartal pertama tahun 2024 ini Bank Sampoerna meningkatkan beban penyisihan penurunan nilai kredit hingga 35% menjadi Rp 75 miliar,” disampaikan Henky.

Kualitas kredit sendiri terus terjaga baik dengan rasio pinjaman bermasalah bruto terhadap keseluruhan pinjaman (gross non-performing loan/ NPL) di tingkat 3,8%, atau relatif sama dengan gross NPL pada akhir Maret 2023 sebesar 3,9%.

 

3 dari 3 halaman

Rasio Kecukupan Modal

Struktur keuangan Bank Sampoerna yang kuat dengan likuiditas yang baik antara lain terfleksikan pada rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) yang mencapai 28,8%, jauh melampaui minimal rasio yang direkomendasikan oleh regulator. Rasio pinjaman terhadap DPK (Loan to Deposit Ratio/LDR) juga berada dalam tingkat yang sehat sebesar 90,6%.

Demikian pula, profitabilitas yang cukup baik ditunjukkan dengan rasio imbal ekuitas (Return on Equity/ROE) yang naik di level 3,4% dari 2,4% pada satu tahun sebelumnya, dan rasio imbal balik aset (Return on Asset/ROA) yang mencapai 0,8%, meningkat dari 0,7%.

Dalam hal menjangkau lebih banyak masyarakat memanfaatkan produk perbankan secara sehat dan bijak, Bank Sampoerna juga terus melakukan kegiatan edukasi literasi perbankan serta memperkenalkan Sampoerna Mobile Saving. Kemudahan membuka tabungan secara daring (online) tanpa adanya saldo minimal ataupun biaya adiministrasi, gratis penarikan uang di ATM bank mana pun, serta adanya hadiah sepanjang tahun dengan total hadiah Rp 3 miliar, diharapkan dapat mendorong masyarakat memanfaatkan Sampoerna Mobile Saving.

Di tahun 2024 ini, Bank Sampoerna akan melaksanakan Sampoerna Fest yang dikemas dalam format roadshow setiap tiga bulan sekali di kota-kota besar di Indonesia. Roadshow akan dimulai dari Kota Surabaya, menyusul Pontianak, Semarang dan Sorong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini