Sukses

Lolos Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 66? Yuk Simak Syarat dan Cara Beli Pelatihan

Para peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan total insentif berupa saldo pelatihan sebesar Rp 3,5 juta yang tidak bisa dicairkan secara tunai, Rp 600 ribu untuk insentif uang tunai, dan Rp 100 ribu untuk insentif pengisian survei.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 66 telah diumumkan lewat Instagram @prakerja.go.id. Para peserta kartu prakerja gelombang 66 yang lolos diharapkan segera membeli paket pelatihan.

Jika peserta yang lolos tidak membeli pelatihan sampai 15 hari sejak hari pertama diumumkan. Maka, Kartu Prakerja-nya akan dinonaktifkan dan kepesertaan dicabut. Alhasil, peserta tidak akan bisa lagi mengikuti program Kartu Prakerja di gelombang selanjutnya.

Selain itu, jika kepesertaan Prakerja dicabut, maka saldo pelatihan akan hangus dan dikembalikan ke rekening Kas Umum Negara (KUN) yang dipegang oleh Bendahara Umum Negara. 

Para peserta akan mendapatkan total insentif berupa saldo pelatihan sebesar Rp 3,5 juta yang tidak bisa dicairkan secara tunai, Rp 600 ribu untuk insentif uang tunai, dan Rp 100 ribu untuk insentif pengisian survei.

Dikutip dari Prakerja.go.id, Rabu (1/5/2024), berikut ini seluk beluk mengenai syarat dan jenis pelatihan yang bisa dibeli:

Apa saja syarat yang perlu diperhatikan untuk membeli pelatihan di Platform Digital?

  • satu akun atau user ID di Platform Digital hanya dapat menggunakan 1 (satu) nomor Kartu Prakerja sebagai metode pembayaran pembelian pelatihan pada Platform Digital dan/atau tidak dapat menggunakan lebih dari 1 (multiple) nomor Kartu Prakerja.
  • Pastikan kamu memasukkan OTP yang benar saat membeli pelatihan di Platform Digital.
  • Memenuhi persyaratan usia yaitu berusia minimal 18 (delapan belas) tahun dan maksimal 64 (enam puluh empat) tahun.
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa saja jenis pelatihan yang bisa saya beli/bayar dengan Kartu Prakerja?

Ada 3 jenis pelatihan yang tersedia, yaitu:

Pelatihan Webinar

Kegiatan pelatihan synchronous yang dilakukan secara online dimana peserta pelatihan dan instruktur melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan dengan metode live webinar.

Pelatihan Pembelajaran Mandiri

Kegiatan pelatihan asynchronous dimana seluruh materi disampaikan secara online melalui platform LMS (Learning Management System) dan peserta tidak harus berinteraksi real-time dengan tenaga pelatih atau peserta lainnya dalam waktu yang sama.

Pelatihan Tatap Muka

Pelatihan yang disampaikan secara synchronous dan bertemu secara tatap muka dimana peserta pelatihan dan instruktur hadir di dalam satu ruangan dan waktu yang sama.

Apa saja kategori pelatihan yang bisa saya beli/bayar dengan Kartu Prakerja?

Ada banyak kategori pelatihan yang bisa kamu beli dengan Kartu Prakerja, mulai dari keterampilan teknis sampai cara memulai dan membangun usaha. Pelatihan yang bisa kamu pilih, antara lain cara berjualan secara online, menjadi fotografer, menguasai aplikasi komputer, kursus bahasa, keterampilan perawatan kecantikan, menjadi pelatih kebugaran, cara mendapatkan penghasilan dari media sosial dan lain-lain. Kamu bisa cek kategori pelatihan lainnya yang tersedia di situs Platform Digital.

 

3 dari 3 halaman

Apakah ada batas waktu pembelian pelatihan?

Ya, kamu hanya dapat membeli pelatihan pertamamu dalam waktu 15 (lima belas) hari kalender setelah kamu mendapatkan pemberitahuan penetapan sebagai Penerima Kartu Prakerja dari Manajemen Pelaksana.

Jika melebihi batas waktu tersebut dan kamu belum membeli pelatihan, Kartu Prakerja kamu akan dinonaktifkan/dicabut kepesertaannya dan kamu tidak dapat mengikuti kembali Program Kartu Prakerja.

Saldo bantuan pelatihanmu juga akan hangus dan akan dikembalikan ke Rekening Negara.

Jika kamu ingin membeli pelatihan online, pastikan pembelian dilakukan minimal 1 (satu) hari kalender sebelum tanggal pelatihan dimulai. Sedangkan untuk Pelatihan Tatap Muka, batas waktu pembelian pelatihan adalah minimal 3 (tiga) hari kalender sebelum tanggal pelatihan dimulai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.