Sukses

Tips Cara Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Pakar stres dari Ivy League: Inilah cara mengatasi kelelahan dan memiliki lingkungan kerja yang lebih sehat dengan menggunakan bakat yang sering di sepelekan ini.

Liputan6.com, Jakarta Menurut seorang pakar Ivy League, seringkali kita mengalami stres di tempat kerja. Namun menerimanya dapat membuat Anda lebih kuat, lebih bijaksana, dan lebih bahagia.

Kandi Wiens, Kepala program Magister Pendidikan Kedokteran Universitas Pennsylvania, mendekonstruksi ilmu pengetahuan tentang stres kronis dan ketahanan dalam buku barunya yang berjudul “Burnout Immunity.”

Menurut Wiens, strategi yang “paling diremehkan” yang dilakukan orang-orang sukses untuk menghindari kelelahan adalah mengubah respons stres mereka dari yang awalnya melawan atau melarikan diri, menjadi suatu tantangan.

Anda mungkin mengetahui reaksi stres yang dikenal sebagai “fight-or-flight,” yang dapat terjadi ketika Anda mendeteksi ancaman. Tubuh Anda akan masuk ke mode fight-or-flight dan melepaskan hormon stres seperti kortisol dan adrenalin.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan cedera, pembuluh darah Anda akan menyempit dan peradangan meningkat.

Wiens mengatakan bahwa meskipun ini adalah reaksi yang berguna ketika hidup Anda dalam bahaya, namun jauh lebih tidak efektif jika “ancaman” itu adalah tenggat waktu yang mendesak atau atasan yang mengatur staf secara mikro. Melansir CNBC ditulis Senin (6/5/2024).

“Tubuh kita sering kali kesulitan untuk membedakan antara ancaman yang nyata dan ancaman yang dibayangkan, yang dapat menyebabkan kondisi kecemasan atau reaktivitas yang kronis,” ujarnya.

Menurut Wiens, perbedaan antara orang yang berprestasi tinggi dengan orang lain adalah bahwa alih-alih secara otomatis masuk ke mode fight-or-flight dalam situasi yang penuh tekanan, orang yang berprestasi tinggi melihatnya sebagai tantangan yang dapat diatasi.

Wiens juga mempelajari orang-orang yang berkembang di lingkungan dengan tingkat stres tinggi, seperti kepala departemen kepolisian dan eksekutif bisnis, dan menemukan hubungan ini.

Wiens menemukan bahwa mempraktikkan respons lain ini dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk bertahan menghadapi stres, yang dapat meningkatkan stabilitas emosi, kesehatan fisik, dan produktivitas Anda di tempat kerja-bahkan pada saat-saat yang penuh dengan tekanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Stres

Mengembangkan kesadaran diri adalah langkah pertama untuk mengurangi respons melawan atau lari.

 “Kita mengarang cerita di kepala kita untuk menghadapi hal-hal yang tidak diketahui ketika kita dihadapkan pada pemicu stres yang berada di luar kendali kita. Hal ini dapat menyebabkan banyak kritik terhadap diri sendiri dan pemikiran yang penuh bencana.” Tambah Wiens

Namun, individu yang tangguh dan sukses mempertanyakan anggapan mereka.

Mereka mampu membebaskan diri dari pola pikir negatif dengan bertanya pada diri sendiri.

“Apa yang benar dalam situasi ini, dan asumsi apa yang saya buat tentangnya?”

Misalnya, Anda mungkin khawatir akan kehilangan pekerjaan jika atasan Anda mengumumkan restrukturisasi.

Menurut Wiens ini adalah kekhawatiran yang wajar, namun terus memikirkannya tidak akan membuat Anda merasa lebih baik,

Dengan mengadopsi pendekatan yang lebih menantang terhadap situasi ini, Anda mungkin akan terinspirasi untuk bertanya kepada atasan Anda tentang potensi ancaman pekerjaan dan, berdasarkan jawaban mereka, prospek potensial di perusahaan, atau untuk mendapatkan panduan dalam mencari pekerjaan di tempat lain.

Berbeda dengan mengkhawatirkan hasil yang tidak baik, Wiens mengatakan,

“melihat situasi yang penuh tekanan sebagai sebuah tantangan, bukan ancaman, dapat membantu Anda memikirkan situasi yang penuh tekanan dengan pikiran yang jernih dan menyelesaikan masalah dengan lebih baik.”

Lain kali jika Anda berada di bawah tekanan di tempat kerja, Wiens menyarankan agar Anda mengajukan pertanyaan-pertanyaan ini kepada diri Anda sendiri untuk membantu Anda mengembangkan respons terhadap tantangan.

 

3 dari 3 halaman

Fokus Hal Positif

Apa kekuatan saya dalam situasi ini?

Sumber daya apa yang saya miliki?

Bagaimana saya sebelumnya merespons tekanan yang serupa?

Wiens melanjutkan, “Anda melatih kembali otak Anda untuk fokus pada hal positif: rasa pencapaian atau penghargaan yang akan Anda dapatkan ketika berhasil.” Hal ini dicapai dengan melihat stresor sebagai tantangan.

Dalam “Burnout Immunity,” Wiens menggambarkan para profesional medis yang, dengan memandang stres sebagai tantangan dan bukan sebagai ancaman, tidak hanya terhindar dari kelelahan, namun juga berkembang di lingkungan rumah sakit yang penuh tekanan, bahkan di masa puncak wabah Covid-19.

Respons terhadap tantangan memengaruhi sistem peredaran darah Anda dengan cara yang mirip dengan reaksi fight-or-flight, tetapi alih-alih pembuluh darah Anda menyempit, pembuluh darah justru melebar, sehingga lebih banyak oksigen yang dapat menjangkau otot dan otak Anda.

Sebelum presentasi atau mengobrol dengan atasan Anda, salah satu dari kedua respons tersebut dapat menyebabkan detak jantung Anda meningkat dan tekanan darah Anda naik.

Namun, penting untuk dipahami bahwa tubuh Anda berusaha memberikan lebih banyak energi agar Anda dapat berhasil dan memanfaatkannya sebaik mungkin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.