Sukses

Waspada Rupiah Jauhi 16.000 per Dolar AS

Pengamat pasar uang Ariston Tjendra memproyeksi rupiah berpotensi melemah terhadap dolar AS di hari kerja pertama pasca liburan lebaran.

Liputan6.com, Jakarta Pengamat pasar uang Ariston Tjendra memproyeksi rupiah berpotensi melemah terhadap dolar AS di hari kerja pertama pasca liburan lebaran.

"Indeks dolar AS saat ini sudah bergerak di atas kisaran 106. Selama libur lebaran di kisaran 105 dan sebelum lebaran di kisaran 104," kata Ariston Selasa (16/4/2024).

Menurutnya, sentimen penundaan pemangkasan suku bunga acuan AS dan tensi konflik geopolitik yang meninggi telah mendorong penguatan dolar AS belakangan ini.

Selama libur lebaran, rilis data inflasi konsumen AS bulan Maret lebih tinggi dari ekspektasi pasar, menurunkan ekspektasi bahwa the Fed akan melakukan pemangkasan dalam waktu dekat.

Konflik Iran Vs Israel

Selain itu, konflik di Timur Tengah terutama serangan balasan Iran yang langsung ke negara Israel menaikan ketegangan di wilayah tersebut.

Konflik itu juga mengundang kekhwatiran pasar akan munculnya perang baru dimana perang akan menyebabkan gangguan suplai, meningkatkan inflasi, memicu pelambatan ekonomi global sehingga pelaku pasar keluar dari aset berisiko dan masuk ke aset aman dan memicu penguatan dolar AS dan harga emas sebagai aset aman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menanti Data Ekonomi China

Ariston mengatakan, hari ini sekitar jam 9 pagi akan dirilis data PDB China kuartal pertama dengan perkiraan 4,8%.

Bila rilis di bawah angka tersebut, ini akan menambah tekanan untuk aset berisiko termasuk rupiah karena perekonomian China yang melambat bisa mempengaruhi perekonomian global.

"Rupiah berpotensi bergerak melemah ke arah Rp 16.000 terhadap dollar AS hari ini," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini