Sukses

Berapa Harga Emas Dunia Pekan Ini? Intip Prediksinya

Harga emas dan perak masih berada dalam tren naik yang kuat. Namun investor harus bersiap untuk melihat harga berkonsolidasi pada pekan ini karena momentum terkini tampaknya telah mencapai puncaknya, menurut beberapa analis.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas dan perak masih berada dalam tren naik yang kuat. Namun investor harus bersiap untuk melihat harga berkonsolidasi pada pekan ini karena momentum terkini tampaknya telah mencapai puncaknya, menurut beberapa analis.

Dikutip dari Kitco, Senin (14/4/2024), baik harga emas dunia maupun perak kembali mengalami volatilitas pada perdagangan Jumat pekan lalu karena logam mulia tidak dapat mempertahankan kenaikan signifikannya pada awal hari. Pada satu titik, harga emas naik lebih dari 4% hari ini, mencapai puncaknya pada USD 2.448,80 per ounce.

Harga emas berjangka bulan Juni terakhir diperdagangkan pada USD 2.355,60 per ounce, naik 0,4% dari Jumat pekan sebelumnya.

Sementara itu, perak telah berhasil mempertahankan kinerjanya yang lebih baik dibandingkan emas. Bahkan ketika perak menyerahkan kenaikan serupa. Perak mencapai puncaknya pada Jumat pekan lalu di USD 29,905 per ounce, level tertinggi dalam tiga tahun dalam satu hari.

Meskipun harga emas tidak dapat bertahan di atas USD 2.400 per ounce, para analis mencatat bahwa harga emas masih relatif kuat karena bersiap untuk mencatat rekor penutupan mingguan lainnya.

Rekor baru ini terjadi bahkan ketika pasar mulai memperhitungkan potensi penurunan suku bunga pada bulan Juni setelah inflasi bulan Maret lebih tinggi dari perkiraan.

Menurut CME Fed Watch Tool, pasar hanya melihat peluang penurunan suku bunga sebesar 27% pada bulan Juni, turun dari perkiraan 50% pada minggu lalu dan 68% pada bulan lalu. Namun, para analis mencatat bahwa meskipun Bank Sentral AS, Federal Reserve (The Fed) dapat menunda dimulainya siklus pelonggaran moneternya, kecil kemungkinannya mereka akan menaikkan suku bunga lagi, yang berarti bahwa suku bunga riil masih dapat bergerak lebih rendah, yang merupakan kondisi positif bagi emas.

Meskipun emas masih mendapat dukungan yang baik, beberapa analis mengatakan reli tersebut menjadi terlalu berkepanjangan.

“Saya pikir momentumnya masih kuat, tetapi pada saat yang sama, tidaklah benar untuk menjadi serakah, dan mengingat reli luar biasa yang kita lihat pada harga emas, kami pikir adalah bijaksana untuk membukukan keuntungan,” kata  Kepala Investasi di Zaye Capital Markets, Naeem Aslam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Volatilitas

Direktur dan Mitra Pendiri Metals Focus, Philip Newman mengatakan mungkin ada baiknya bagi investor untuk mengambil sebagian keuntungannya. Dia mengatakan pasar emas akan mengalami beberapa konsolidasi setelah rekor rekor yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Kami tidak memperkirakan akan terjadi kemunduran yang signifikan, namun menurut kami koreksi jangka pendek masuk akal pada level ini,” katanya.

Kepala Strategi Komoditas Saxo Bank Ole Hansen mengatakan meskipun momentum harga sangat ekstrem, dia mengamati volatilitas baru-baru ini dan fokus pada tren yang lebih luas yang mendorong harga emas.

Dia mencatat bahwa emas tetap mendapat dukungan yang baik, sebagian karena meningkatnya ketakutan terhadap inflasi dan meningkatnya ketidakpastian mengenai kesehatan ekonomi global.

"Saat ini, pasar sedang mencari sesuatu untuk ditembus sebelum benar-benar rusak, dan hal ini membuat pasar terkena koreksi. Apakah saya akan mengambil risiko? Saya rasa tidak demikian karena saya berada di dalamnya untuk jangka panjang,” katanya.

"Saya masih bertanya-tanya apa yang mungkin terjadi jika data ekonomi mulai melemah dan inflasi tetap stabil. Hal ini akan membenarkan kinerja emas," lanjut dia.

Meskipun semua orang berfokus pada emas dalam dolar AS, emas telah mencatatkan kenaikan terhadap semua mata uang utama. Hansen menunjukkan bahwa harga emas naik 20% terhadap euro, 22% terhadap dolar Australia, dan 26% terhadap yen Jepang dan franc Swiss.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Data yang Pengaruhi Harga Emas

Kepala Strategi Berjangka dan Valas Tastylive.com, Christopher Vecchio mengatakan meskipun dia menyukai emas dan perak, dia tidak akan mengejar pasar pada level saat ini. Dia menambahkan bahwa dia ingin membeli saat penurunan.

“Federal Reserve telah memberi tahu kita bahwa langkah mereka selanjutnya adalah melakukan pemotongan meskipun kita melihat pertumbuhan ekonomi yang solid dan inflasi yang keras. Hal ini akan mendorong imbal hasil riil lebih tinggi, dan ini merupakan lingkungan yang positif bagi emas dan perak ,” katanya. .

Meskipun sentimen di pasar diperkirakan akan mendorong pergerakan harga di pasar logam mulia, beberapa data ekonomi dapat menambah volatilitas yang terjadi saat ini.

Data penting yang harus diperhatikan pekan ini mencakup data manufaktur regional, angka penjualan ritel bulan Maret, dan data perumahan. Ketua Federal Reserve Jerome Powell juga akan berbicara minggu depan dalam diskusi dengan Gubernur Bank of Canada Tiff Macklem.

Dana Moneter Internasional (IMF) juga akan mengadakan pertemuan musim semi tahunannya di Washington, DC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini