Sukses

Menteri Bahlil Mudik Lebaran ke Fakfak Papua Kamis, 11 April 2024

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menuturkan, kalau mudik pada hari kedua atau ketiga Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkap rencananya untuk mudik pada momen Lebaran 2024. Bahlil berencana mudik ke kampung halaman pada 11 April 2024, besok.

Bahlil menggelar open house di kediaman dinasnya di kawasan Jakarta Selatan, Rabu (10/4/2024). Sejumlah pejabat terpantau hadir pada jamuan halal bi halal tersebut.

Sebagaimana masyarakat pada umumnya, Bahlil Lahadalia mengaku akan mudik Lebaran 2024 ke kampung halamannya di Fak Fak, Papua.

"Saya kalau mudik mungkin hari kedua, atau hari ketiga," kata Bahlil kepada wartawan di kediamannya, Jakarta, Rabu (10/4/2024).

Dia mengatakan, selain ke Fak Fak, dia akan melanjutkan perjalanan mudik ke kampung halaman sang istri. Tercatat tujuan selanjutnya adalah Sragen, Jawa Tengah.

"Rencananya dua, ke Fakfak, ke Papua, setelah itu balik ke kampung istri, di Jawa Tengah, di Sragen. Mungkin besok malam (berangkat mudik)," ungkapnya.

Di momen Idul Fitri 1445 H ini, dia berharap, tak ada lagi perpecahan setelah kontestasi politik di Indonesia selesai.

"Semoga kita kembali kepada fitrah dan setelah urusan politik selesai kita harus gabung bersatu lagi untuk kita merajut kebersamaan dalam membangun Indonesia tercinta," pintanya.

Open House Perdana

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menggelar halal bihalal sekaligus open house di momen Lebaran 2024 ini. Menurut dia, ini kali pertama sejak dia menjabat jadi menteri di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak 2019. 

Bahlil mengatakan, open house kali ini sejalan dengan langkah yang diambil Presiden Jokowi. Sebagaimana diketahui, Jokowi menggelar Open House di Istana Negara, Jakarta.

"Karena selama sudah 4 tahun lebih kami menjadi anggota kabinet, lima kali Lebaran, belum pernah open house, jadi kami open house dulu, ikuti jejak bos kami. Kalau Pak Jokowi open house, kita open house," kata Bahlil kepada wartawan dikediamannya, di Jakarta, Rabu (10/4/2024).

Dia menjelaskan, sudah bertemu dengan Kepala Negara di Istana Negara, Jakarta. Baru kemudian menggelar open house di kediamannya, di Jakarta Selatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Suasana Lebih Adem

Selain bertemu Jokowi, Bahlil mengaku sempat juga bertemu dengan jajaran menteri kabinet Indonesia Maju lainnya. Termasuk dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Bahlil mengklaim, suasana Idul Fitri 1445 Hijriah ini semakin adem dibandingkan dengan sebelumnya. Meski, dia tidak menjelaskan lebih lanjut dari pernyataannya itu. 

"Tadi kita sudah halal bi halal, sebelum saya membuat acara, alhamdulillah tadi kami setelah sholat Ied mendampingi Pak Presiden Jokowi, habis itu kami datang halal bi halal di (kediaman) Bapak Presiden Jokowi, ketemu juga Pak Prabowo di sana," jelasnya. 

"Alhamdulillah suasana Lebaran ini dingin, adem, seperti secercah harapan cerah," Bahlil menambahkan.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Jokowi: Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Semoga Kita Bisa Saling Memaafkan dan Bersilaturahmi

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana memberikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah kepada umat Islam di seluruh Indonesia. Jokowi mengajak masyarakat menjadikan momen Lebaran ini untuk saling memaafkan dan bersilaturahmi.

"Selamat hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin," ucap Jokowi dan Iriana yang tampak kompak menggunakan pakaian muslim berwarna putih, sebagaimana dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (9/4/2024).

"Semoga di hari yang Fitri ini kita bisa saling memaafkan dan saling bersilaturahmi untuk merajut kembali persaudaraan menjadi bangsa yang rukun dan damai yang bersatu padu membangun Indonesia," Jokowi menambahkan.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan pesan kepada masyarakat yang sedang dan akan melakukan mudik Lebaran. Dia berharap agar perjalanan masyarakat dalam mudik Lebaran kali ini diberikan kelancaran dan keselamatan.

"Selamat bersilaturahmi dengan kerabat dan keluarga besar. Saya berharap perjalanan lancar dan selamat," ucapnya.

"Semoga Allah SWT melimpahkan keberkahannya dan senantiasa membimbing serta melindungi kita semua," imbuh Iriana.

4 dari 4 halaman

Hari Ini Presiden Jokowi Open House di Istana Negara, Masyarakat Diminta Pakai Baju Rapi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin menggelar open house di Istana Negara Jakarta, hari ini, Rabu, (10/4/2024). Open house ini juga terbuka untuk masyarakat. Untuk itu, masyarakat diminta datang menggunakan baju rapi. 

Misalnya, memakai pakaian yang sopan, tak mengenakan celana jeans, serta memakai sepatu.

"Tentu saja di hari Idul Fitri ini di hari kemenangan ini semuanya kami yakin menggunakan pakaian bebas rapih, bernuansa muslim," ujar Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana kepada wartawan, Selasa (9/4/2024).

Acara open house ini akan dimulai pukul 09.00 WIB, usai Jokowi dan Ma'ruf melaksanakan salat Idul Fitri.

"Waktu open house dimulai sejak pukul 09.00 pintu akan dibuka, beliau siap terima kedatangan pukul 09.00," kata dia. 

Yusuf juga meminta masyarakat untuk datang lebih awal sebab acara open house tidak digelar sampai sore hari.

"Waktunya tidak sampai sore karena kita ada keterbatasan, sehingga mohon maaf apabila masyarakat yang hadir nanti tidak bisa semua masuk ke dalam, karena waktu tidak terlalu lama. Kami menyarankan bagi yang ingin hadir tentu saja lebih awal lebih baik," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini