Sukses

Harga Emas Dunia Cetak Rekor Tertinggi Lagi

Harga emas kembali melesat ke rekor tertingginya pada hari Rabu, setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell menegaskan kembali mengenai ekonomi AS

Liputan6.com, Jakarta Harga emas kembali melesat ke rekor tertingginya pada hari Rabu, setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell menegaskan kembali bahwa data baru-baru ini mengenai peningkatan lapangan kerja dan inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan tidak secara signifikan mengubah gambaran keseluruhan kebijakan ekonomi tahun ini.

Dikutip dari CNBC, Kamis (4/4/2024), harga emas di pasar spot naik 0,5% menjadi USD 2,292.31 per ounce setelah mencapai rekor tertinggi USD 2,294.99 di awal sesi.

Harga emas berjangka AS ditutup 1,5% lebih tinggi pada USD 2,315.

Emas melonjak ke rekor tertinggi dalam sejarah karena peningkatan volume perdagangan setelah Powell menekankan bahwa ‘benjolan’ yang akan terjadi tidak mengubah gambaran keseluruhan yang cerah,” kata Tai Wong, pedagang logam independen yang berbasis di New York.

“Pendekatan Powell yang hati-hati tidak membuat para pembeli emas khawatir...Saya pikir pembeli ingin melihat USD 2.300 dan saya pikir lebih banyak 'turis' yang terlibat dalam perdagangan ini," tambahnya.

Powell mengatakan bahwa “jika perekonomian berkembang secara luas seperti yang kita perkirakan,” ia dan rekan-rekannya di The Fed sebagian besar setuju bahwa kebijakan suku bunga yang lebih rendah akan tepat “pada suatu saat di tahun ini.”

Suku Bunga AS

Investor masih memperkirakan penurunan suku bunga pertama pada pertemuan kebijakan The Fed pada 11-12 Juni, meskipun data ekonomi baru-baru ini yang lebih kuat telah menimbulkan keraguan investor terhadap hasil tersebut.

Emas, yang merupakan aset lindung nilai terhadap inflasi dan aset safe haven selama masa ketidakpastian politik dan ekonomi, telah naik lebih dari 11% sepanjang tahun ini, dibantu oleh kuatnya pembelian bank sentral dan permintaan aset safe haven.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data Ekonomi AS

Laporan pekerjaan AS untuk bulan Maret akan dirilis pada hari Jumat, dan data inflasi baru akan dirilis minggu depan.

Sepasang pengambil kebijakan Federal Reserve mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka pikir akan “masuk akal” untuk memangkas suku bunga AS sebanyak tiga kali tahun ini.

“Kemungkinan penurunan suku bunga masih ada, namun datanya masih sangat kuat. Ini adalah tahun pemilihan umum, jadi menurut saya The Fed tidak ingin bertanggung jawab atas segala bentuk jatuhnya pasar,” kata Daniel Pavilonis, ahli strategi pasar senior di RJO Futures.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini