Sukses

Catat, 14 Ruas Tol Ini Beri Diskon Tarif hingga 35% saat Mudik Lebaran 2024

Menteri Basuki menyampaikan, pemberlakuan potongan tarif tol ini akan berlaku selama dua hari, baik pada saat arus mudik maupun balik, yakni antara 3-5 April dan 17-19 April.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memaparkan, sebanyak 14 ruas tol yang tersebar di Jawa dan Sumatera akan memberikan diskon tarif tol guna mendukung kelancaran mudik Lebaran 2024.

Basuki mengatakan, sejumlah ruas di Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Trans Sumatera  akan memberikan promo diskon tarif tol sebesar 20 persen. Pelaksananan program tersebut jadi kewenangan masing-masing Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

"Diskon yang diberikan pada jalan Tol Trans Jawa ini adalah 20 persen. Dan, Jalan Tol Trans Sumatera itu Jalan Tol Indralaya-Prabumulih dan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung masing-masing juga 20 persen," jelasnya dalam raker persiapan mudik Lebaran 2024 bersama Komisi V DPR RI, Selasa (2/4/2024).

Secara jadwal, Basuki menyampaikan, pemberlakuan potongan tarif tol ini akan berlaku selama dua hari, baik pada saat arus mudik maupun balik, yakni antara 3-5 April dan 17-19 April. 

"Berlakunya, jadi periode mudik 3 April mulai pukul 5.00 WIB sampai dengan 5 April pukul 5.00 WIB. Dan periode balik tanggal 17 April pukul 5.00 WIB sampai dengan 19 April pukul 5.00 WIB," terangnya. 

Program diskon tarif juga akan diberikan untuk Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder di Jawa Timur. Tarif khusus ini bakal diberikan lebih panjang selama 17 hari, mulai 3-19 April 2024. 

Potongan tarifnya pun bervariasi tergantung jenis golongan kendaraan, mulai Dari 14-35 persen. Diskon ini diberikan untuk kendaraan non golongan ai, dengan rincian 14 persen untuk golongan II dan III, serta 35 persen until golongan IV dan V.

"Potongan tarif tol ini berlaku untuk transaksi non tunai dengan saldo kartu elektronik cukup. Oleh karena itu, kami mohon agar masyarakat untuk dapat memastikan saldo kartu elektronik mencukupi selama perjalanan," pinta Basuki. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar Ruas Tol

Berikut daftar 14 ruas yang akan memberikan diskon tarif tol selama arus mudik dan balik Lebaran 2024:

I. Jalan Tol Trans Jawa

  1. Tol Tangerang-Merak
  2. Tol Jakarta-Cikampek (Japek) eksisting
  3. Tol Jakarta-Cikampek (Japek) elevated
  4. Tol Cikopo-Palimanan
  5. Tol Palimanan-Kanci
  6. Tol Kanci-Pejagan
  7. Tol Pejagan-Pemalang
  8. Tol Pemalang-Batang
  9. Tol Batang-Semarang
  10. Tol Semarang ABC
  11. Tol Jombang-Mojokerto.

II. Jalan Tol Trans Sumatera

  1. Tol Indralaya-Prabumulih
  2. Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung

III. Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini