Sukses

BI Bakal Buka Penukaran Uang Baru di Jalur Mudik, Syaratnya Bawa KTP

Bagi masyarakat Indonesia yang belum menukarkan pecahan uang tunai, tak perlu khawatir Bank Indonesia (BI) membuka layanan penukaran uang secara Go Show di beberapa titik rute jalur mudik.

Liputan6.com, Jakarta Bagi masyarakat Indonesia yang belum menukarkan pecahan uang tunai, tak perlu khawatir Bank Indonesia (BI) membuka layanan penukaran uang baru secara Go Show di beberapa titik rute jalur mudik.

Penukaran di titik di jalur mudik akan dimulai pada 1 April 2024 hingga 5 April 2024. Adapun lokasi terdapat di rest area jalan tol, pelabuhan, bandara, hingga stasiun kereta api.

 

"Jadi gini Salah satu program kita adalah layanan penukaran mudik lebaran di mana kita melakukan pembukaan layanan penukaran di titik-titik jalur mudik masyarakat. Jadi kalau di Jakarta itu ada di kilometer 57," kata Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim kepada Merdeka.com, Kamis (28/3/2024).

"Nanti teman-teman BI Cirebon, BI Semarang, BI Tegal, sampai Surabaya akan buka titik-titik tol mereka," lanjut dia.

Marlison mengingatkan bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang melalui pelayanan tersebut harus membawa indentitas seperti kartu tanda penduduk (KTP).

"Yang diperlukan untuk Go Show tetap indentitas KTP," imbuhnya.

Marak Tukar Uang Lebaran di Inang-Inang Pinggir Jalan, Waspada Uang Palsu!

Menjelang hari raya keagamaan Idul Fitri, biasanya masyarakat Indonesia melakukan tradisi memberikan uang tunjangan hari raya (THR) kepada sanak saudara, kerabat terdekatnya, khususnya diberikan kepada anak-anak.

Sehingga mereka pun kerap kali melakukan penukaran uang baru ke pecahan Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000, dan Rp50.000 hingga Rp100.000.

Karena tingginya antuasias itu, penjaja uang atau dikenal dengan sebutan inang-inang biasanya menawarkan jasa penukaran uang baru di pinggir jalan.

Penukaran uang lebaran di penjaja uang itu biasanya dikenakan biaya per pecahan sesuai dengan uang yang ditukarkan.

 

Reporter: Siti Ayu Rachma

Sumber: Merdeka.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Waspadai Uang Palsu

Menanggapi banyaknya inang-inang di pinggir jalan itu, Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI), Marlison Hakim mengimbau masyarakat untuk melakukan penukaran di titik-titik layanan BI dan perbankan, sebab ia memastikan jumlah yang ditukarkan pun tidak dikurangi.

"Kami menghimbau masyarakat untuk melakukan penukaran di titik-titik layanan Bi dan perbankan karena pasti jumlahnya," kata Marlison kepada media, Jakarta, Kamis (28/3).

Keaslian UangTak hanya itu, Marlison bilang jika melakukan penukaran di layanan resmi dijamin keaslian uangnya, dan uang yang diberikannya pun uang baru tahun emisi 2022.

"Pastinya barunya dijamin keasliannya tidak ada hal-hal lain misalkan ada sisipan uang palsu enggak kita pastikan itu dan satu lagi pasti tidak berbiaya itu yang paling penting," tutup dia.

 

Reporter: Siti Ayu Rachma

Sumber: Merdeka.com

3 dari 4 halaman

Kuota Penukaran Uang Baru BI di Istora Senayan Sudah Full hingga 31 Maret 2024

Bank Indonesia (BI) meluncurkan program penukaran uang baru bertajuk Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) selama periode bulan Ramadan. Adapun titik-titik penukaran dilakukan di 499 tempat, salah satunya dilaksanakan di Istora Senayan, Jakarta.

Untuk menyukseskan penyelenggaraan ini, Bank Indonesia bekerjasama dengan 16 perbankan. Adapun diantaranya Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, BCA, BSI, Bank DKI, CIMB Niaga, Maybank, Bank Muamalat, OCBC NISP, Bank Mega, Bank Sinarmas, Bank Danamon, BJB, dan Bank Permata.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim mengatakan kegiatan ini membuka pelayanan penukaran, di mana masyarakat harus mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR.

Marlison menuturkan pihaknya akan melayani sebanyak 5.000 orang per hari nya pada saat penukaran di Istora Senayan, yang dibuka pada 28-31 Maret 2024 mendatang.

Kendati demikian, Marlison bilang kouta untuk penukaran uang di Istora Senayan hingga 31 Maret sudah penuh atau full.

"Kegiatan membuka layanan Penukaran melalui aplikasi PINTAR. Setiap hari kita membuka kouta 5000 dan sampai kmren terkahir 31 Maret kouta sudah full," kata Marlison kepada media, Jakarta, Kamis (29/3/2024).

4 dari 4 halaman

Uang Baru Tahun Emisi 2022

Marlison memastikan uang yang diberikan kepada masyarakat adalah uang baru tahun emisi 2022. Sebab, ada informasi yang beredar di media sosial, pihaknya memberikan uang lama.

"Kita berikan tukarkan kepada masyarakat itu uang baru. Uang baru tahun emisi 2022. Jadi informasi yang kemarin di media itu nggak benar," imbuhnya.

Lebih lanjut, masyarakat yang sudah mendaftar di aplikasi PINTAR bisa menukar uang maksimal Rp4 juta per orang dengan pecahan Rp1000, Rp2000, Rp5000, Rp10.000, Rp20.000, Rp50.000 dan Rp 100.000. Perlu diingat per orang hanya bisa menukar satu orang dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang didaftarkan di aplikasi PINTAR. Apabila indentitas yang dibawa berbeda maka tidak akan dilayani.

"Kenapa kita pakai buat paket satu orang, satu kali penukaran itu karena kita ingin adanya keadilan dan pemerataan pada sebagian besar masyarakat. Jadi yang mendaftar di PINTAR dia satu orang bisa menukar satu sesuai KTP-nya, kalau KTP-nya berbeda tidak bisa kita terima karena ini aspek pemerataan dan keadilan," tutup dia.

 

ReporterL Siti Ayu Rachma

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini