Sukses

Inflasi Jadi Tantangan Keuangan Kelas Menengah, Hal Ini Perlu Diwaspadai

Inflasi terus naik, dan para ahli prediksi ada produk yang tidak lagi dapat Anda beli dalam lima tahun ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Bayangkan Anda sedang berada di puncak dari segi keuangan. Anda telah menetap dalam gaya hidup kelas menengah dan menuai manfaatnya. Rumah yang lebih bagus, keamanan finansial, dan rekening tabungan yang terus bertambah.

Namun, inflasi terus naik, dan para ahli prediksi ada produk yang tidak lagi dapat Anda beli dalam lima tahun ke depan.

"Saya telah melihat bagaimana kelas menengah saat ini menikmati beberapa aspek penting dalam hidup. Seperti memiliki rumah dengan cicilan yang dapat diatur, menyekolahkan anak-anak mereka ke perguruan tinggi dengan bantuan pinjaman mahasiswa, memiliki perlindungan kesehatan, menabung untuk masa pensiun, dan bahkan menikmati kemewahan sesekali." kata Alyssa Huff, seorang ahli di bidang properti dan pendiri 'Sell House As Is'. Melansir YahooFinance ditulis Rabu (26/3/2024)

Namun, melihat dari sisi lain, ia mengungkapkan kekhawatirannya akan masa depan. "Meningkatnya biaya perumahan, biaya pendidikan, biaya perawatan kesehatan, dan inflasi dapat membuat hidup lebih sulit bagi keluarga kelas menengah dalam lima tahun ke depan."

Huff memperkirakan semakin sulit untuk membeli rumah, menyekolahkan anak ke perguruan tinggi, atau menabung untuk masa pensiun. Bahkan kesenangan sederhana seperti liburan atau membeli barang yang indah mungkin akan menjadi semakin sulit.

Lalu apa untungnya? Mengetahui peningkatan pengeluaran tidak dapat dihindari ternyata dapat membantu Anda membuat rencana lebih awal.

"Sebagai seseorang yang sangat peduli dengan kesejahteraan finansial, Saya mendorong kelas menengah untuk mulai merencanakan dengan bijak dari sekarang agar dapat menghadapi badai yang mungkin terjadi dan menjaga agar impian mereka tetap dalam jangkauan." lanjut Huff

Berikut ini adalah beberapa biaya yang akan terus meningkat dan harus Anda waspadai:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Biaya yang Harus Anda Waspadai

Perjalanan Wisata Bersama Seluruh Anggota Keluarga

"Menurut saya, tradisi liburan keluarga besar, terutama ke luar negeri, mungkin akan semakin menjadi sesuatu yang tidak terjangkau oleh kelas menengah di tahun-tahun mendatang," kata David Kemmerer, pendiri dan CEO CoinLedger.

"Dalam banyak hal, saya merasa liburan keluarga tradisional sudah mulai ditinggalkan dalam beberapa dekade terakhir ini karena beberapa faktor - Covid dan inflasi adalah beberapa di antaranya."

Namun, dengan pendapatan kelas menengah yang tidak lagi sebesar dulu, ia memprediksi bahwa uang yang seharusnya bisa dihabiskan untuk perjalanan sekarang akan dihabiskan untuk perumahan dan kebutuhan lainnya.

Mobil Baru

Menurut Melanie Musson, seorang spesialis keuangan dari Clearsurance, kelas menengah tidak akan mampu membeli mobil baru dalam waktu dekat.

"Harga kendaraan telah meningkat secara dramatis dalam empat tahun terakhir dan kemungkinan akan terus menjadi lebih mahal," katanya. "Fitur keselamatan, teknologi otonom, dan baterai mobil listrik berkontribusi terhadap kenaikan harga."

Biaya Sekolah Swasta

Menurut Jake Hill, CEO DebtHammer, jika inflasi dan permintaan yang tinggi terus berlanjut pada tingkat saat ini, kelas menengah tidak akan mampu membayar biaya sekolah swasta selama lima tahun ke depan.

"Biaya sekolah terus meningkat selama bertahun-tahun," tambahnya, "dan kemungkinan besar mereka akan melampaui pendapatan kelas menengah dalam waktu dekat."

Dia menyatakan bahwa hal ini terutama benar ketika mempertimbangkan total biaya hidup untuk keluarga kelas menengah, termasuk biaya perumahan yang terus meningkat.

 

 

 

3 dari 6 halaman

Kepemilikan Properti

"Sejujurnya, dengan keadaan yang terjadi, hipotek atau pembelian rumah mungkin merupakan sesuatu yang tidak akan mampu dilakukan oleh kelas menengah dalam lima tahun mendatang," ujar CEO Credit Summit, Carter Seuthe.

Dia menyatakan, masih sulit untuk mendapatkan penawaran yang disetujui untuk sebuah rumah, terutama di daerah-daerah dengan permintaan tinggi di negara ini, kecuali jika Anda menawar jauh di atas harga yang diminta, mengesampingkan elemen-elemen penting dalam pemeriksaan dan penjualan, menawarkan secara tunai, dan sebagainya.

"Saya bisa melihat bahwa memiliki rumah akan menjadi sesuatu yang semakin jauh dari jangkauan masyarakat kelas menengah," ia menambahkan.

Dalam hal kepemilikan properti, David Brillant, seorang pengacara pajak, perwalian, dan real estat di Brillant Law Firm di California, merekomendasikan untuk terus memperhatikan real estat.

"Dengan penyesuaian baru-baru ini dalam undang-undang pajak properti, seperti yang dipicu oleh Proposisi 19 [di California], dan potensi perubahan pada kredit terpadu terhadap pajak perkebunan dan hadiah," ujar dia.

"Ada kekhawatiran nyata bahwa memiliki dan mewariskan properti akan menjadi semakin sulit bagi kelas menengah."

"Pekerjaan saya dengan klien dalam menavigasi perubahan pajak ini telah menggarisbawahi betapa signifikannya beban keuangan, terutama dengan pengurangan yang diusulkan dalam kredit terpadu, membuat hadiah substansial menjadi lebih menarik dalam waktu dekat."

 

4 dari 6 halaman

Biaya Perawatan Kesehatan

Para ahli juga merekomendasikan untuk memperhatikan biaya perawatan jangka panjang dan biaya perawatan kesehatan.

"Biaya-biaya ini terus meningkat, melebihi tingkat inflasi umum selama bertahun-tahun, dan tidak ada tanda-tanda tren ini akan berubah," kata Mike Kojonen, perencana keuangan dan pemilik Principal Preservation Services.

Ia menyatakan bahwa banyak keluarga kelas menengah yang mungkin tidak siap dengan beban keuangan untuk perawatan jangka panjang, baik untuk diri mereka sendiri maupun orang tua mereka yang sudah lanjut usia.

"Pekerjaan saya dengan para klien telah menggarisbawahi pentingnya mengintegrasikan perencanaan perawatan kesehatan ke dalam strategi pensiun yang komprehensif," tambahnya. "Tanpa perencanaan yang tepat, keterjangkauan layanan perawatan jangka panjang yang diperlukan dapat menjadi tantangan yang signifikan, yang berpotensi menguras tabungan pensiun sebelum waktunya."

 

5 dari 6 halaman

Waktu Luang

Bagi individu yang berencana untuk pensiun dalam lima tahun ke depan, Kojonen merekomendasikan untuk mempertimbangkan waktu luang dan perjalanan di masa pensiun.

"Bagi banyak orang, keinginan untuk menjelajahi dan menikmati kegiatan santai merupakan bagian utama dari impian masa pensiun mereka."

Namun, dengan meningkatnya biaya dan tekanan inflasi yang memengaruhi segala hal, mulai dari perjalanan hingga penginapan dan makanan, ia percaya bahwa apa yang dulunya dianggap sebagai tujuan yang layak bagi kelas menengah akan segera menjadi sebuah kemewahan.

"Pergeseran ini dapat menyebabkan penyesuaian yang diperlukan dalam perencanaan pensiun, menekankan perlunya membangun strategi tabungan yang lebih kuat untuk mengakomodasi biaya liburan dan perjalanan yang lebih tinggi."

 

6 dari 6 halaman

Investasi Aman untuk Pensiunan

Menurut Kojonen, definisi investasi yang "aman" juga dapat berubah.

"Secara tradisional," lanjutnya, "obligasi dan pendapatan tetap telah dipandang sebagai landasan portofolio pensiunan, yang memberikan pendapatan dan stabilitas."

Namun, dengan suku bunga yang berada di rekor terendah dan inflasi yang terus meningkat, ia percaya bahwa imbal hasil riil dari investasi-investasi ini tidak akan dapat mengimbangi inflasi.

"Kenyataan ini menimbulkan risiko bagi kelestarian daya beli bagi banyak pensiunan kelas menengah," lanjutnya. "Dalam memberikan saran kepada nasabah, menjadi semakin penting untuk mengeksplorasi strategi investasi yang terdiversifikasi yang dapat menawarkan pertumbuhan dan perlindungan terhadap inflasi, untuk memastikan tabungan pensiun mereka dapat mendukung gaya hidup dan tujuan mereka."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.