Sukses

MRT Jakarta Sebar Promo Tiket Cuma Rp 243, Mau Tahu Cara Dapatnya?

Promo tarif MRT Jakarta Rp 243 ini dapat mendorong minat masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi umum. Sehingga, dapat mengurangi kemacetan di jalanan ibu kota Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - PT MRT Jakarta (Perseroda) telah lima tahun beroperasi. Untuk merayakannya, MRT Jakarta memberikan program khusus tarif Rp 243 selama perayaan Festival Hari MRT yang berlangsung pada 23 Maret sampai 24 Maret 2024. 

Direktur Utama PT MRT Jakarta Tuhiyat menjelaskan, promo tarif MRT Jakarta Rp 243 ini merupakan bentuk apresiasi terhadap penumpang. Selama ini banyak warga Jakarta lebih memilih menggunakan MRT Jakarta sebagai moda transportasi dibanding dengan kendaraan pribadi.

Saat ini jumlah pengguna MRT Jakarta terus mengalami peningkatan paca dicabutnya status pandemi covid-19.

"Saat ini, penumpang berkisar di antara 91.000 penumpang 92.000 penumpang dan dalam empat bulan terakhir kita di atas 100.000 penumpang per hari," kata Tuhiyat dalam konferensi pers Hari MRT 2024 di Jakarta, Sabtu (23/3/2024).

Tuhiyat berharap promo tarif Rp 243 ini dapat mendorong minat masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi umum. Sehingga, dapat mengurangi kemacetan di jalanan ibu kota Jakarta.

"Artinya sedikit demi sedikit kita ingin mendorong perilaku publik untuk masuk ke arah yang lebih baik contohnya kita dorong yang tadinya menggunakan privater masuk ke transportasi publik," ucap Tuhiyat.

Berikut syarat dan ketentuan program promo tarif MRT Jakarta Rp 243:

  1. Periode program berlangsung pada tanggal 23 - 24 Maret 2024
  2. Pengguna blu yang melakukan transaksi pembelian tiket pada aplikasi MyMRTJ dapat membeli tiket MRT-J dengan Harga Promo Rp 243
  3. Program berlaku untuk pembayaran tiket MRT-J menggunakan metode pembayaran blu
  4. Promo berlaku 1x/user/hari
  5. Kuota promo terbatas
  6. BCA Digital & PT MRT Jakarta setiap saat berhak untuk melakukan analisis terhadap kewajaran transaksi dan berhak untuk membatalkan transaksi dan/atau menghentikan.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

MRT Jakarta Angkut 3,16 Juta Penumpang Sepanjang Januari 2024

Sebelumnya, PT MRT Jakarta mencatat sebanyak 3.163.357 penumpang menggunakan layanan MRT sepanjang Januari 2024 sebagai salah satu pilihan moda transportasi publik di ibu kota.

"Pada Januari 2024, total sebanyak 3.163.357 orang menggunakan layanan MRT Jakarta dengan rata-rata 102.041 orang per hari," kata Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta Ahmad Pratomo, dilansir dari Antara, Minggu (11/2/2024).

Ahmad menuturkan capaian tersebut menunjukkan kenaikan dari rata-rata jumlah penumpang bulan sebelumnya, atau Desember 2023, yang sebanyak 98.341 orang per hari. Adapun ketepatan waktu tempuh, kedatangan, dan berhenti ratangga tercatat konsisten mencapai 99,9 persen.

Lebih lanjut, saat hari kerja Senin hingga Jumat, rata-rata sebanyak 116.340 orang menggunakan layanan MRT Jakarta.

Adapun untuk mendorong kenaikan jumlah penumpang, MRT Jakarta bekerja sama dengan berbagai pihak terutama dari industri pariwisata seperti sektor kuliner, aktivitas, hingga pusat perbelanjaan, kesehatan, pendidikan, serta melakukan promo tiket di sejumlah tempat wisata.

Tak hanya itu, badan usaha milik daerah (BUMD) itu juga berkolaborasi dengan sejumlah operator transportasi publik pengumpan (feeder) untuk mendorong peningkatan angka keterangkutan (ridership).

"Terbaru, PT MRT Jakarta (Perseroda) bekerja sama dengan Damri untuk menyediakan layanan pengumpan dari PIK 2 menuju Stasiun Blok M BCA," ungkap Ahmad.

3 dari 3 halaman

Sampaikan Ucapan Terima Kasih

Menurutnya, kehadiran angkutan pengumpan akan berdampak tidak saja terhadap kenaikan angka keterangkutan, namun juga mendorong kebudayaan menggunakan platform berbagi kendaraan (ride sharing).

PT MRT Jakarta (Perseroda) pun menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah menaruh kepercayaan terhadap layanan MRT Jakarta dan mitra-mitra pengumpan sehingga diharapkan lebih banyak orang yang menggunakan transportasi publik tersebut dalam mobilitas sehari-hari.

Sebelumnya, PT MRT Jakarta (Perseroda) menyebutkan pembangunan CP 201 Fase 2A Stasiun Thamrin dan Monas per 25 Januari 2023 telah mencapai 68,79 persen.

"Per 25 Januari 2023, perkembangan pembangunan telah mencapai 68,79 persen," kata Kepala Divisi Corporate Secretary PT MRT Jakarta (Perseroda) Ahmad Pratomo kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.