Sukses

Tes Bahasa Inggris Rekrutmen Bersama BUMN Dianggap Sulit, Ini Tanggapan FHCI

Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Alexandra Askandar merespons keluhan peserta program rekrutmen bersama BUMN mengenai tingkat kesulitan Tes Bahasa Inggris.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Alexandra Askandar mengatakan, pembukaan lowongan kerja lewat Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) dilaksanakan mulai 23 Maret 2024. Alexandra turut merespons keluhan peserta program tersebut tahun lalu. 

Salah satu yang dikeluhkan adalah tingkat kesulitan Tes Bahasa Inggris (TBI) dalam Rekrutmen Bersama BUMN. Untuk itu, pihaknya telah melakukan evaluasi.

"Tes Bahasa Inggris tadi saya sampaikan bahwa kita melakukan evaluasi berdasarkan masukan para peserta dari RBB tahun-tahun sebelumnya," kata Alexandra Askandar, dalam konferensi pers Rekrutmen Bersama BUMN Tahun 2024, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Ia menjelaskan, dalam evaluasi tes bahasa inggris ini pihaknya tidak akan menurunkan standar tes, melainkan akan disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan BUMN.

"Untuk bahasa Inggris ini kita tentunya akan melihat kembali, tapi bukan berarti kita akan menurunkan standar. Karena kita menggunakan benchmark. Karena kalau bicara bahasa Inggriskan sesuatu yang bersifat umum, bukan hanya di tes RBB," ujar dia.

"Jadi, tentunya hal ini kita akan lihat kembali, dan tetap akan memperhatikan kepentingan dari masing-masing BUMNsecara keseluruhan dan tetap menggunakan benchmark yang ada di luar," tambahnya.

Sekjen Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN, Dharma Syahputra menambahkan, pihaknya sangat memperhatikan masukan dari peserta RBB tahun sebelumnya yang mengeluh terkait tes bahasa inggris yang cukup sulit.

"Bahasa inggris, kita sangat memperhatikan masukan-masukan yang ramai teman-teman di media, yang menyatakan sulit sekali dan sebagainya. Jadi memang tes bahasa Inggris ini kita susun pertama spesifik untuk kebutuhan BUMN. Karena itu tentu sesuai dengan yang kita butuhkan," pungkas Dharma.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kuota Lowongan Program RBB

Sebelumnya, diberitakanKementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyiapkan kuota sebanyak 1.830 orang untuk program Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) tahun 2024.

"Pada rekrutmen bersama tahun 2024 ini jumlah BUMN yang turut berpartisipasi ada sebanyak lebih dari 100 BUMN, dengan menyediakan lapangan kerja sebanyak 688 lowongan dan 1.830 posisi," kata Ketua Umum FHCI, Alexandra Askandar, dalam konferensi pers Rekrutmen Bersama BUMN Tahun 2024, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Adapun pendaftaran program RBB dibuka mulai besok 23 Maret 2024 hingga 1 April 2024. Peserta program Rekrutmen BUMN 2024 terbuka bagi jenjang pendidikan SMA/sederajat, D3, S1, hingga S2.

"Pada pelaksanaan RBB 2024 ini kami akan mulai membuka pendaftaran di tanggal 23 Maret 2024 yaitu besok," ujarnya.

Terkait persyaratan pendaftaran, bisa dicek melalui website FHCI. Untuk syarat usia bagi jenjang SMA hanya sampai 25 tahun, diploma batasnya 27 tahun, Sarjana batasnya 30 tahun, dan Magister batasnya hingga 35 tahun.

"Syarat usia nanti lengkap semua ada di web. Di mana untuk SMA di bawah atau sampai usia 25 tahun. Untuk diploma di bawah atau sampai usia 27 tahun, sarjana sampai usia 30 tahun, dan magister sampai usia 35 tahun," kata Alexandra.

 

3 dari 4 halaman

Penyempurnaan Proses Rekrutmen

Alexandra mengatakan, pihaknya sebagai penyelenggaraan RBB tahun ini, FHCI terus melakukan penyempurnaan proses rekrutmen bersama ini mulai dari tahap pendaftaran, tahap seleksi hingga nanti akhir pengumuman.

"Hal ini dilakukan dengan tetap mengedepankan kredibilitas transparansi profesionalisme, serta menjunjung Core values akhlak," ujarnya.

Dia menuturkan, hal ini ditujukan agar para peserta/para pelamar nantinya akan mendapatkan pengalaman terbaik selama proses berlangsung dan merupakan wujud tanggung jawab dari FHCI dalam memberikan dukungan kepada BUMN Group dalam mendapatkan talenta terbaik untuk memenuhi kebutuhan masing-masing BUMN.

Kata Alexandra, saat ini program rekrutmen bersama BUMN telah menjadi salah satu sarana yang diminati para pencari kerja, hal ini tercermin dari jumlah pendaftar di tahun 2022 dan 2023 yang mencapai lebih dari 2 juta.

"Antusiasme ini bukan hanya menunjukkan para pencari kerja dalam memenuhi aspirasi dan minat  dalam mencari pekerjaan tetapi juga merupakan bukti bahwa teman-teman pencari kerja ini ingin belajar bertumbuh dan berkontribusi bersama group BUMN," pungkasnya.

 

4 dari 4 halaman

Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Dibuka Besok 23 Maret, Siap-Siap!

Sebelumnya diberitakan, Program Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2024 akan dibuka mulai besok 23 Maret 2024 hingga 1 April 2024. Peserta program Rekrutmen BUMN 2024 terbuka bagi jenjang pendidikan SMA/sederajat, D3, S1, hingga S2.

"Pada pelaksanaan RBB 2024 ini kami akan mulai membuka pendaftaran di tanggal 23 Maret 2024 yaitu besok," kata Ketua Umum FHCI, Alexandra Askandar, dalam konferensi pers Rekrutmen Bersama BUMN 2024, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Alexandra menjelaskan, untuk tahapan seleksi RBB akan dilakukan beberapa tes, diantaranya tes kemampuan dasar, tes akhlak, tes bahasa Inggris. Selain itu, FHCI juga menambahkan tes wawasan kebangsaan dan learning agility  kemudian dilanjutkan dengan tahap seleksi terakhir di masing-masing perekrutan, yaitu tes kemampuan bidang.

"Insyaallah hal ini dapat terlaksana dengan lancar diharapkan nanti pengumuman akhir dilakukan di bulan Juli 2024," ujar dia.

Adapun pada RBB tahun 2024 ini, kata Alexandra jumlah BUMN yang berpartisipasi lebih dari 100 BUMN dengan lapangan kerja yang tersedia sebanyak 688 lowongan dan 1.830 posisi.

"Dalm mendorong inklusivitas dan kesetaraan kami menjaga konsistensi untuk terus membuka peluang yang sama bagi seluruh individu dengan berbagai latar belakang dalam hal ini untuk pendidikan dibuka mulai dari untuk SMA atau yang sederajat hingga S2 kemudian fresh graduate maupun juga yang experience hire," ujarnya.

Buka Kesempatan bagi Kalangan Disabilitas

Disamping itu, FHCI juga kembali memberikan kesempatan membuka program RBB untuk kalangan disabilitas. Namun, mekanisme rekrutmennta akan dilakukan terpisah dari rekrutmen reguler.

"Alhamdulillah kembali kita memberikan kesempatan untuk teman-teman disabilitas untuk ikut di dalam program rekrutmen bersama BUMN 2024 ini,  khusus buat teman-teman disabilitas mekanisme rekrutmen nya dilakukan terpisah dari rekrutmen reguler yang mana kami akan menyediakan informan yang nyaman buat teman-teman penyandang disabilitas," pungkas Alexandra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.