Sukses

Prabowo-Gibran Dinilai Bakal Lanjutkan Program Jokowi, Ini Daftarnya

Sekretaris Jenderal Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Anggawira menilai pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan sejalan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hilirisasi hingga misi lumbung pangan dinilai jadi salah satunya.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Anggawira menilai pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan sejalan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hilirisasi hingga misi lumbung pangan dinilai jadi salah satunya.

Anggapan ini menyusul hasil keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas unggulnya Calon Presiden Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Prabowo-Gibran unggul atas lebih dari 90 juta suara dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024.

Anggawira mengatakan, pemerintahan 2024-2029 nanti akan melanjutkan program yang sudah dibuat oleh Jokowi dalam 10 tahun terakhir.

"Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya dan secara konsisten disampaikan bahwa apa-apa yang dijalankan oleh pak Prabowo dan mas Gibran adalah suatu hal yang melanjutkan apa yang sudah disampaikan oleh pak Jokowi dalam 10 tahun terakhir ya," kata Anggawira kepada Liputan6.com, Kamis (21/3/2024).

Setidaknya ada 3 poin yang jadi sorotannya. Pertama, proyek infrastruktur di berbagai titik di Indonesia. Kedua, komitmen hilirisasi mineral dan bahan lainnya. Ketiga, adanya misi Indonesia jadi lumbung pangan dunia.

"Pastinya melanjutkan pembangunan infrastruktur lalu memantapkan program hilirisasi dan yang terpenting adalah bagaimana Indonesia menjadi sumber kekuatan lumbung pangan dunia," ungkapnya.

Diketahui, proyek infrastruktur yang akan ditinggalkan Jokowi salah satunya adalah Ibu Kota Nusantara (IKN). Pada sisi hilirisasi, ada hilirisasi nikel dan berlanjut akan ke bauksit sampai timah. Tak lupa bahan-bahan selain tambang tadi.

Kemudian, pada sektor lumbung pangan, salah satu program andalannya adalah food estate yang dimulai di Kalimantan dan rencananya akan diperluas ke daerah lain.

"Nah ini yang saya lihat juga akan secara masif dijalankan oleh pemerintahan Prabowo-Gibran," tegasnya.

Jalankan UU Cipta Kerja

Lebih lanjut, Ketua Umum Relawan Pengusaha Nasional (Repnas) yang mendukung Prabowo-Gibran itu juga melihat penegakan Undang-Undang Cipta Kerja.

Dia berharap, Prabowo-Gibran bisa menjalankan UU Cipta Kerja ke aspek-aspek teknis. Harapannya, bia memberikan kepastikan pada iklim usaha di dalam negeri. "Tentunya yang menjadi perhatian utama itu iklim usaha, bagaimana omnibus law (UU Cipta Kerja) yang sudah ada bisa diturunkan dalam hal-hal yang lebih praktis," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prabowo Subianto Menang Pilpres 2024, Investor Khawatir

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menuntaskan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional untuk 38 provinsi se-Indonesia dengan hasil pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh suara terbanyak.

Dengan keputusan ini, maka program makan siang gratis yang digagas oleh Prabowo Subianto kemungkinan besar akan dijalankan sebagai langkah menjalankan janji politik. Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira mengatakan, kebijakan makan siang gratis untuk pelajar ini dikhawatirkan para investor maupun pelaku usaha.

Kekhawatiran tersebut karena program ini dapat meningkatkan rasio utang. "Pertanyaannya, bagaimana membiayai program makan siang gratis? Di sini timbul kekhawatiran dari investor dan pelaku usaha rasio utang naik," kata Bhima saat dihubungi Merdeka.com di Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Investor maupun pelaku usaha juga khawatir potensi adanya kenaikan pajak di era pemerintah Prabowo untuk membiayai program makan siang gratis. Khususnya kenaikan pajak yang menyasar kelompok masyarakat ekonomi menengah.

"Pendapatan pajaknya akan menyasar kelompok menengah," ujarnya.

 Oleh karena itu, Bhima meminta tim ekonomi pasangan Prabowo-Gibran untuk menyusun postur APBN yang kuat di tengah perlambatan ekonomi global. Apalagi, saat ini sejumlah harga komoditas andalan ekspor Indonesia tengah mengalami tren penurunan harga.

"Jadi, kita perlu juga makin mendapat rencana fiskal atau postur anggaran yang clear dari pemerintahan baru, dimana risiko dan strategi yang harus dibenahi dari sekarang. Kalau sampai disiplin fiskal nya turun, rating utang bisa downgrade (menurun) dan timbulkan masalah serius," bebernya.

3 dari 4 halaman

KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Pemenang Pilpres 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menggelar agenda penetapan hasil Pemilu 2024 usai menuntaskan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional untuk 38 provinsi se-Indonesia.

Hasilnya, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh suara terbanyak.

“Menetapkan hasil pemilihan umum presiden dan wakil presiden secara nasional berdasarkan berita acara nomor 218/PL.01.08-BA/05/2024 dalam pemilihan Umum Tahun 2024,” tutur Ketua KPU Hasyim Asyari di KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024).

Adapun penetapan hasil Pemilu 2024 menetapkan untuk paslon nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih sebanyak  40.971.906 suara.

Kemudian paslon nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapatkan 96.214.691 suara.

Selanjutnya paslon nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud Md memperoleh 27.040.878 suara. Adapun jumlah suara sah sendiri sebanyak 164.227.475

4 dari 4 halaman

Tutup Rekapitulasi Suara Nasional Pemilu 2024, Prabowo-Gibran Menang di Papua

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional hari ke-22, dengan Provinsi Papua sebagai yang terakhir.

Hasilnya, suara terbanyak diperoleh untuk pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres dan cawapres) nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Bismillah sah," tutur Ketua KPU Hasyim Asyari di KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024).

Hasil rekapitulasi suara nasional Provinsi Papua secara rinci adalah untuk paslon nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih sebanyak 67.592 suara, paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebanyak 378.908 suara, dan paslon nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md dengan 178.534 suara.

Ada pun jumlah suara sah sendiri sebanyak 625.034, jumlah suara tidak sah sebanyak 59.471. Total keseluruhan suara, baik yang sah dan tidak sah adalah 684.505 suara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini