Sukses

Kemudahan Pembayaran Digital Bantu Indonesia Capai Target Literasi Keuangan

Tahun 2024 yang dicanangkan sebagai era pertumbuhan literasi keuangan digital oleh pemerintah disambut bagi pelaku usaha di sektor keuangan.

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2024 yang dicanangkan sebagai era pertumbuhan literasi keuangan digital oleh pemerintah disambut hangat oleh PT Tri Usaha Berkat. Guna mewujudkan target tersebut, melalui LinkQu sebuah platform keuangan digital, pihaknya berkomitmen untuk memperluas target transaksi dengan bermitra bersama beberapa perusahaan keuangan.

Untuk itu, dengan menggandeng Bank OCBC NISP sebagai salah satu mitra strategis, LinkQu perusahaan yang bergerak di bidang layanan keuangan dan berharap bisa meningkatkan jumlah dana transaksi di tri semester 2024 hingga mencapai puluhan milyar.

“Kami menyambut baik kerja sama dengan Bank OCBC NISP sebagai salah satu mitra strategis kami untuk bersama-sama berkembang di 2024 untuk meningkatkan kemudahan pembayaran digital di bidang keuangan. Dimana OCBC NISP sebagai salah satau bank terkemuka di Asia Tenggara dan Indonesia tentunya akan memberikan kemudahan bagi pengguna LinkQu untuk terus berkembang memberikan kemudahan pada pelanggan,” ungkap CEO LinkQu Reza Ishaq Maulana dikutip Minggu (17/3/2024).

Melalui sinergi tersebut, para pengguna LinkQu bisa bertransaksi dengan LinkQu menggunakan Virtual Account dari Bank OCBC NISP. Kerja sama ini tentunya terus memperkuat base market sekaligus pelayanan kepada pengguna LinkQu sebagai komitmen untuk mendukung kemudahan transaksi keuangan secara digital.

Reza juga mengungkapkan, kerja sama ini adalah untuk mewujudkan kemudahan pemanfaatan teknologi digital, yang mendorong seluruh platform layanan keuangan menjadi semakin mudah untuk diakses di mana pun, kapan pun, dan oleh siapa pun.

"Ini tentu bentuk sinergi positif bagi kedua pihak, di mana antara LinkQu dan Bank OCBC NISP memiliki kesamaan visi untuk meningkatkan literasi kemudahan pembayaran keuangan secara digital. Dimana para pengguna LinkQu juga banyak bertransaksi bersama Bank OCBC NISP,” imbuh Reza tentang salah satu tujuan kerja sama tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsep Pembayaran

Dimana masyarakat di era digital membutuhkan konsep pembayaran yang terintegrasi, cepat sekaligus aman dalam berbagai kebutuhan keuangan. Jadi kerja sama ini adalah untuk menjawab kebutuhan yang ada di masyarakat. Selain itu melalui LinkQu menjadi kontribusi perusahaan untuk mengembangkan ekosistem kuangan digital di Indonesia.

“Tentunya kami berharap ke depan bisa bekerja sama lebih banyak dengan berbagai institusi keuangan Sehingga kami ke depan bisa menggandeng kerja sama lebih banyak dengan berbagai institusi keuangan," kata Reza tentang kerja sama secara lebih luas.

Pihaknya menyebut aaplikasi LinkQu dari 100 ribu pelanggan, baik dari platform Playstore dan maupun App Store dan jumlah ini terus meningkat.

"Tentunya jumlah tersebut akan teruse bertambah seiring bertambahnya fitur dan fasilitas yang tersedia. Dimana dana transfer harian yang kami kelola telah mencapai milyaran setiap harinya, tentunya ke depan LinkQu akan terus bertransformasi menjadi bagian dari keuangan digital masyarakat Indonesia,”pungkas Reza optimis target 2024 menjadi tahun sukses keuangan digital Indonesia

3 dari 4 halaman

Melihat Tren Layanan Jasa Keuangan di 2024

Sebelumnya, jelang tutup tahun 2023 aplikasi LinkQu terus melahirkan inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Kali ini, LinkQu menggandeng PT Bank Maybank Indonesia, Tbk atau Maybank Indonesia.

Tujuan kerja sama ini tentunya akan semakin memperluas ekosistem pembayaran bagi nasabah dalam penyediaan layanan transfer ke virtual account Maybank. Kerja sama ini semakin memperkuat posisi LinkQu sebagai perusahaan finansial untuk meningkatkan literasi keuangan, pembayaran digital serta berbagai layanan terkait.

“Kami menyambut baik kerja sama dengan Maybank sebagai salah satu bank terkemuka di Indonesia dan Asean untuki bisa berkolaborasi meningkatkan layanan keuangan kepada pelanggan LinkQu. Sehingga kerja sama ini bisa meningkatkan basis layanan secara lebih luas dan menjangkau lebih banyak pengguna, baik secara personal maupun industry,” papar Didin Noor Ali Chief Executive Officer PT Tri Usaha Berkat yang menaungi LinkQ.

Melalui kerja sama dengan Maybank, LinkQu memiliki aspirasi yang kuat untuk menyediakan solusi dan layanan keuangan yang relevan dan inovatif untuk memenuhi kebutuhan nasabah melalui berbagai produk.

Mengingat pada 2024 persaingan dunia financial technology cukup kompetitif dimana market dan pelanggan membutuhkan layanan keuangan yang lebih lengkap, cepat serta dukungan dari beberapa lembaga keuangan yang cukup bisa saling bersinergi.

“Kerja sama LinkQu dengan Maybank tentunya menambah base dukungan dengan bank terkemuka Indonesia dengan caliber internasional tentunya menambah komitmen kami untuk menargetkan lebih banyak pelanggan di 2024,” papar Didin

 

4 dari 4 halaman

Basis Pelanggan

Dia menargetkan meraih kenaikan dobel digit pelanggan dari tahun 2023 yang telah mencapai angka puluhan ribu. LinkQu sendiri mulai beroperasi pada akhir 2020, dan saat ini telah memiliki basis pelanggan sebesar lebih dari 30.000 pengguna perorangan dan lebih dari 150 pengguna bisnis. Sehingga ke depan aplikasi LinkQu terus memperdalam sinergi dalam ekosistem pembayaran digital yang lebih luas dan lebih mudah.

Pengguna aplikasi LinkQu kini bisa menikmati fasilitas transfer antar bank dari/ke rekening giro atau tabungan May Bank dengan hemat bahkan gratis – tentunya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Melalui LinkQu, pengguna dapat melakukan transfer dana ke virtual account May Bank dari berbagai bank dengan biaya lebih rendah.

Komitmen Wujudkan Literasi Keuangan Digital Tanah AirDidin Noor Ali, juga menambahkan Indonesia merupakan negeri yang besar, dan dewasa ini sedang mengalami kemajuan luar biasa. Hal ini antara lain didorong oleh pemanfaatan teknologi keuangan yang sangat besar.

Sehingga 2024 menjadi peluang yang sangat terbuka untuk meningkatkan literasi keuangan secara lebih luas sekaligus meningkatkan ekonomi digital di tanah air.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.