Sukses

Harga Pangan Kompak Naik di Minggu Pertama Ramadhan 2024, Ayam Tembus Rp 43 Ribu per Kg

Di minggu pertama bulan Ramadhan 2024 ini, sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan harga. Kenaikan ini terjadi di berbagai tempat, salah satunya di Pasar Kukun yang terletak di Kabupaten Tangerang, Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Di minggu pertama bulan Ramadhan 2024 ini, sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan harga. Kenaikan ini terjadi di berbagai tempat, salah satunya di Pasar Kukun yang terletak di Kabupaten Tangerang, Banten. 

Kenaikan tersebut salah satunya terjadi di komoditas bumbu dapur seperti cabai merah keriting, cabai rawit, dan bawang putih. Cabai merah keriting melonjak naik ke harga Rp 70 ribu per kilogran (kg). Harga ini merupakan kenaikan dari harga sebelumnya, yaitu Rp 65 ribu per kg. 

Tidak hanya cabai merah keriting yang mengalami lonjakan harga, lonjakan harga juga terjadi pada cabai rawit. Harga cabai rawit juga naik ke harga Rp 70 ribu per kg dari harga sebelumnya, yaitu Rp 65 ribu per kg.

“Kalo cabai merah sama cabai rawit emang udah naik sih. Kemarin mah Rp 65 ribu sekarang udah melonjak ke Rp 70 ribu” ujar Hamdani (50) saat diwawancara oleh Liputan6.com.

Sementara itu, terjadi perbedaan kondisi harga di komoditas bawang merah dan bawang putih. Bawang putih mengalami kenaikan harga dari Rp 35 ribu per kg  ke Rp 40 ribu per kg sementara bawang merah masih stagnan di harga Rp28 ribu per kg.

“Untuk bawang sendiri, yang bawang merah ini masih stabil di harga Rp 28 ribuan lah per kg. Nah kalau bawang putih sekarang naik ke Rp 40 ribu padahal kemarin masih Rp 35 ribuan,” ucap Hamdani yang sedang merapikan dagangannya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Telur Turun Tipis

Berbeda dengan bumbu dapur dimana berbagai komoditasnya mengalami kenaikan harga, sembako mengalami stagnasi harga, bahkan mengalami penurunan. Penurunan harga terjadi pada komoditas telur ayam yang dijual dengan harga Rp 31.500 per kg setelah sebelumnya dipatok seharga Rp 32.000 per kg. 

“Iya, ini harganya turun dikit ke Rp 31.500. Kemarin, harganya bisa sampai Rp 32 ribuan,” ujar Ivan (30) sembari menunjuk-nunjuk telur ayam dagangannya.

Namun meskipun turun, harga telur ayam ini masih mahal karena biasanya di kisaran Rp 25 ribu per kg. 

Lonjakan harga masih tetap terjadi di komoditas lain seperti minyak curah. Harga minyak curah semakin melonjak hingga menyentuh Rp 18 ribu per kg setelah sebelumnya hanya berada di kisaran Rp 16 ribu per kg.

“Saya jadi tidak bisa menjual minyak curah karena semakin mahal modalnya,” keluh Ivan (30).

3 dari 3 halaman

Harga Daging Sapi

Perbedaan harga sesama jenis komoditas juga terjadi di jenis daging. Komoditas daging sapi mengalami kestabilan harga di kisaran Rp140 ribu per kg dengan kondisi yang fresh

“Kalo daging sapi fresh ini harganya masih di kisaran Rp 140 ribu per kilonya. Masih stabil dan ini dagingnya fresh,” ujar Iwan (17) yang sedang memotong daging sapi untuk dibungkus. 

Sementara itu, daging ayam broiler mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Harga daging ayam per kg mencapai Rp 43 ribu setelah sebelumnya hanya dipatok Rp 38 ribu. 

“Daging ayam emang lagi naik-naiknya. Sekarang mah sekilo harganya Rp 43 ribu. Kemarin mah sekilo cuma Rp 38 ribu doang,” keluh Maghfiroh (29) sembari memotong-motong ayam menjadi beberapa bagian. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini