Sukses

Pelindo Raih 2 Penghargaan BCOMSS 2024

Ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024 dihadiri langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir, sejumlah pimpinan BUMN, pakar CSR, serta perwakilan beberapa media di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo meraih dua penghargaan bergengsi dalam ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024 yang diselenggarakan Kementerian BUMN. Penghargaan tersebut menjadi bukti nyata komitmen Pelindo dalam mendukung pembangunan sosial dan lingkungan yang berkelanjutan di Indonesia.

 

Pelindo berhasil memenangkan predikat gold (terbaik) untuk kategori Community Involvement & Development (CID) Pendidikan. Pada kategori ini, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendapatkan penghargaan silver, yang disusul PT Hutama Karya (Persero) dengan penghargaan bronze.

 

Sementara itu, Department Head Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo, Febrianto Zenny mendapatkan penghargaan silver untuk kategori TJSL Agent of the Year.

Selain kedua penghargaan tadi, Pelindo masuk sebagai nominator Best of The Best TJSL BUMN. Pencapaian ini menegaskan posisi Pelindo sebagai salah satu BUMN terdepan dalam hal inovasi program keberlanjutan.

Ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024 dihadiri langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir, sejumlah pimpinan BUMN, pakar CSR, serta perwakilan beberapa media di Tanah Air.

Pelindo sendiri diwakili oleh Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Mega Satria yang mewakili Direktur Utama, dan Department Head Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), Febrianto Zenny.

“Tentunya semua penghargaan ini akan menjadi dorongan bagi kami untuk terus meningkatkan kinerja, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan,” kata Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Mega Satria, Jumat (8/3/2024).

Tanggung Jawab Sosial

Department Head Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo, Febrianto Zenny, mengaku dirinya merasa bersyukur atas penghargaan yang diterima sebagai TJSL Agent of the Year.

“Ini sekaligus penghargaan bagi seluruh tim, yang telah bekerja keras memberikan inovasi dalam mewujudkan program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang berkelanjutan," ujarnya.

BCOMSS 2024 merupakan bentuk apresiasi Kementerian BUMN atas kinerja program tanggung jawab sosial dan lingkungan berkelanjutan seluruh BUMN serta anak perusahaan.

Hal ini sejalan dengan komitmen Kementerian BUMN untuk memastikan bahwa setiap BUMN mampu memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat dan lingkungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jauh Lebih Efisien, Pelabuhan Indonesia Masuk Daftar 20 Terbaik Dunia

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bongkar muat di pelabuhan semakin efisien dari waktu ke waktu. Ini disebut jadi buah dari proses transformasi yang dilakukan pada PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo.

Erick Erick Thohir menjelaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak 3 tahun lalu meminta pelabuhan di tangan BUMN menjadi berkelas dunia. Tujuannya tak lain untuk meningkatkan efisiensi dan mendorong penurunan biaya logistik nasional.

Langkah itu diawali dengan melakukan konsolidasi terhadap Pelindo I, II, III, dan IV menjadi Pelindo. Erick Thohir menegaskan pelabuhan di Indonesia kini menjadi salah satu pelabuhan terbaik dengan urutan 20 besar dunia dari semua pelabuhan di Asia Tenggara.

“Kita sudah menyaksikan hari ini misalnya bongkar muat yang tadinya 34 box sudah menjadi 20 box, yang tadi di sampaikan perlu berhari-hari dengan rata-rata 38 jam sekarang sudah menjadi 22 jam. Artinya ini percepatan yang luar biasa," ujar Erick dalam Peresmian Makassar New Port, di Makassar, Sulawesi Selatan, dikutip dari keterangan resmi, Kamis (22/2/2024).

"Kami juga terus menata 122 pelabuhan yang ada di Indonesia melalui monitoring system pelabuhan di Indonesia Timur yang terintegrasi dengan Jakarta,” imbuhnya.

 

3 dari 4 halaman

Peresmian Makassar New Port

Menteri BUMN Erick Thohir turut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam meresmikan Makassar New Port (MNP), sebuah pelabuhan besar di kawasan Indonesia Timur. Pembangunan MNP ini disebut menelan investasi sebesar Rp 5,4 triliun.

Erick mengatakan, keseluruhan angka itu ditanggung oleh PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo. Bahkan, dia menyebut, nilai investasi ini akan bertambah seiring berlanjutnya proses pengadaan di Makassar New Port. Erick turut mengapresiasi kondisi keuangan Pelindo yang semakin sehat pasca transformasi.

“Kita terus konsolidasikan dari segi keuangan Alhamdulillah profit (Pelindo) Rp 3,9 triliun dan investasi Proyek Strategis Nasional ini mandiri dari Pelindo sendiri senilai Rp 5,4 triliun dan terus bertahap sampai Rp 10 triliun,” ungkap Erick dalam peresmian Makassar New Port, di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (22/2/2024).

Pembangunan MNP Tahap 1A, 1B, dan 1C ini menyerap investasi senilai Rp 5,4 triliun dan masih berlanjut. Misalnya, adanya pengadaan peralatan bongkar muat, penambahan fasilitas dan pengembangan MNP Tahap 1D yang akan dilakukan secara bertahap sesuai kebutuhan dan pasar dengan anggaran investasi hingga Rp 10 triliun.

 

4 dari 4 halaman

Target Pelabuhan Internasional

Erick menegaskan, hadirnya Makassar New Port menjadi salah satu mendorong pelabuhan di Indonesia berkelas dunia. Ini juga jadi kerja sama lintas kementerian, Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR.

Targetnya menghadirkan 3 pelabuhan internasional dengan mengintegrasikan infrastruktur di sekitarnya dan beberapa kawasan industri untuk menjadi bagian dari ekosistem pelabuhan.

MNP juga telah dilengkapi dengan Integrated Planning dan Control Room, sebuah langkah inovatif untuk memantau dan mengontrol layanan kapal, terminal, peti kemas, dan logistik secara terpusat. Transformasi ini bertujuan meningkatkan efisiensi layanan dan mendukung daya saing logistik nasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kementerian BUMN merupakan kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembinaan badan usaha milik negara (BUMN).

    Kementerian BUMN

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • pelindo