Sukses

Minggu Depan Puasa, Harga Pangan Makin Menggila

Menjelang bulan Ramadhan, kenaikan bahan pangan terpantau terjadi di sejumlah daerah, termasuk di Pasar Kukun yang terletak di Kabupaten Tangerang, Banten. Kenaikan harga terjadi di berbagai komoditas, salah satunya di komoditas bumbu seperti bawang putih, cabai merah keriting, dan cabai rawit merah.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang bulan Ramadhan yang akan mulai pada pekan depan, kenaikan harga pangan terpantau terjadi di sejumlah daerah, termasuk di Pasar Kukun yang terletak di Kabupaten Tangerang, Banten.

Kenaikan harga terjadi di sejumlah komoditas, salah satunya di komoditas bumbu seperti bawang putih, cabai merah keriting, dan cabai rawit merah. 

“Buat bawang dan putih harganya udah naik sampai Rp 40 ribu per kilogram (kg). Biasanya mah Rp 35 ribu udah dapat," ujar Andi (40) kepada Liputan6.com, Jumat, (8/3/2024).

Sedangkan cabai keriting merah juga mengalami kenaikan ke harga menjadi Rp 70 ribu per kg dari harga sebelumnya, yaitu Rp 65 ribu per kg di minggu lalu. Padahal harga normal cabai biasanya dikisaran Rp 30 ribu per kg hingga Rp 40 ribu per Kg.   

Tidak hanya itu, Andi juga harus menjual cabai rawit merah dengan harga serupa, yaitu Rp 70 ribu per kg dari harga sebelumnya, yaitu Rp 65 ribu per kg. 

 

“Kalo untuk cabai, emang lagi naik juga. Kalo cabai rawit harganya sekarang Rp 70 ribu per kg. Kalo kemarin Rp 65 ribu. Cabai keriting juga segitu sekarang,” ujar Andi sambil melayani ibu-ibu yang memilih sayuran yang tersedia.

 

Meskipun demikian, harga bawang merah saat ini masih stabil di kisaran Rp 28 ribu per kg. Hal ini membuat Andi sedikit lega. 

“Untuk bawang merah nih karena lagi masih banyak ya jadi harganya stabil di Rp 28 ribu per kg” ujar Andi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Minyak dan Telur Ikut-ikutan Naik

Tidak hanya harga bumbu dapur yang naik, tetapi juga harga sembako. Minyak curah melonjak ke harga Rp 16 ribu per kg, naik dari harga Rp 13 ribu. Tidak hanya itu, terjadi kelangkaan minyak curah yang terjadi di tingkat distributor.

“Minyak curah sekarang lagi naik juga nih. Kemarin mah cuma Rp13 ribu sekarang mah Rp 16 ribu. Udah gitu sekarang minyaknya juga jadi langka nih,” keluh Yuyun (53).

Tidak hanya minyak curah, telur juga mengalami kenaikan harga. Telur ayam kini menjadi Rp 30 ribu per kg setelah sebelumnya dipatok Rp 25 ribu per kg. 

“Iya nih. Harga telur ayam sekarang naik jadi Rp 30 ribu per kg. Kalau kemarin, harganya cuma Rp 25 ribu per kg,” keluh Iti (54). 

Akan tetapi, harga minyak kemasan masih stabil di harga Rp 33 ribu per dua liter.

“Untuk minyak kemasan yang kayak gini masih stabil lah di harga Rp 33 ribu. Ini satu kemasan isinya dua liter,” ujar Iti sambil memegang minyak kemasan milik sebuah merk. 

3 dari 3 halaman

Ayam dan Daging Sapi Makin Mencekik

komoditas daging-dagingan terpantau naik harga juga, terutama daging ayam dan daging sapi. Daging ayam broiler mengalami kenaikan hingga Rp 37 ribu per kg setelah bertahan di harga Rp 35 ribu per kg. 

“Kalo ayam disini harganya Rp 37 ribu per kg. Kemarin harganya mah Rp 35 ribu. Emang lagi naik,” kata Sarip (23) yang sedang memotong ayam yang baru saja dipotong menjadi beberapa bagian. 

Tidak hanya daging ayam, daging sapi pun mengalami kenaikan harga per kg. Harga daging sapi per kg mencapai Rp 125 ribu setelah sebelumnya bertengger di harga Rp 112 ribu. 

“Sekarang lagi naik-naiknya mas, kemarin mah Rp 112 ribu per kilo juga udah dapat, sekarang udah ngelonjak naik aja ke Rp 125 ribu per kilo,” ujar Nasrul (25) yang sedang memotong babat sapi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini