Sukses

Rupiah Perkasa Jelang Akhir Pekan, Dipatok 15.626 per USD

Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS jelang akhir pekan menguat dipengaruhi oleh pernyataan dovish Ketua bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed terkait penurunan suku bunga acuan atau Fed Funds Rate (FFR).

Liputan6.com, Jakarta Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS menguat jelang akhir pekan. Penguatan rupiah dipengaruhi oleh pernyataan dovish Ketua bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed terkait penurunan suku bunga acuan atau Fed Funds Rate (FFR).

Pada awal perdagangan Jumat pagi, kurs rupiah dibuka naik 29 poin atau 0,18 persen menjadi 15.626 per dolar AS dari sebelumnya sebesar 15.655 per dolar AS.

"Rupiah diperkirakan akan menguat terhadap dolar AS yang melanjutkan pelemahan setelah pernyataan Powell yang dovish," kata Analis Mata Uang Lukman Leong dikutip dari Antara, Jumat (8/3/2024).

Namun, penguatan rupiah akan terbatas karena investor masih menantikan data penting Non-Farm Payroll (NFP) AS malam ini. NFP diperkirakan akan menambahkan 200 ribu pekerja, Powell mengatakan mereka sudah mendekati pemangkasan suku bunga.

Lukman memproyeksikan nilai tukar rupiah bergerak di rentang Rp15.600 per dolar AS sampai dengan Rp15.700 per dolar AS.

Kurs Rupiah Kemarin

Pada Kamis (7/3/2024), nilai tukar rupiah dibuka naik 40 poin atau 0,25 persen menjadi 15.655 per dolar AS dari penutupan perdagangan sebelumnya yang tercatat 15.705 per dolar AS.

"Dolar AS terlihat melemah terhadap mata uang utama dunia dan emerging markets. Hari ini pun, dolar AS berpeluang melemah terhadap rupiah," kata pengamat pasar uang Ariston Tjendra dikutip dari Antara.

Ariston menuturkan pernyataan Ketua bank sentral AS atau The Fed Jerome Powell di depan komite keuangan DPR semalam yang mengindikasikan peluang pemangkasan suku bunga acuan AS tahun ini memberikan sentimen negatif untuk dolar AS.

Selain itu, data tenaga kerja AS bulan Februari 2024 versi pihak swasta ADP menunjukkan pelemahan yang turut menyumbang ke pelemahan dolar AS.

Di sisi lain, sentimen positif untuk nilai tukar rupiah juga bisa datang dari partner dagang besarnya China yang akan melaporkan neraca perdagangannya yang surplusnya kemungkinan melebihi bulan sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sri Mulyani Yakin The Fed Segera Turunkan Suku Bunga

Sebelumnya, pelaku industri keuangan di seluruh dunia tengah fokus ke Amerika Serikat (AS). Semuanya tengah menunggu sinyal dan rencana ke depan penurunan suku bunga yang dilakukan oleh Bank Sentral AS atau The Fed. Termasuk juga Indonesia.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, ada harapan penurunan suku bunga di negara-negara maju termasuk Fed.

"Ada harapan bahwa suku bunga global ini maksudnya di negara-negara maju akan mulai menurun," kata Sri Mulyani dalam acara BRI Microfinance Outlook 2024 di Menara Brilian, Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Meski demikian, dia tidak mengungkap secara spesifik terkait waktu penurunan suku bunga oleh sejumlah bank sentral negara maju tersebut. Saat ini, The Fed selalu Bank Sentral Amerika Serikat (AS) masih melakukan kajian terkait potensi penurunan tingkat suku bunga.

"Dalam pertemuan G20 juga disebutkan bahwa bank sentral seperti Amerika The Fed maupun Eropa, mereka akan melihat angka inflasi dan underlying faktornya yang masih dianggap cukup tinggi dan bertahan," bebernya.

 Maka dari itu, masyarakat diimbau bersabar menanti potensi penurunan suku bunga acuan The Fed maupun bank sentral Eropa. Mengingat, laju inflasi masih menjadi pertimbangan utama dalam menurunkan tingkat suku bunga.

"Kebijakan suku bunga mereka, policy rate-nya juga mungkin masih harus menunggu sampai bisa diyakinkan inflasinya turun," jelas Sri Mulyani.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Menanti Penurunan Suku Bunga The Fed

Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,23 persen ke posisi 7.311 pada periode 26 Februari-1 Maret 2024. Penguatan IHSG terjadi di tengah aksi jual saham oleh investor asing sekitar USD 235 juta atau sekitar Rp 3,68 triliun (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.701).

Mengutip riset PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk ditulis Minggu (3/3/2024), IHSG melesat didorong sektor saham infrastruktur dan industri dengan kenaikan masing-masing 2,32 persen dan 1,12 persen.

Pada pekan ini, sejumlah rilis data ekonomi global antara lain indeks personal consumption expenditure (PCE) atau indeks pengeluaran pribadi Amerika Serikat naik 0,4 persen dari periode Januari 2024. Selain itu, Kanada catat pertumbuhan ekonomi 0,2 persen pada kuartal IV 2024, alami pemulihan dari sebelumnya kontraksi 0,1 persen yang didorong kenaikan ekspor.

Sementara itu, Jerman mencatat inflasi turun menjadi 2,5 persen pada Februari 2024 dari sebelumnya 2,9 persen. Inflasi Jerman lebih rendah dari perkiraan 2,6 persen. Adapun inflasi tersebut terendah sejak Juni 2021, dan mendekati target bank sentral Eropa 2 persen. Rendahnya inflasi Jerman dipicu inflasi makanan yang melambat dan harga energi yang menurut.

Di sisi lain, China juga menunjukkan data sektor manufaktur yang alami kontraksi. Tercatat NBS manufacturing PMI melemah menjadi 49,1 persen pada Februari 2024 dari sebelumnya 49,2 sejalan dengan harapan pasar. China alami kontraksi aktivitas pabrik ke lima kalinya seiring dampak aktivitas pabrik yang libur karena libur Tahun Baru Imlek.

Selain itu, India mencatat pertumbuhan ekonomi 8,4 persen pada kuartal IV 2024. Pertumbuhan ekonomi itu terkuat sejak kuartal II 2022.

Adapun Indonesia alami kenaikan inflasi menjadi 2,75 persen pada Februari 2024 dari sebelumnya 2,57 persen. Inflasi itu tertinggi sejak November. Inflasi yang menguat seiring kenaikan harga makanan terutama dalam tiga bulan. Namun, inflasi masih dalam target Bank Indonesia di kisaran 1,5 persen-3,5 persen pada 2024.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.