Sukses

BTPN Gandeng Fintech Lending Perluas Pembiayaan UMKM

PT Bank BTPN Tbk dan fintech lending Danai.id menjalin kerja sama channeling atau penerusan kredit

 

Liputan6.com, Jakarta PT Bank BTPN Tbk dan fintech lending Danai.id menjalin kerja sama channeling atau penerusan kredit. Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan akses pembiayaan sektor produktif bagi UMKM, sekaligus mendorong kontribusi industri fintech lending terhadap perekonomian nasional.

PT Bank BTPN Tbk, yang telah dikenal luas dengan komitmen inklusifnya terhadap UMKM, memilih Danai.id sebagai mitra strategis dalam menyalurkan pembiayaan produktif.

Dengan menggunakan teknologi fintech lending yang dimiliki Danai.id, diharapkan proses pembiayaan menjadi lebih efisien, transparan, dan dapat dijangkau oleh UMKM yang berada di berbagai daerah di Indonesia.

Penandatanganan kerja sama penerusan pinjaman atau channeling tersebut dilakukan pihak PT Bank BTPN Tbk oleh Purnomo B. Soetadi selaku Head of Retail Lending Business dan Fiandra M. Affian selaku Joint Finance Head dengan pihak PT. Adiwisista Finansial Teknologi (Danai.id) yang di wakili oleh Azhar Abdul Wahab selaku Direktur Utama Danai.id dan Irianto Gunawan selaku Direktur Bisnis Danai.id

“Kami berterimakasih mendapat kepercayaan dari Bank BTPN untuk menjadi mitra dalam penyaluran kredit produktif kepada UMKM,” ujar Azhar Abdul Wahab, ditulis, Sabtu (2/3/2024).

“Hal ini membuktikan bahwa perusahan kami Danai.id merupakan perusahaan yang sehat dan memiliki tingkat risiko yang sesuai dengan risk appetite Bank BTPN," tambahnya.

Penyaluran Kredit Capai Rp 488 Miliar

Danai.id berdiri sejak tahun 2018 dan teus bertumbuh. Tercatat, penyaluran kredit yang telah diberikan sebanyak Rp 488 miliar, dan tingkat TKB 90 yang terjaga sebesar 99,46%.

"Ini menunjukan prinsip pemberian kredit yang penuh kehati-hatian dan sehat. Perusahaan kami sudah menghasilkan profit sejak Desember tahun 2022 dan terus konsisten menghasilkan profit dari bulan ke bulan. Memang tujuan utama kami mendirikan Perusahaan ini adalah untuk menghasilkan profit, bukan hanya untuk meningkatkan valuasi saja,” ujarnya lebih lanjut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fokus Pembiayaan

Pada kesempatan yang sama Irianto Gunawan, Direktur Bisnis PT. Adiwisista Finansial Teknologi menyampaikan bahwa ada 3 produk fokus Danai.id dalam memberikan fasilitas kredit kepada UMKM, yaitu: fasilitas pembiayaan invoice, fasilitas pembiayaan micro-developer, dan fasilitas pembiayaan inventory.

Saat ini sekitar 80% dari porsi pembiayaan Danai.id masih pada pembiayaan invoice, namun kedepannya di harapkan porsi pembiayaan lain juga bisa mengalami peningkatan dan pertumbuhan yang lebih besar.

Kerjasama ini, kata Irianto, merupakan salah satu wujud sinergi antara fintech lending dengan perbankan yang sama-sama memiliki visi untuk mendukung program pemerintah dalam pembiayaan UMKM.

“Kerjasama dengan Bank BTPN ini lebih dari sekadar bentuk kerjasama dalam upaya perluasaan pangsa pasar nasabah pembiayaan, namun juga menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan dari mitra-mitra strategis industri perbankan kepada Perusahaan fintech lending. Kesamaan visi serta komitmen Bank BTPN dan Danai.id dalam hal pentingnya mendukung percepatan program-program pemerintah dalan hal digitalisasi inklusi keuangan mendasari kerjasama ini. Pembiayaan bagi nasabah individu maupun UMKM merupakan salah satu kekuatan utama usaha Danai.id, target yang sama pula dari Bank BTPN,” imbuhnya.

PT. Adiwisista Finansial Teknologi adalah perusahaan Fintech Lending (P2P Lending) yang mengelola platform Danai.id.

Danai.id menyediakan solusi pelayanan jasa keuangan dengan mengandalkan teknologi sebagai prasarana untuk menghadirkan solusi kepada masyarakat.

Danai.id adalah platform yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memberikan layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.