Sukses

Beras Mahal, Penjual Siomai Minta Anggaran Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Rp 20 Ribu per Porsi

Salah seorang ibu-ibu penjual Siomai yang terlibat dalam simulasi program makan siang gratis milik pasangan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengusulkan agar anggaran ditambah menjadi Rp20.000 per porsi.

Liputan6.com, Jakarta Salah seorang ibu-ibu penjual Siomai yang terlibat dalam simulasi program makan siang gratis Prabowo-Gibran mengusulkan agar anggaran di tambah menjadi Rp20.000 per porsi.

Menariknya, usulan ini dia sampaikan langsung kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat melakukan audiensi usai meninjau simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, pada Kamis (29/2) siang.

"Kalau bisa ditambah pak, kan sekarang udah pada naik ya," ujarnya kepada Menko Airlangga dengan disambut gelak tawa.

Momen unik tersebut terjadi saat Menko Airlangga meninjau kantin sekolah yang menyajikan menu makan siang gratis. Di mana, Menko Airlangga mempertanyakan apakah anggaran Rp15.000 sudah cukup.

"Jadi, cocok harganya (Rp15.000)? tanya Airlangga.

Meski demikian, Menko Airlangga tidak menjawab lebih lanjut permintaan dari emak-emak penjual siomay tersebut.

Di temui terpisah, emak-emak penjual siomai tersebut berharap agar harga porsi makan grastis bisa ditingkatkan menjadi Rp 20.000 per porsi. Mengingat, saat ini berbagai bahan pokok mengalami kenaikan harga.

"Sekarang apa apa mahal, semuanya pada naik. Belum beras, telur. Kalau bisa mah dinaikin lagi gitu. Rp20 ribu kalau bisa," keluhnya.

Akan tetapi, dia mengaku merasa terbantu dengan adanya program makan gratis. Program ini dinilai dapat menambah pemasukan ekonomi di tengah mahalnya harga sembako.

"Tapi, ya terbantu juga dengan program makan gratis ini. Jadi, ada tambahan pemasukan," pungkasnya.

 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Sekolah yang Gelar Simulasi Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Hari Ini

Program makan siang gratis pasangan Capres-Cawapres terpilih versi hitung cepat Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka beberapa hari lalu dibahas dalam Sidang Kabinet yang dipimpin oleh Presiden Jokowi. Kini, program makan siang gratis ini mulai dilakukan simulasi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto atau Menko Airlangga dijadwalkan langsung menghadiri simulasi program makan siang gratis Prabowo-Gibran ini.

Lantas di mana lokasinya?

Lokasi simulasi perdana ini dilakukan hari ini, Kamis 29 Februari 2024: SMP Negeri 2 Curug, Tangerang. 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkap besaran anggaran untuk program makan siang gratis yang diusung Prabowo-Gibran berkisar Rp 15.000 per anak.

Airlangga menekankan, bahwa anggaran makan siang Rp 15.000 per anak tersebut di luar program susu gratis. Diketahui, pasangan Prabowo-Gibran juga mengusung program pemberian susu gratis bagi anak-anak.

"Di luar susu," tegas Menko Airlangga.

3 dari 3 halaman

Menu Makan Siang Gratis

Terkait menu makan siang gratis, akan diserahkan kepada masing-masing pemerintah daerah. Dengan kata lain, tidak ada aturan baku terkait jenis menu makanan yang diatur pemerintah pusat.

"(Menu makan siang gratis) itu nanti dilepaskan ke daerah masing-masing kan, kita tidak menyeragamkan," kata Airlangga.

Meski demikian, Airlangga belum bersedia mengungkap wilayah mana yang akan menerapkan program makan dan susu gratis bagi anak-anak yang diusung pasangan Capres Prabowo - Gibran.

Menurutnya, pemerintah di kementerian teknis terkait baru akan melakukan pembahasan terkait penyiapan anggaran untuk program makan siang gratis yang masuk dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.