Sukses

KRL Gangguan di Stasiun Cikini, Perjalanan Terlambat Hampir 1 Jam

KAI Commuter mengimbau kepada pengguna KRL commuterline untuk mengikuti arahan petugas di stasiun. Tidak memaksakan naik jika keadaan commuterline sudah padat.

Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter mencatat ada kendala pada salah satu KRL relasi Bogor-Jakarta Kota. Alhasil perjalanan KRL tersebut dan beberapa jadwal setelahnya harus terhambat hingga hampir 1 jam.

"KAI Commuter menyampaikan permohonan maaf atas terdapatnya gangguan sarana pada Commuter line No.1155B (Bogor-Jakarta) di Stasiun Cikini pada Senin (26/2) pukul 07.20 WIB," ujar External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter, Leza Arlan dalam keterangannya, Senin (26/2/2024).

Dia menjelaskan, petugas KAI Commuter telah melakukan pengecekan pada rangkaian yang mengalami kendala, pukul 08.03 WIB. Commuter Line No. 1155B sudah dapat melanjutkan perjalanan kembali menuju Stasiun Jakarta Kota, yang selanjutnya rangkaian tersebut akan dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Akibat adanya gangguan pada Commuter line No.1155B, perjalanan Commuter line tersebut mengalami keterlambatan 53 menit. KAI Commuter juga melakukan rekayasa pola operasi pada :

1. Commuter Line No. 1159B (Bogor - Jakartakota) perjalanan hanya sampai Manggarai

2. Commuter Line No. 1160B perjalanan dari Stasiun Manggarai - Stasiun Bogor

3. Commuter Line No. 1161B (Bogor - Jakartakota) perjalanan hanya sampai Manggarai

4. Commuter Line No. 1162B perjalanan dari Stasiun Manggarai - Stasiun Bogor).

Selain itu, terdapat keterlambatan perjalanan Commuter line dampak dari ganguan sarana Ka 1155B antara lain :

1. Commuter Line No. 1157B mengalami keterlambatan 56 menit

2. Commuter Line No. 1159B mengalami keterlambatan 26 menit.

3. Commuter Line No. 1161B mengalami keterlambatan 44 menit

4. Commuter Line No. 1163B mengalami keterlambatan 36 menit

5. Commuter Line No. 5521 mengalami keterlambatan 24 menit

"Saat ini perjalanan commuter line relasi Bogor - Jakarta masih proses penguraian antrian, kami mohon maaf atas gangguan yang terjadi pada pagi ini," ucap Leza.

KAI Commuter mengimbau kepada pengguna commuterline untuk mengikuti arahan petugas di stasiun. Tidak memaksakan naik jika keadaan commuterline sudah padat. Untuk informasi terkini perjalanan commuterline dari sosial media @commuterline dan call center 121.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keluhan Pengguna

Sejumlah pengguna mengeluhkan gangguan layanan kereta rel listrik (KRL) tujuan Jakarta Kota pada Senin (26/2/2024) pagi. Akibatnya, mereka mengaku terlambat untuk masuk kerja di awal pekan ini.

"Krl jakarta kota gangguan. diturunin di manggarai. siap telat," tulis pengguna KRL melalui akun X (sebelumnya Twitter) @chwepeachy.

Pengguna lainnya juga mengeluhkan insiden gangguan layanan KRL. Terlebih, gangguan tersebut terjadi di saat jam sibuk kerja. "Harus bgt gangguan krl di senin pagi????," tulis pengguna akun @pieceofjeff.

Melalui akun X resminya, PT KAI Commuter menyampaikan bahwa gangguan layanan KRL rute Jakarta Kota disebabkan  adanya  pengecekan rangkaian pada Commuter Line KA 1155B (Bogor-Jakarta Kota) di Stasiun Cikini. 

"Saat ini masih dalam penanganan petugas. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya," tulis KCI melalui akun x @CommuterLine.

Akibat proses pengecekan tersebut, KA 1161B Bogor-Jakarta Kota beroperasi hanya sampai Stasiun Manggarai.  "KA 1161B Bogor-Jakarta Kota, perjalanan hanya hanya sampai Stasiun Manggarai, kembali sebagai KA 1162B (Manggarai-Bogor)," tulis KCI.

3 dari 3 halaman

Eskalator Stasiun Manggarai Diperbaiki

Viral kejadian di eskalator Stasiun Manggarai yang membuat penumpang KRL terjatuh beberapa waktu lalu. Saat ini, eskalator yang terkendala itu tengah dilakukan perbaikan.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini sedang melakukan perbaikan terhadap eskalator yang menuju ke peron 11 dan 12 di Stasiun Manggarai itu. Pihak Balai Perkeretaapian Kelas I Jakarta sudah menemukan penyebab kejadian tersebut.

"Saat ini anggota kami sedang melakukan opname terhadap eskalator tersebut, sementara waktu ini yang sudah ditemukan memang ada perangkat switchbreak yang perlu diganti," kata Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Jakarta, Ferdian Suryo Adhi kepada Liputan6.com, Sabtu (24/2/2024).

Dia menaksir, proses perbaikan memakan waktu selama 1 minggu ke depan. Selama masa ini, eskalator di stasiun Manggarai itu tidak bisa digunakan. 

"InsyaaAllah dalam 1 minggu akan dilakukan perbaikan," ucapnya.

Dia menjelaskan, perbaikan akan difokuskan pada eskalator yang bermasalah. Diketahui, itu adalah eskalator sebelah kiri menuju peron 11 dan 12 Stasiun Manggarai. 

Dengan begitu, eskalator sebelah kanan yang menuju peron yang sama, masih bisa digunakan normal.

"Sebenarnya dalam catatan kami hingga kemarin pagi eskalator tersebut berfungsi normal, dikarenakan ada kendala maka perbaikan difokuskan pada yang bermasalah dulu," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini