Sukses

Pantauan Pasar: Harga Cabai dan Bawang Mencekik, Daging Sapi Stabil

Sejumlah harga pangan di pasar tercatat mengalami kenaikan, mlai dari harga cabai, bawang, hingga beras.

Liputan6.com, Jakarta Harga cabai rawit merah di Pasar Gondangdia, Jakarta Pusat terpantau berada di Rp 80 ribu per kg hingga Rp90 ribu per kg, tergantung kualitas dari cabai. Harga cabai ini masih mahal dari sebelumnya berada di Rp 50 ribu per kg. 

"Untuk saat ini, bahan seperti cabai rawit merah lagi naik di kisaran Rp 80 ribu sampai Rp 90 ribu dari yang biasanya ada di Rp 50 ribu per kg," ujar salah satu pedagang di Pasar Gondangdia, Sugianto kepada Liputan6.com, Rabu (21/2/2024). 

Tidak hanya cabai rawit merah yang mengalami kenaikan, cabai merah keriting bahkan mencapai Rp 70 ribu per kg. Sebelumnya, cabai merah keriting dijual Rp 50 ribu per kg. 

"Cabai merah keriting juga melonjak tidak menentu. Bahkan pernah sampai Rp 100 ribu per kg," keluh Sugianto.

Sementara untuk harga bahan pangan lainnya, seperti bawang merah dan bawang putih juga merangkak naik. Kini keduanya dibandrol Rp 45 ribu per kg dan Rp 40 ribu per kg.

"Kalau bawang merah, kita jual Rp 45 ribu per kg. Terus untuk bawang putih Rp 40 ribu per kg. Kalau kemarin harganya Rp 35 ribu per kg dan Rp 30 ribu per kg," ucap Sugianto.

Sugianto menduga, cuaca buruk menjadi penyebab naiknya harga cabai dan bawang. Minimnya pasokan kedua komoditas tersebut menyebabkan kenaikan harga yang meroket. 

"Mungkin ini faktor musim hujan kali ya, kan jadi nggak bisa berbunga dan dapat dipetik malamnya" pungkas Sugianto. 

Harga Beras Juga Naik

Sementara itu, harga beras terpantau juga mengalami kenaikan. Hal ini diungkapkan oleh salah satu pedagang beras yang ada di Pasar Senen, Tantri. 

"Untuk harga beras memang ada kenaikan, misalnya beras jenis pera bisa mencapai Rp 17 ribu per kg," ujar Tantri. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Daging Tetap Stagnan

Meskipun terjadi kenaikan pada bahan pangan dan sembako, harga daging cenderung stagnan. Asep, seorang pedagang daging sapi yang berjualan di Pasar Gondangdia, menjelaskan bahwa harga daging sapi masih stagnan. 

"Normal aja sih, di kisaran Rp 130 ribu per kg hingga Rp 140 ribuan per kg," tutur Asep. 

Selain daging sapi, tercatat harga daging ayam dibanderol dengan harga Rp 38 ribu per kg. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.