Sukses

Harta Kekayaan Hadi Tjahjanto, Dilantik Jokowi Jadi Menko Polhukam Gantikan Mahfud MD

Mantan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, resmi dilantik Presiden Jokowi sebagai Menko Polhukam. Hadi Tjahjanto menggantikan Mahfud MD yang memundurkan diri dari Menko Polhukam.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, resmi dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). Hadi Tjahjanto menggantikan Mahfud MD yang memundurkan diri dari Menko Polhukam usai menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) 2024 mendampingi Ganjar Pranowo.

Hadi Tjahjanto juga sebelumnya merupakan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/Kepala BPN) sejak Juni 2022 lalu.

Dalam laman laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN), Hadi Tjahjanto tercatat memiliki harta sebesar Rp 22.844.574.594 atau Rp 22,8 miliar. Ini berdasarkan laporan harta kekayaan yang dilaporkan pada 27 Maret 2023.

Harga kekayaan Hadi Tjahjanto naik sekitar Ro 2 miliar dalam 2 tahun. Sebelumnya harta Hadi Tjahjanto tercatat Rp 20,5 miliar yang dilaporkan pada 7 Juni 2021.

Tercatat, Hadi Tjahjanto memiliki enam bidang tanah dan bangunan yang berada di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Malang. Harta tidak bergerak Hadi ini tercatat senilai Rp 6.970.000.000.

Sementara harta bergerak yang dimiliki Hadi Tjahjanto yaitu empat alat transportasi berupa dua Toyota Innova, satu Honda CRV, dan satu sepeda motor Honda. Empat kendaraannya itu senilai Rp 486.450.000.

Tak Punya Utang

Harta bergerak lainnya yang tak dirinci senilai Rp 1.905.000.000. Surat berharga senilai Rp 3 miliar, kas atau setara kas lainnya senilai Rp 10.483.124.594. Hadi tercatat tak memiliki utang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Lantik AHY Menteri ATR dan Hadi Tjahjanto Menko Polhukam Pukul 10.00 WIB

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet pada Rabu, 21 Februari 2024. Jokowi mengatakan reshuffle kabinet akan dilakukan pada pukul 10.00 WIB.

"Besok dilihat saja jam 10 (siapa menteri yang di-reshuffle)," kata Jokowi usai menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional di Ecovention Hall di Ancol, Jakarta Utara, Selasa (20/2/2024).

Dia tak memberi jawaban pasti saat ditanya soal kabar Hadi Tjahjanto menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR).

Jokowi meminta semua pihak menunggu siapa saja menteri yang akan dilantik Rabu besok.

"Besok dilihat saja," ucap Jokowi.

Meski demikian, sumber di Istana membenarkan dua tokoh yang akan dilantik sebagai menteri yaitu AHY dan Hadi Tjahjanto.

Sementara itu, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membenarkan adanya pelantikan Menko Polhukam dan Menteri ATR di Istana Negara pada Rabu besok.

Namun, Ari enggan membeberkan siapa menteri-menteri yang akan dilantik.

3 dari 3 halaman

Gantikan Mahfud Md

"Rabu besok, 21 Februari 2024, pukul 11.00 WIB, diagendakan pelantikan Menko Polhukam dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN oleh Presiden di Istana Negara," jelas Ari kepada wartawan.

"Mengenai siapa yang akan diangkat dan dilantik oleh Bapak Presiden untuk mengisi dua posisi itu, kita tunggu besok ya," sambung dia.

Seperti diketahui, posisi Menko Polhukam saat ini kosong usai Mahfud Md mengundurkan diri beberapa minggu lalu. Sementara itu, Hadi Tjahjanto saat ini menjabat sebagai Menteri ATR.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.