Sukses

Bos OJK Ramal Dunia Mampu Hindari Resesi

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar juga menyoroti berbagai risiko geopolitik dan potensi perubahan konstelasi politik dari Pemilu yang dilaksanakan negara besar lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar mengatakan perekonomian dunia 2024 dibuka dengan optimisme yang tinggi, lantaran kebijakan yang dilakukan berbagai negara telah mengurangi ketidakpastian global, sehingga ekonomi global diperkirakan mampu mengindari resesi.

"Ekonomi global diperkirakan mampu menghindari resesi. Namun, berbagai downside risk masih mewarnai ekonomi. Terutama biaya pinjaman beban utang, lemahnya permintaan, serta divergensi pemulihan di negara-negara besar dunia," kata Mahendra Siregar, dalam acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan (PTIJK) 2024 di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Di sisi lain, Mahendra juga menyoroti berbagai risiko geopolitik dan potensi perubahan konstelasi politik dari Pemilu yang dilaksanakan negara-negara besar lainnya, juga penting untuk diperhatikan.

Di tengah ketidakpastian global Mahendra menyebut sektor jasa keuangan di Indonesia masih tumbuh positif yang ditopang oleh sektor permodalan yang kuat, likuiditas memadai, dan profil risiko yang terjaga.

Bahkan dilihat dari aspek intermediasi, kredit dan piutang pembiayaan mampu tumbuh double digit, dengan risiko kredit yang relatif terkendali.

"Sementara penghimpunan dana di pasar modal berhasil melampau target Rp 200 triliun. Dengan jumlah emiten baru mencetak rekor tertinggi dibandingkan negara-negara kawasan. Minat investasi di pasar modal terus tumbuh dengan jumlah investor tumbuh 5 kali dalam 4 tahun terakhir," ujarnya.

Disamping itu, OJK mencatat likuiditas sektor jasa keuangan masih terjaga di atas ambang ketentuan, meskipun pengaruhnya terlihat dengan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) yang termoderasi.

Kemudian, OJK menilai kinerja solvabilitas industri jasa keuangan masih terpantau solid, baik di industri perbankan, perusahaan pembiayaan maupun asuransi dan dana pensiun.

"Kredit restrukturisasi Covid-19 terus turun, menggambarkan industri telah bangkit. Kami yakin transisi menuju normalisasi akan berjalan baik didukung pencukupan pencadangan yang telah dibentuk selama ini. Pencapaian-pencapaian ini berkat dukungan industri dan sinergi yang makin baik antara otoritas sektor keuangan yaitu OJK, Kemenkeu, Bank Indonesia dan LPS yang tergabung dalam KSSK," pungkasnya.

  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harapan Pengusaha Hasil Pilpres 2024: Jangan Ganggu Iklim Ekonomi yang Sudah Kondusif

Sebelumnya diberitakan, Indonesia tengah menjalankan puncak pesta demokrasi pada hari ini Rabu (14/2/2024), yaitu hari pencoblosan. Masyarakat berbondong-bondong ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memberikan suaranya. Sejumlah lembaga survei sudah mulai mengumumkan hasil perhitungan sementara pada sore ini. 

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani berharap hasil Pemilu 2024 bisa menjaga iklim kondusif pengusaha sehingga bisa berkontribusi dengan baik bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Jadi, transisi kepemimpinan setiap lima tahun itu kan biasa sudah kita lakukan, cuma jangan mengganggu iklim kondusif yang ada, dan itu yang paling penting sih,” kata Shinta dikutip dari Antara.

Transisi kepemimpinan setiap lima tahun merupakan hal biasa yang dilakukan, namun yang paling penting adalah menjaga iklim kondusif bagi pengusaha.

Shinta juga menekankan pentingnya agar Pemilu berjalan lancar, damai, dan jujur tanpa adanya kerusuhan yang dapat mengganggu stabilitas juga harus dilakukan oleh semua pihak.

Dia juga berharap agar pemilu dapat dijaga dengan baik untuk menghindari kecurangan serta menunjukkan kepada dunia Indonesia mampu melaksanakan Pemilu yang demokratis dan jujur.

 

 

3 dari 4 halaman

Usul dari Pengusaha

Usul Kebijakan dari Pengusaha

Shinta mengatakan bahwa pihaknya telah menyampaikan kebijakan-kebijakan yang diperlukan kepada semua calon presiden melalui "good mart" perekonomian yang berisi masukan sektoral dan lintas sektor yang diperlukan oleh pengusaha.

Shinta juga menyebut bahwa telah dilakukan dialog dengan para calon presiden dan tim ekonomi mereka sehingga kebijakan-kebijakan tersebut dapat diadopsi ke dalam program ekonomi para pemimpin bangsa periode 2024-2029.

“Sehingga mereka (Presiden terpilih) tidak perlu memulai dari awal. Jadi kami yang tahu seperti apa di lapangan kondisinya, makanya dari pengusaha (Apindo), dari APPBI) menyampaikan kepada semuanya calon pemimpin,” ujar Shinta.

2 Putaran

Mengenai perdebatan terkait satu putaran atau dua putaran dalam Pemilu 2024, Shinta mengatakan bahwa masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Namun bagi Shinta yang terpenting bukanlah masalah satu putaran atau dua putaran, melainkan bahwa Pemilu 2024 berjalan secara jujur dan adil untuk menghindari kerusuhan dan ketidakpastian lainnya.

 

4 dari 4 halaman

Jokowi Soal Hasil Pilpres 2024

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanggapi pertanyaan apakah dirinya masih optimistis Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 berlangsung satu putaran.

Jokowi pun mengajak semua pihak untuk menunggu bersama-sama hasil Pilpres 2024.

"Ya kita tunggu bersama-sama," kata Jokowi kepada wartawan usai mencoblos di TPS 10 RW 02 Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024).

Diketahui, Jokowi mencoblos di TPS 10 Kelurahan Gambir bersama Ibu Negara Iriana. Jokowi dan Iriana berada di bilik suara selama tiga menit, sebelum memasukan surat suara ke kotak.

Usai mencoblos, Jokowi mengatakan dirinya akan berkegiatan di Istana Kepresidenan. Dia tak menjawab saat ditanya dimana akan memantau proses penghitungan suara atau quick count.

"Enggak setelah dari sini langsung kembali ke Istana. Mungkin di Jakarta, mungkin di Bogor," ucap Jokowi.

Jokowi berharap Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 dapat berlangsung jujur, adil, langsung, umum, dan rahasia (jurdil dan luber). Dia ingin Pemilu 2024 bisa menjadi pesta rakyat yang bisa membawa kegembiraan bagi masyarakat.

"Ya ini adalah pesta demokrasi kita berharap ini betul-betul jadi pesta rakyat, dan juga berlangsung dengan jurdil, luber dan diiktui oleh seluruh rakyat Indonesia dengan kegembiraaan karena ini adalah pesta rakyat. Pesta demokrasi," jelas Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.