Sukses

Kapal Pertamina MT Gamsunoro Berlayar Tanpa Gangguan Houthi di Laut Merah, Sekarang Menuju Terusan Suez

Kapal MT Gamsunoro yang sempat banyak diberitakan karena lolos untuk berlayar di laut merah adalah kapal milik PIS. Kapal yang dibangun pada 2010 ini dioperasikan untuk mengangkut dan mendistribusikan minyak mentah, berbendera Indonesia, dan juga diawaki oleh kru-kru Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Kapal milik PT Pertamina (Persero) mampu berlayar mulus di Laut Merah dan saat ini menuju Terusan Suez. Seperti diketahui, tengah terjadi ketegangan di Laut Merah karena Milisi Houthi menyerang sejumlah kapal kargo dan tanker di daerah tersebut. 

Kapal MT Gamsunoro milik PT Pertamina International Shipping (PIS), anak usaha Pertamina yang fokus di sektor pelayaran,  telah menyelesaikan proses loading di pelabuhan Rabigh, Arab Saudi, dan beranjak meninggalkan area Laut Merah untuk melanjutkan pelayaran dan menuju ke terusan Suez.

“Saat ini kapal sudah kembali berlayar menuju terusan Suez untuk selanjutnya ke perairan Amerika. Alhamdulillah, seluruh kru dan kondisi kapal dalam keadaan selamat dan aman,” ujar Direktur Crude and Petrolium Tanker PIS Brilian Perdana, dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (3/2/2024).

Kapal MT Gamsunoro yang sempat banyak diberitakan karena lolos untuk berlayar di laut merah adalah kapal milik PIS. Kapal yang dibangun pada 2010 ini dioperasikan untuk mengangkut dan mendistribusikan minyak mentah, berbendera Indonesia, dan juga diawaki oleh kru-kru Indonesia.

“Tim PIS terus melakukan monitoring ketat sejak area laut merah memanas, dan terus memantau perkembangan situasi. Kami juga berkoordinasi erat dengan otoritas terkait di masing-masing wilayah, agar kapal Gamsunoro bisa berlayar dan beroperasi dengan aman dan lancar,” jelasnya.

PIS, kata Brilian, intens berkoordinasi dengan Singapore Maritime & Port Authority, Atase Pertahanan Kedutaan Besar UAE, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut - Kementrian Perhubungan Indonesia, dan lainnya.

“Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap perjalanan kapal kami, seperti MT Gamsunoro, dapat berjalan dengan aman dan lancar. Ini adalah manifestasi nyata dari komitmen Go Global kami, serta peningkatan kompetensi pelayanan kami," tambah Brilian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Berlayar di 5 Benua

Kapal MT Gamsunoro merupakan salah satu dari 61 kapal milik PIS yang berlayar di rute internasional. Di tahun 2023, PIS tercatat telah berlayar di 5 benua dengan jumlah 50 rute internasional. Seiring dengan gencarnya ekspansi dan semangat Go Global, PIS memastikan peningkatan kompetensi dan kualitas pelayanan untuk bisa bersaing dengan perusahaan global lainnya.

PIS juga menyampaikan rasa terima kasih atas segala dukungan dan doa yang diberikan oleh para pekerja, keluarga, dan masyarakat Indonesia selama periode ini, sehingga MT Gamsunoro dapat berlayar dengan aman.

PIS terus memperkuat posisinya sebagai pemain kunci dalam industri perkapalan global dengan memastikan keamanan, keberlanjutan, dan keunggulan dalam setiap operasionalnya. PIS berharap dapat terus memberikan kontribusi positif dalam mendukung kebutuhan energi dunia.

“Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap perjalanan kapal kami, seperti MT Gamsunoro, dapat berjalan dengan aman dan lancar," tambah Brilian.

3 dari 3 halaman

Memperkuat Posisi

PIS juga mengucapkan terima kasih atas segala dukungan dan doa yang diberikan oleh para pekerja, keluarga, dan juga masyarakat Indonesia selama periode ini sehingga MT Gamsunoro bisa berlayar dengan aman dan selamat.

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyampaikan bahwa komitmen PIS dalam menjaga keamanan dan kelancaran operasional MT Gamsunoro merupakan bukti kemampuan PIS sebagai perusahaan shipping tingkat internasional.

"PIS menargetkan menjadi perusahaan shipping yang mampu bersaing di tingkat global. Dan saat ini PIS sudah berada di arah yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut," jelas Fadjar.

PIS terus memperkuat posisinya sebagai pemain utama dalam industri perkapalan global dengan memastikan keamanan, keberlanjutan, dan keunggulan dalam setiap operasionalnya. PIS berharap dapat terus memberikan kontribusi positif dalam mendukung kebutuhan energi dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.