Sukses

OJK Gandeng Kartu Prakerja Tingkatkan Inklusi Keuangan

Kemenko Perekonomian memiliki fokus untuk memberikan edukasi kepada para peserta Kartu Prakerja ini sangat sejalan dengan program OJK, dengan memberikan edukasi untuk keuangan kepada msyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait Transformasi Digital untuk Mendorong Inklusi Keuangan kepada peserta program Kartu Prakerja.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen Friderica Widyasari Dewi, menjelaskan, kerjasama ini sejalan dengan program OJK yang bertujuan untuk meningkatkan akses inklusi keuangan.

"Hari ini alhamdulillah kita melakukan penandatanganan kerja sama penandatanganan antara OJK dengan Kartu Prakerja Kemenko Perekonomian Indonesia untuk memberikan sosialisasi literasi keuangan kepada peserta Kartu Prakerja," kata Friderica dalam penandatanganan Kerjasama di Kantor Kemenko Perekonomian, Jumat (2/2/2024).

Friderica menilai, dengan banyaknya jumlah peserta Kartu Prakerja menjadi peluang OJK untuk memperluas literasi dan edukasi keuangan kepada masyarakat.

"Bahkan yang sudah lulus aja 17,5 juta. Kami menyambut baik, karena OJK punya program yang fokus untuk memberikan literasi dan edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan akses inklusi keuangan," ujarnya.

Ia melihat Kemenko Perekonomian memiliki fokus untuk memberikan edukasi kepada para peserta Kartu Prakerja ini sangat sejalan dengan program OJK, karena pihaknya memberikan edukasi untuk keuangan kepada msyarakat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

LSM Edukasi Keuangan

Menurutnya, apapun pekerjaan yang dipilih oleh peserta Kartu Prakerja, tentu saja mereka harus memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan, yang dapat diakses melalui Learning Management System (LMS) Edukasi Keuangan.

"Karena kita melihat saat ini yang menjadi problem bagaimana pengelolaan keuangan dari setiap orang. Itu yang menyebabkan orang walaupun udah kerja gak bisa nabung, akhirnya banyak utang, itulah problem-problem terjadi di masyarakat," ujarnya.

LSM Edukasi Keuangan merupakan sistem pembelajaran dan pelatihan yang mandiri dan terintegrasi, terkait literasi keuangan yang dapat diakses dari mana saja dan kapans aja secara gratis.

Adapun manfaat LSM Edukasi Keuangan:

  1. Kamu bisa mengakses modul-modul pembelajaran terkait sektor jasa keuangan yang menarik dan interaktif secara gratis.
  2. Kamu akan mendapatkan e-certificate apabila telah lulus dan menyelesaikan suatu modul.
  3. Kamu bisa mengumpulkan learning point yang dapat ditukar dengan merchandise menarik.
  4. Kamu dapat berdiskusi terkait produk dan layanan jasa keuangan dengan admin OJK dan user LMS lainnya melalui forum diskusi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK

  • Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.
    Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.

    Prakerja

  • Pemerintah membuka Program Kartu Prakerja sejak 2020 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

    Kartu Prakerja

  • Kemenko Perekonomian atau kependekan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

    kemenko Perekonomian

  • Inklusi Keuangan

Video Terkini