Sukses

Harga Beras di Wonogiri Masih Mahal, Jokowi Perintahkan Bulog Turun Tangan

Presiden Jokowi meninjau langsung ketersediaan dan harga sejumlah bahan pokok di Pasar Kota Wonogiri, Jawa Tengah. Terkait harga beras yang masih tinggi, Presiden mengatakan telah menginstruksikan ke Bulog untuk menggelontorkan beras

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja di sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Yogyakarta pada pekan ini. Dalam kunjungan ini Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo. 

Pada Kamis ini, Jokowi dan Iriana meninjau langsung ketersediaan dan harga sejumlah bahan pokok di Pasar Kota Wonogiri, Jawa Tengah. Menurutnya harga sejumlah bahan pokok di Pasar Wonogiri masih dalam kondisi yang baik.

"Ya harga-harga baik. Saya lihat tadi bawang merah harga bagus Rp 25 (ribu), kemudian cabai-nya Rp 35 (ribu) dulu kan sampai Rp 100 (ribu) sekarang sudah Rp 35 (ribu), kemudian yang agak naik memang beras," ujar dia dikutip dari Antara, Kamis (1/2/2024).

Terkait harga beras yang masih tinggi, Presiden mengatakan telah menginstruksikan ke Bulog untuk menggelontorkan beras Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) di Pasar Kota Wonogiri.

Sedangkan terkait stok, dia menyebut bahwa ketersediaan beras masih dalam kondisi aman. "Stok beras tidak ada masalah, hanya perlu intervensi untuk harga," ujar Presiden.

Bantuan Modal Kerja

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga memberikan bantuan modal kerja kepada sejumlah pedagang. Lasiyem, salah seorang pedagang ayam, bersyukur dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan.

"Dikasih uang bantuan ini untuk modal. Senang alhamdulillah matur nuwun, terima kasih," ucapnya.

Hal serupa diungkapkan oleh Sri Lanjari, pedagang kerupuk yang telah berjualan selama 17 tahun. Ia mengaku akan memanfaatkan bantuan yang diterimanya untuk tambahan modal usaha.

"Terima kasih Bapak Jokowi. Senang banget. Buat tambahan modal. Terharu, pokoknya terima kasih, sehat selalu Bapak Jokowi," kata dia.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam peninjauan ini adalah Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana dan Bupati Wonogiri Joko Sutopo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Beras Masih Mahal Meski Sudah Ada Bansos, BPS Bongkar Penyebabnya

Sebelumnya, Plt. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia Adininggar Widyasanti mengungkap penyebab harga beras masih mahal di pasaran. Meskipun, pemerintahan Presiden Jokowi gencar membagikan bantuan sosial (bansos) pangan berupa beras.

Amalia menyebut, mahalnya harga beras di pasaran akibat beberapa negara penghasil masih menahan ekspor beras untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Sehingga, terjadi kelangsungan pasokan beras di pasar internasional.

"Harga beras yang tinggi karena memang pertama kembali lagi ini dipengaruhi oleh suplai yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan demand (permintaan). Karena beberapa negara menahan dari ekspor berasnya," ujar Amalia dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (1/4/2024).

Selain itu, tren kenaikan harga beras juga terjadi akibat produksi yang lebih rendah dibandingkan sejumlah sentra wilayah. Ini disebabkan oleh faktor cuaca akibat El-Nino berkepanjangan.

"Sementara itu kalau di dalam negeri juga panen beras yang relatif lebih rendah dikarenakan faktor cuaca El Nino," ungkap Amalia.

 

3 dari 3 halaman

Produksi Beras

Oleh karena itu, BPS memproyeksikan produksi beras untuk periode Januari - Februari 2024 masih lebih rendah dibandingkan permintaan. Namun, Amalia tidak menyebutkan data produksi beras untuk periode Januari - Februari 2024.

"BPS memperkirakan bahwa produksi beras masih relatif lebih rendah dibandingkan dengan konsumsi atau terjadi defisit sesuai dengan angka yang kami peroleh,"  pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini