Sukses

Harga Emas Dunia Melesat ke Level Tertinggi Lagi

Harga emas naik ke level tertinggi dalam dua minggu pada hari Selasa, didukung oleh pelemahan dolar dan penurunan imbal hasil Treasury

Liputan6.com, Jakarta Harga emas naik ke level tertinggi dalam dua minggu pada hari Selasa, didukung oleh pelemahan dolar dan penurunan imbal hasil Treasury. In menjadi penggerak harga emas dunia kemarin.

Sementara fokus beralih ke pertemuan kebijakan Federal Reserve untuk mengetahui seberapa cepat mereka akan memangkas suku bunga tahun ini.

Dikutip dari CNBC, Rabu (31/1/2024), harga emas naik 0,2% pada USD 2,035.86 per ounce, setelah mencapai level tertinggi sejak 16 Januari di awal sesi. Harga emas berjangka AS naik 0,5% menjadi USD 2,054.40.

“Sebagian besar pergerakan emas adalah penurunan suku bunga dan dolar AS yang berada di zona merah. Namun kami melihat pasar meningkat karena antisipasi terhadap keputusan suku bunga Fed pada hari Rabu,” kata Daniel Pavilonis, ahli strategi pasar senior di RJO Berjangka.

Pelemahan Dolar AS

Indeks dolar AS turun 0,2%, membuat emas lebih menarik bagi pemegang mata uang lainnya. Imbal hasil Treasury 10-tahun yang menjadi acuan mencapai titik terendah dalam dua minggu.

Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang untuk memegang emas batangan.

Keputusan kebijakan The Fed akan dirilis pada hari Rabu, setelah membuat perubahan dovish pada pertemuan bulan Desember. Pasar secara luas memperkirakan bank sentral AS akan mempertahankan suku bunga tidak berubah pada akhir pertemuan dua hari tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data Ekonomi AS

Fed ingin memiliki pasar yang stabil sehingga kita mungkin tidak melihat banyak penurunan suku bunga, dan Powell akan bersikap netral dan membicarakan kemungkinan penurunan suku bunga, tambah Pavilonis.

Data minggu lalu menunjukkan pertumbuhan moderat pada harga-harga minyak AS pada bulan Desember, menjaga inflasi tahunan di bawah 3% selama tiga bulan berturut-turut dan berpotensi memungkinkan The Fed untuk mulai memangkas suku bunga tahun ini.

Jajak pendapat Reuters pada hari Senin menunjukkan bahwa ketidakpastian terhadap perekonomian dan penurunan suku bunga AS dapat mendorong rekor harga emas pada tahun 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini