Sukses

Potret Gibran Jadi Kasir Toko Sepatu Bareng Selvi Ananda, ID Cardnya Bikin Gagal Fokus

Cawapres Gibran Rakabuming Raka tertangkap kamera tengah menjadi kasir di ajang pameran produk sepatu lokal Aerostreet di salah satu mal di Solo

Liputan6.com, Jakarta Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming Raka terus berkeliling sejumlah wilayah Indonesia untuk kampanye. Terbaru, Gibran tengah berada di kampung halamannya, Solo, Jawa Tengah.

Ada momen unik dalam kunjungannya ke Solo kali ini. Dirinya tertangkap kamera tengah menjadi kasir di ajang pameran produk sepatu lokal Aerostreet di salah satu mal.

Mengenakan kaos warna putih kembar bersama istrinya Selvi Ananda, Gibran terlihat luwes dalam melayani pembayaran para pembeli sepatu.

"Kalau sama brand lokal itu jangan minta gratisan, harus dibayar. Yang gratis saya saja" ucap Gibran sambil bercanda dengan pelanggan, ditulis Selasa (30/1/2024).

Sembari ngobrol dengan pembeli sepatu, Selvi nampak sibuk memproses pembayarannya. Gibran pun sesekali kembali bercanda dengan pembelinya.

"Kalau kasirnya sini, harganya dimahalin," candanya yang kemudian dibarengi tawa para pengunjung mal.

Pakai Nama Samsul

Ada yang unik selama dirinya menjadi kasir. Terlihat Gibran menggunakan ID Card dengan nama 'Samsul'. Padahal fotonya adalah foto dirinya sendiri.

 Tak lupa, usai menjadi kasir, Gibran Rakabuming Raka bersama Selvi langsung membeli sejumlah produk Aerostreet. Ini dilakukan sebagai bentuk dukungannya terhadap produk lokal.

"Terimakasih Mas Gibran sudah datang ke sini, sudah belanja produk Aerostreet dan terus supprot local brand," ucap salah satu MC.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bangun Industri Berkelanjutan, Gibran Janji Satukan Perusahaan Besar dengan UMKM

 Calon Wakil Presiden urut 2, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan bahwa ia berencana menyusun kerja sama antara perusahaan besar dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk membangun industri berkelanjutan yang ramah lingkungan, guna mengurangi terjadinya kesenjangan.

“Karena sesuai UUD 1945 Pasal 33 Ayat 3 dan 4 dan Pancasila 4 dan 5 kita ingin sumber daya alam ini dimanfaatkan sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat,” ujar Gibran Rakabuming Raka dalam debat Cawapres ke-4, disiarkan Minggu (21/1/2024).

Gibran pun menekankan pentingnya menjalankan Permen (Peraturan Menteri) investasi nomor 1 tahun 2022.

“Intinya kita ingin perusahaan-perusahaan besar bisa menggandeng UMKM lokal, pengusaha lokal. Jadi mereka tidak besar sendiri, tetapi ikut membesarkan warga lokal, pengusaha lokal, dan UMKM-UMKM setempat,” jelasnya.

Gibran menyerukan dengan tegas pencabutan izin terhadap sejumlah usaha tambang dan perikanan ilegal.

“Simpel saja, izinnya (usaha) dicabut,” kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Sindiran Cak Imin

Sebelumnya, calon Wapres Nomor Urut 1, Muhaimin Iskandar mengutip data ESDM yang menunjukkan bahwa ada 2.500 tambang ilegal di seluruh negeri.

“Sementara tambang yang legal tidak membawa kesejahteraan. Kita juga menyaksikan dalam proses bisnis pertambangan kita hilirisasi dilakukan ugal-ugalan,” jelasnya.

Muhaimin menyoroti, hal itu ditandai dengan terjadinya sejumlah kecelakaan di lapangan, tenaga asing yang mendominasi, di sisi lain juga perkembangan hilirisasi maupun tambang tidak signifikan dengan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Adapun Cawapres Nomor Urut 3, Mahfud MD yang menyerukan pentingnya memperhatikan persoalan SDA harus menyeluruh ke hulu ke hilir.

“Keterbukaan informasi agraria termasuk kehutanan misalnya, informasinya tertutup, tentang siapa yang memiliki lahan legal di sebelah sana. Ketika ada daftar, tidak ada namanya di dalam daftar,” bebernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini