Sukses

IKN Bakal Punya Kereta Listrik Otonom, Baterai Disubstitusikan dari Marka Jalan dan Magnet

Salah satu infrastruktur yang dikunjungi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi adalah bakal lokasi pembangunan Kereta Otonom atau Automated Rail Transit (ART) di IKN.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terbang ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu 24 Januari 2024. Kunjungan menhub ke Nusantara ini untuk mengecek pembangunan sejumlah infrastruktur transportasi yang menjadi salah satu pendukung utama IKN. 

Salah satu infrastruktur yang dikunjungi adalah bakal lokasi pembangunan Kereta Otonom atau Automated Rail Transit (ART) di IKN.

"Kereta otonom atau ART nanti akan berada di kawasan Sumbu Barat dan Sumbu Timur. Ditargetkan pada bulan Agustus sudah bisa kita gunakan sebagian rutenya," ujar Budi Karya dalam keterangan tertulis, Kamis (25/1/2024).

Pembangunan rute ART akan dilakukan dalam 2 fase. Untuk satu set kereta terdiri dari dua gerbong, berkapasitas total 324 penumpang. ART berkecepatan operasional 40 km/jam dan berkecepatan maksimal 70 km/jam.

Kereta ini menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet.

Selain itu, Menhub juga mengecek progres pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara. "Hari ini kita melihat pembangunan bandara berjalan dengan baik. Bulan Juli diperkirakan sudah selesai untuk kita uji cobakan," ujar dia.

Menhub mengungkapkan, mulai Januari hingga Juli mendatang akan dilakukan pekerjaan konstruksi dan persiapan operasi. Menhub menyebut, proses pembangunan bandara juga akan dipercepat dengan penambahan alat, waktu kerja, serta penyelesaian terkait lahan.

Bandara IKN merupakan bandara yang digunakan untuk mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN dan mendukung konektivitas di IKN. Bandara yang berjarak 23 KM dari titik 0 IKN dan 120 km dari Balikpapan ini, mempunyai luas terminal 7.350 m2 dan luas area bandara 347 ha.

Runway bandara ini sepanjang 3.000 meter dan lebar 45 meter yang dapat didarati pesawat berbadan besar seperti tipe Boeing 777-3000ER dan Airbus A380.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembangunan Kantor Kemenhan hingga BIN di IKN Masuk Lelang Tahun Ini

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkap ada sejumlah proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) tahun ini. Termasuk beberapa kantor pemerintahan.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengungkap kepastian sejumlah proyek yang akan dilelang tersebut.

"Pasti, pasti (ada lelang)," ucap Diana saat ditemui di Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta, Rabu (24/1/2024).

Meski begitu, Diana tak merinci jenis proyek yang akan digarap nantinya. Hanya saja, dia menyebut ada proyek Kantor Kementerian Pertahanan hingga kantor Badan Intelijen Negara (BIN).

"Ya kan ada kantor yang lain ya, Kemenhan, kantor BIN, ada gereja," ungkapnya.

Kepastiannya, kata dia, adalah proyek-proyek yang desain dasarnya sudah ada. Sembari menunggu kucuran dana untuk proyek tersebut.

"Pokonya yang sudah siap basic design-nya kita lelang," kata Diana.

3 dari 3 halaman

Rampung Agustus 2024

Diana mengungkap, progres pembangunan di IKN sudah mencapai 70 persen untuk gelombang pertama (batch 1). Lalu, pembangunan gelombang kedua (batch 2) sudah sekitar 20 persen.

"Progresnya kan Presiden sudah menyampaikan, batch pertama sudah 70 persen, yaa kan, kalau yang batch kedua ini kira-kira masih ada 20 persenan lah. Kita tetep teruskan," ujarnya.

Dia juga memastikan proyek-proyek inti bisa rampung pada Agustus 2024 nanti. Menyusul rencana upacara HUT Kemerdekaan RI yang akan digelar di IKN Nusantara.

"Iya, karena kan nanti kalau ke sana belum ada kantornya, gimana?," pungkas Diana Kusumastuti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.