Sukses

Erick Thohir Dorong BUMN Jadi Pionir Peningkatan Mental Health di Lingkungan Kerja

Menurut Menteri BUMN Erick Thohir, kesehatan mental pegawai merupakan salah satu kunci produktivitas dan keberlanjutan perusahaan di lingkungan kerja BUMN.

 

Liputan6.com, Magelang Menteri BUMN Erick Thohir memiliki perhatian dan kepedulian tinggi terhadap kesehatan mental para generasi muda di Indonesia. Oleh karena itu, Erick Thohir mendorong BUMN dapat menjadi pionir dalam peningkatan mental health di lingkungan kerja perusahaan BUMN. 

Salah satu upaya yang ditempuh melalui program atau kegiatan 1000 Manusia Bercerita yang diselenggarakan di Kawasan Wisata Candi Borobudur pada hari Jumat (12/01). Kegiatan 1000 Manusia Bercerita menghadirkan berbagai aktivitas unik, salah satunya bilik cerita yang tersedia untuk konsultasi secara gratis dengan psikolog, hingga meditasi.

 

Erick Thohir melalui Staf Khususnya, Arya Sinulingga, menyampaikan bahwa kesehatan mental pegawai merupakan salah satu kunci produktivitas dan keberlanjutan perusahaan. Perusahaan di luar BUMN pun juga dapat melakukan hal yang sama karena milenial dan gen z akan menjadi tumpuan SDM produktif Bangsa Indonesia kedepan.

“Indonesia Emas 2045 itu akan didominasi oleh generasi milenial dan gen z. Generasi tersebut yang akan menjadi penerus dalam membangun perekonomian yang berkelanjutan. Dengan kondisi mental yang sehat dan lingkungan kerja yang nyaman pasti produktivitas dan kualitas kita akan meningkat,” jelas Arya.

Berdasarkan data World Population Review Indonesia, ditemukan lebih dari 9 juta kasus depresi yang kebanyakan dialami oleh millenial dan Gen Z. Temuan tersebut menjadi perhatian khusus Menteri BUMN Erick Thohir dalam menghadapi isu kesehatan mental dimana saat ini 68 persen pegawai BUMN adalah millenial dan Gen Z.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1000 Manusia Bercerita di Kawasan Candi Borobudur

Pada kegiatan 1000 Manusia Bercerita para peserta influencer dan millenial BUMN berkesempatan mengikuti rangkaian acara. Sesi pertama dimulai dengan meditasi hingga sound healing oleh Putra Wiramuda (Praktisi Mindfulness) dengan suasana sejuk dan panorama keindahan candi Borobudur di pagi hari.

Setelah itu dilanjutkan dengan aktivitas talkshow inspiratif oleh narasumber terkemuka, antara lain Andien (Musisi), Meisya Sallwa (Penulis), Lucia Poppy Novianti (Psikolog). Tidak hanya itu, peserta juga dapat melakukan konseling gratis dengan psikolog profesional di bilik-bilik yang telah disediakan.

Acara ini diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan perusahaan BUMN Bank BRI, Jasa Marga, Injourney yang berkolaborasi dengan Menjadi Manusia. Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah bercerita dan berkonsultasi bagi para generasi millenial dan gen z yang telah melewati perjalanan pribadi dalam menghadapi tantangan di lingkungan kerja dan dapat memberikan dampak positif dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini