Sukses

Pangeran Mateen Gelar Resepsi Pernikahan 10 Hari, Segini Nilai Kekayaannya

Pangeran Mateen merupakan anak ke-10 Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, yang dikenal sebagai salah satu bangsawan terkaya di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Pangeran Mateen dari Brunei Darussalam menjadi perhatian publik internasional, karena tengah melangsungkan acara pernikahan sejak 7 Januari 2024.

Seperti diketahui, Pangeran Abdul Mateen pada 11 Januari 2023 resmi menikah dengan Anisha Rosnah Adam, cucu salah satu penasihat khusus Sultan Brunei, Pehin Dato Isa.

Acara resepsi pernikahan kerajaan Brunei dijadwalkan berlangsung selama 10 hari, dilanjutkan dengan prosesi melalui ibu kota, Bandar Seri Begawan dan berakhir pada 16 Januari setelah jamuan makan malam.

Pangeran Mateen merupakan anak ke-10 Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, yang dikenal sebagai salah satu bangsawan terkaya di dunia.

Berada di urutan kelima pewaris takhta, Pangeran Mateen kerap terlihat menjalankan tugas penting kerajaan mewakili ayahnya, dan diperkirakan terus memenuhi tanggung jawab tersebut.

Ia juga seorang perwira di Angkatan Udara Kerajaan Brunei dan pemain polo ulung, yang merupakan salah satu faktor di balik popularitasnya di kalangan masyarakat baik di Brunei maupun di seluruh Asia Tenggara.

Berapa Nilai Kekayaan Pangeran Mateen?

Melansir Lifestyle Asia, Jumat (12/1/2024) meskipun gaya hidup Pangeran Mateen dapat dilihat melalui postingan Instagram-nya, belum ada informasi konkrit mengenai aset pasti yang dimilikinya.

Namun, sejumlah laporan media menyebut, Sultan Hassanal Bolkiah memiliki kekayaan bersih sebesar USD 28 miliar hingga USD 30 miliar atau setara Rp. 466,6 triliun, menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia.

Dilaporkan, Sultan Hassanal Bolkiah memiliki sekitar 7.000 mobil, termasuk sekitar 600 Rolls-Royce, lebih dari 400 Ferrari, dan lebih dari 350 Bentley.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aset Bernilai Fantastis

Salah satu Rolls-Royce miliknya diyakini dilapisi emas dan salah satu mobil Ferrari miliknya, 456 GT Venice, hanyalah satu dari tujuh mobil yang pernah dibuat.

Sultan Hassanal Bolkiah juga dilaporkan memiliki jet Boeing 747-400, Boeing 767-200 dan Airbus A340-200 miliknya sendiri.

Boeing 747-400 juga diyakini akan diberi hiasan emas di bagian dalamnya dan dibanderol sekitar USD 400 juta.

Istana tempat tinggalnya memiliki 1.700 kamar dan dikenal luas sebagai salah satu kediaman kerajaan terbesar di dunia.

3 dari 3 halaman

Profil Pangeran Mateen

Akad nikah Pangeran Abdul Mateen dengan Anisha Rosnah Isa-Kalebic akan berlangsung hari ini, Kamis (11/1). Perhelatan pernikahan putra Sultan Brunei ini menjadi sorotan dunia karena disebut bakal digelar 10 hari dan telah dimulai sejak 7 Januari lalu.

Sosok Pangeran Mateen sudah mencuri perhatian publik sebelum dirinya diketahui akan menikah. Parasnya yang rupawan dan hidup bergelimang kemewahan jadi magnet tersendiri.

Pangeran Mateen berada dalam urutan kelima takhta kerajaan Brunei. Sebagai putra keempat Sultan, Pangeran Mateen beberapa kali diberi tugas penting mewakili sang ayah dan diharapkan dirinya bisa terus melaksanakan tugas tersebut.

Ia juga seorang perwira di Angkatan Udara Kerajaan Brunei dan pemain polo ulung, yang merupakan salah satu alasan di balik popularitasnya yang luar biasa di kalangan masyarakat baik di Brunei maupun di seluruh Asia Tenggara.

Masa Kecil Pangeran Mateen

Pengiran Muda 'Abdul Mateen Bolkiah lahir pada 10 Agustus 1991 sebagai putra keempat Sultan Hassanal Bolkiah. Ibunya merupakan istri kedua Sultan, Puan Hajah Mariam binti Haji Abdul Aziz. Diketahui ibu Pangeran Mateen telah bercerai dari Sultan Brunei sejak 2003.

Pangeran yang kini berjodoh dengan Anisha Isa Kalebic ini menyelesaikan pendidikan dasarnya di St Andrew's School di Ibu Kota Bandar Seri Begawan. Pangeran Mateen kemudian melanjutkan pendidikan ke Paduka Seri Begawan Sultan Science dan Jerudong International School.

Pada tahun 2014, Pangeran Abdul Mateen lulus dari King's College London dengan gelar Bachelor of Arts di bidang politik internasional. Dua tahun kemudian, ia menyelesaikan gelar Master of Arts dalam Studi Internasional dan Diplomasi di School of Oriental and African Studies, University of London. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.